Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, sebagian orang memutuskan untuk tetap beraktivitas, meski intensitas hujan cukup tinggi. Rutinitas harian tetap dilakukan untuk menopang kehidupan. Selain menggunakan mobil, tidak sedikit orang yang tetap berkendara menggunakan sepeda motor di tengah musim penghujan.

Bagi pengguna sepeda motor, perlu memperhatikan beberapa hal penting ketika merawat motor saat musim hujan tiba. Kendaraan jadi cenderung rentan mengalami gangguan ketika musim hujan. Maka dari itu, merawat motor dengan tepat, rasanya perlu diketahui bagi para pemilik motor. 

Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan Tiba

Saat musim hujan tiba, ada beberapa bagian pada sepeda motor yang perlu mendapat perawatan ekstra. Jika tidak dirawat dengan benar, maka akan cepat rusak dan parahnya lagi kerusakannya bisa merembet ke komponen lainnya. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, mari kita simak beberapa tips dalam merawat sepeda motor yang perlu Anda perhatikan :

1. Kanvas rem dan piston cakram rem

Kanvas rem akan lebih mudah kotor pada saat musim hujan, karena kotoran dari air hujan atau genangan air akan menempel di permukaan kanvas rem. Jika tidak rajin dibersihkan, akan mengganggu kinerjanya. Direkomendasikan untuk rutin membersihkan kanvas rem dengan menggunakan cairan pembersih rem atau menyemprot bagian kanvas rem.

Motor yang sudah dicuci pun perlu diperhatikan bagian kanvas remnya. Setelah Anda selesai mencuci motor, ada baiknya sering-sering menginjak pedal rem atau menarik rem agar kanvas cepat kering. Kanvas yang terlalu lama terkena air akan menggelembung serta mengeras pada saat sudah kering.

2. Periksa rem depan dan belakang

Ketika motor terkena hujan, biasanya akan terdengar bunyi ketika Anda menginjak pedal rem atau menarik rem. Jangan keburu panik, bunyi tersebut sebenarnya berasal dari kanvas rem yang basah. Maka dari itu, usahakan untuk mengeringkan kanvas rem dan tromol motor Anda agar rem tetap pakem dan suara bunyi tersebut hilang.

Begitu juga setelah selesai mencuci motor, Anda bisa segera mengeringkan rem depan dan belakang motor dengan cara sering-sering mengincak pedal rem atau menarik rem. Hal ini bertujuan agar rem motor kembali pakem dan tidak ada suara bunyi yang muncul.

3. Bersihkan jari-jari roda

Jari-jari roda motor yang sering terkena air akibat hujan, biasanya akan lebih mudah keropos jika tidak rutin dibersihkan dan dirawat dengan baik. Mungkin dari luar tidak terlalu tampak keroposnya, karena keroposnya ada di bagian dalam pelek roda motor.

Periksa dengan teliti bagian pelek tersebut setelah Anda selesai mencuci motor atau setelah motor kehujanan. Jangan biarkan kondisi pelek dalam keadaan basah untuk waktu yang cukup lama. Jika dibiarkan saja, pelek motor akan cepat rusak.

4. Periksa kondisi busi

Rutin memeriksa kondisi busi merupakan salah satu tips cara merawat motor yang tepat ketika musim penghujan tiba. Seperti Anda ketahui, busi merupakan komponen vital yang perlu dirawat dengan baik. Setelah mencuci motor, ada baiknya mencabut kop atau karet penutup busi, lalu ditiup atau dibersihkan dengan menggunakan lap bersih.

Selain itu juga periksa kondisi kabel dan businya, karena kondisi busi motor yang basah, akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan. 

5. Rutin bersihkan rantai

Rantai motor yang sering terkena air hujan, cenderung akan lebih mudah berkarat. Apalagi jika motor tidak menggunakan tutup rantai, maka lebih rentan menimbulkan karat. Pada akhirnya rantai akan cepat rusak dan Anda pun harus menggantinya dengan rantai yang baru.

Sebaiknya Anda mengatur kembali setelan rantai yang sesuai standar serta melumasinya dengan menggunakan bahan cair sesuai anjuran. Hal ini bertujuan untuk menjaga sekaligus meningkatkan kualitas rantai serta melindungi mesin motor juga.

Perhatikan Hal-hal Berikut Setelah Selesai Mencuci Motor

Agar kondisi motor tetap terawat dengan baik, bersih dan mengkilap, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal ini setelah selesai mencuci motor.

1. Siram body motor setelah selesai digunakan

Jika Anda baru saja kehujanan dan motor tetap menerobos hujan deras, sebaiknya segera siram body motor dengan air bersih secara menyeluruh setelah selesai digunakan. Motor yang terkena air hujan akan rentan mengalami kerusakan.

2. Hindari parkir di bawah terik matahari langsung

Jika Anda ingin parkir motor setelah selesai mencuci motor, ada baiknya pilih lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini penting dilakukan agar body motor tetap terlindungi dengan baik.

3. Gunakan pelindung body motor

Memproteksi body motor bermanfaat untuk mencegah air hujan agar tidak langsung mengenai body motor. Gunakan pembersih body khusus yang banyak dijual di pasaran untuk melindungi bagian sepeda motor tertentu. 

4. Jangan sering digunakan saat hujan turun

Jika tidak terlalu penting, sebaiknya hindari untuk bersepeda motor saat hujan. Namun jika terpaksa harus beraktivitas saat musim hujan tiba, Anda bisa memilih menggunakan moda transportasi umum. 

Demikian artikel tentang tips cara merawat motor saat musim hujan yang bisa saya bagikan. Jadi, sebaiknya tidak menganggap sepele ketika motor sering terkena hujan. Sebaiknya rutin membersihkan beberapa bagian motor yang telah disebutkan di atas tadi.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan"