Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bermain Game yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Bermain Game

Sedari kecil saya memang sangat gemar bermain game. Salah satu jenis permainan yang populer pada saat itu (sekitar tahun 1989) adalah permainan ding dong. Harga koin ding dong masih sangat murah, yakni Rp 50 - Rp 100 / satu kali permainan. Meski jaraknya lumayan jauh, tetapi saya tetap semangat mendatangi lokasi dengan berjalan kaki. Dengan berbekal uang Rp 500 saja, saya sudah merasa cukup puas bermain.

Namun di saat yang bersamaan, konsol Nintendo sudah mulai muncul. Saat itu, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membeli Nintendo. Mengingat harganya masih cukup mahal bagi saya waktu itu. Nah, kebetulan salah satu tetangga ada yang punya Nintendo, sehingga saya jadi sering bermain di rumah teman saya.

Seiring berjalannya waktu, saya pun mulai membeli konsol PS1, PS2 hingga Xbox. Dengan memiliki konsol sendiri, saya tidak perlu rental ataupun nebeng bermain game di rumah teman lagi. Justru teman saya yang mabar ke rumah, hehehe... Setiap ada waktu luang saat libur kerja, saya selalu menghabiskan waktu dengan bermain game. Bahkan hingga saat ini, saya bermain game lewat ponsel di tengah kesibukan.

Bermain game seolah sudah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar orang. Bahkan di era modern seperti sekarang ini, bermain game bisa dilakukan multi-platform. Tidak hanya lewat konsol game saja, tetapi sudah bisa bermain game lewat PC, laptop hingga ponsel. Keren kaaan!!

Manfaat Bermain Game Menurut Para Ahli

Hingga saat ini, masih banyak orang yang beranggapan jika bermain game hanya menghabiskan waktu saja dan bisa bikin orang jadi malas. Selama tidak berlebihan dan tidak menyiksa diri, bermain game juga punya manfaatnya loh. Bahkan, manfaat bermain game telah terbukti secara ilmiah baik untuk kesehatan otak maupun mental.

Artinya secara ilmiah adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan, didasarkan pada ilmu pengetahuan atau memenuhi syarat dan atau kaidah ilmu pengetahuan. Jadi, kebenarannya telah terbukti secara jelas, karena telah melalui penelitian yang melibatkan manusia..

Penasaran kan?? Simak yuk apa saja manfaat bermain game yang telah terbukti secara ilmiah :

1. Meningkatkan kesehatan otak

Sebuah jurnal Molecular Psychiatry (jurnal ilmiah tinjauan sejawat di bidang psikiatri biologis yang diterbitkan oleh Nature Publishing Group - Wikipedia) menerbitkan hasil penelitian yang menunjukkan jika bermain game mampu meningkatkan ukuran wilayah pada otak. 

Faktanya bagian otak yang akan meningkat adalah bagian otak yang bertanggung jawab pada pembentukan memori. Selain itu, bagian otak yang juga ikut meningkat adalah keterampilan motorik halus dan perencanaan strategis.

Sejumlah responden diminta para ilmuwan untuk bermain game selama 30 menit dan mereka akan diawasi oleh sebuah mesin MRI (Magnetic Resonance Imaging : sebuah teknologi non-invasif yang menghasilkan gambar anatomi detail 3 dimensi).

Hasilnya diketahui selama bermain game, terjadi peningkatan aktivitas pada otak kecil, korteks prefrontal kanan dan hippocampus kanan. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut, bisa diambil sebuah kesimpulan jika bermain game mampu meningkatkan kesehatan otak, karena otak akan "diajak" untuk melakukan berbagai aktivitas selama bermain game.

2. Membantu mengurangi stres

Manfaat bermain game yang selanjutnya adalah membantu mengurangi tingkat stres pada seseorang. Hal ini disebabkan tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan membuat seseorang merasa lebih relaks setelah bermain game. 

FYI, hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon endorfin bertindak mirip seperti morfin, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar daripada morfin. Hormon ini mampu menimbulkan perasaan senang, nyaman hingga membuat seseorang lebih berenergi.

Tidak hanya itu saja, bermain game juga bisa menjadi sarana untuk melepas penat, rasa jenuh dan mengurangi bosan. Apalagi jika bermain setelah menyelesaikan ujian, pasti akan lebih menyenangkan bukan?

3. Membuat awet muda

Normalnya selama bermain game dan sesudahnya, akan merasa senang dan bahagia, bukan malah sebaliknya. Jangan sampai bermain game membuat Anda menjadi bertambah stres. Jika Anda mengalami hal ini, berarti ada yang salah dengan aktivitas bermain game. Jangan-jangan Anda bermain game judi, sehingga kalau kalah akan kecewa berat dan emosi!

Berdasarkan sebuah studi yang partisipannya berusia antara 50 tahun atau lebih, bermain game secara wajar akan membuat mereka merasa lebih sehat dan segar secara fisik maupun psikis. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik dan mental dalam permainan tersebut, sekaligus perasaan senang ketika bermain game.

4. Membantu meningkatkan daya penglihatan

Sebuah universitas riset, nonsektarian dan swasta di Rochester, New York, yakni Rochester University, telah melakukan sebuah penelitian dan menemukan fakta menarik, bahwa orang yang gemar bermain game ternyata memiliki kemampuan melihat yang lebih baik. 

Hal ini karena lensa dan syaraf mata akan terbiasa mengikuti objek yang bergerak cepat di dalam sebuah permainan. Secara otomatis, akan melatih mata jadi terbiasa memetakan objek secara tepat.

Ternyata, untuk meningkatkan daya penglihatan, tidak harus melihat warna hijau saja, tetapi bermain game juga mampu membantu menjaga daya penglihatan tetap terjaga dengan baik. 

5. Membantu meningkatkan kemampuan kognitif

Manfaat bermain game lainnya yang akan Anda dapatkan adalah meningkatkan kemampuan kognitif (aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang mendapatkan pengetahuan serta memecahkan masalah).

Berdasarkan jurnal Plus One, manfaat bermain game mampu membantu meningkatkan kognitif pada anak. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 ini melibatkan 5 grup untuk bermain game. Sebagian partisipan diminta untuk bermain game, dan sebagian yang lainnya tidak.

Setelah bermain game selama 4 minggu secara rutin, partisipan ini diminta untuk mengikuti ujian mengingat. Hasilnya, partisipan yang rutin bermain game lebih mudah untuk mengingat dan mendapatkan skor yang tinggi. Berdasarkan penelitian tersebut, bisa disimpulkan jika bermain game bisa membantu meningkatkan kepandaian atau kognitif seseorang.

Nikmati Bermain Game Online Gratis di Mortgage Calculator

Memasuki era digital, bermain game jadi lebih mudah. Tidak hanya lewat konsol saja, tetapi juga bisa lewat website. Salah satunya Anda bisa bermain game online gratis di www.mortgagecalculator.org. Tidak perlu install aplikasi atau add on apapun pada browser atau mesin peramban.

Website Game Online Gratis

Apa itu Mortgage Calculator? Jadi, sebenarnya merupakan website berbasis finansial yang menyediakan perhitungan simulasi untuk berbagai kebutuhan keuangan Anda. Secara sederhana, Anda bisa menghitung berbagai simulasi cicilan utang atau pinjaman di website ini. 

Nah, yang menarik dari website ini adalah Anda bisa bermain banyak game online secara cuma-cuma alias gratis. Cukup bermodalkan kuota internet saja, Anda sudah bisa menikmati game-game favorit. 

Berikut daftar permainan yang bisa Anda pilih : 

  • Real Estate Games
  • Money Games
  • Cryptocurrency Games
  • Farming Simulation Games
  • Grocery Store Games
  • Restaurant Simulation Games
  • Software Development Games
  • Office Politics Games
  • Environmental Games

Website Game Simulasi Gratis

Masih banyak lagi game lainnya yang bisa dipilih. Bagi yang penasaran, langsung saja kunjungi website Morgage Calculator ya guys!

Beberapa Game Sederhana dan Seru yang Bikin Nagih

Dari sekian banyak permainan yang ada, setidaknya ada empat game yang menurut saya seru sekaligus bikin penasaran. Kalau game yang bikin penasaran itu, jauh lebih menyenangkan menurut saya, karena kita akan terus-terusan menyelesaikannya hingga ke tahap selanjutnya.

Berikut adalah empat permainan seru yang jadi favorit saya : 

1. Farm Town

Permainan yang pertama bernama Farm Town. yang termasuk katagori Farming Simulation Games. Langkah awal, Anda diminta untuk menanam benih, memanen tanaman dan beternak hewan. Selanjutnya menjual produksi ke pusat kota.

Game Farm Town

Game Farm Simulation

Permainan Simulasi Seru

Agar hasil panen lebih melimpah, pakai uang yang Anda miliki untuk membeli lebih banyak benih, membeli peralatan kuliner komersial dan meneliti teknik produksi pangan yang baru.

Permainan Farm Town Simulasi

Ambil komoditas mentah dan kelola di dapur untuk mengubahnya menjadi barang setengah jadi dan barang jadi. Tingkatkan ukuran truk dan lemari es agar hasil produksi lebih meningkat.

2. Idle Factory Domination

Game simulasi yang satu ini cukup mudah dan seru. Untuk memulai permainan, cukup klik ubin berbentuk heksagonal dan kumpulkan uang di setiap ubin yang terbuka. Buka semua ubin tersebut agar bisa membuka ubin-ubin selanjutnya.

Simulation Game Idle Factory Domination

Permainan Restoran Simulasi

Anda juga bisa perbesar atau perkecil dan menggeser area untuk menjalajhi seluruh area. Aktifkan semua ubin di suatu area untuk membuka kunci area lainnya dan mainkan ke-8 area tersebut. Anda bisa kembali lagi setiap hari untuk membuka hadiah tambahan. 

3. Hidden Food

Permainan Hidden Food termasuk ke katagori Other Fun Games. Tugas Anda adalah mencari dan mencocokkan barang yang akan muncul di layar. Waktu yang tersedia mulai dari 30 detik. 

Permainan Hidden Food Keren

Meski kelihatannya mudah, jangan salah ya, hal ini cukup sulit, karena banyak sekali barang yang serupa. Anda meski bergerak cepat untuk menemukan barang yang diminta sebelum waktu habis.

Di permainan ini, Anda dituntut untuk lebih fokus dan jeli mencari barang-barang yang tersembunyi di antara barang lainnya yang juga mirip.

4. Banana Running

Konsep permainan ini mirip seperti Subway Train. Anda harus terus berlari sambil mengumpulkan koin dan jangan sampai menabrak objek yang ada di depannya. Anda harus fokus dalam bermain.

Game Online Gratis Running Banana

Game ini nagih banget. Setiap kali saya kalah, malah semakin bikin penasaran. Apalagi kalau level-level berikutnya belum terbuka, jadi tambah penasaran. Kalau tidak percaya, cobain sendiri deh sensainya bermain game Running Banana.

Konklusi

Sekarang sudah tahu kan, jika bermain game itu tidak selamanya berdampak buruk asalkan tidak dilakukan secara berlebihan atau sampai lupa diri. Ternyata berdasarkan hasil beberapa penelitian, bermain game bisa memberikan manfaat yang baik bagi seseorang.

Untuk mengasah kemampuan Anda bermain game, bolehlah berkunjung ke website mortgagecalculator.org. Untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik, gunakan internet yang cepat dan stabil. Anda bisa menggunakan PC, laptop atau ponsel untuk mengeksekusi game-game tersebut.

Untuk jaringan internet cepat, saya mengandalkan kartu XL. So far, masih okelah bermain game sambil multitasking menyelesaikan pekerjaan lainnya lewat ponsel. Asalkan berada di jaringan di kota-kota. Mungkin di pelosok pedesaan koneksinya tidak sebaik seperti di perkotaan.

Yuk, asah otak dengan bermain game sehat!!

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Bermain Game yang Wajib Anda Ketahui"