Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Scaling di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic

Klinik Gigi Murah

Suatu sore yang agak gerimis, saya ada jadwal untuk bertemu dengan dokter gigi di klinik The Smile, Serpong, Tangerang Selatan. Jujur saja, seumur-umur saya belum pernah perawatan gigi, seperti scaling (pembersihan kerak) ini. Dulu pernah ke dokter gigi, itu pun karena lagi sakit gigi, hehehe. Kalo nggak ada kepentingan, sebenarnya saya paling takut ketemu dokter gigi.

Namun kali ini saya memberanikan diri untuk ketemu dokter gigi di klinik The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental. Lokasinya ada di daerah Serpong, Tangerang Selatan. Ruko yang terdiri dari dua lantai ini sangat mudah dijangkau, karena berada di pusat BSD Serpong. 

Saya memilih melakukan perawatan gigi di klinik The Smile setelah melihat postingan dan juga testimoni positif di akun IG resmi mereka, yakni thesmile.dental. Sebelum lanjut ke pengalaman saya scaling, mari kita ketahui terlebih dulu pengertian dan manfaatnya.

Pengertian Scaling Gigi

Mungkin masih banyak yang belum tau apa itu scaling gigi. Menurut website Halodoc, scaling atau pembersihan kerak gigi merupakan proses untuk membersihkan gigi dari karang atau tartar. Alat yang digunakan untuk scaling disebut scaler. Nah, karang ini terbentuk dari tumpukan plak yang menempel dan mengeras di permukaan gigi. Keberadaan karang gigi ini bisa bikin kita jadi nggak pede! 

Scaling gigi nggak hanya membersihkan gigi saja, sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri, tetapi juga bisa menghindari kita dari berbagai masalah kesehatan pada gigi. Untuk menghilangkan karang gigi ini, nggak cukup hanya rutin gosok gigi saja guys. Solusinya ya harus perawatan rutin ke dokter gigi dengan cara melakukan perawatan.

Padahal, saya rutin gosok gigi menggunakan pasta gigi khusus penghilang plak, tapi nggak ngaruh banyak. Meski bikin mulut segar, tapi karang gigi tempat saja menempel. Inilah alasan kenapa saya memutuskan untuk melakukan scaling.

Manfaat Scaling pada Gigi

Satu-satunya cara paling ampuh untuk membersihkan karang gigi adalah dengan cara scaling. Secara umum, ada beberapa manfaat scaling gigi, di antaranya sebagai berikut :

  • Mencegah berbagai penyakit mulut dan gigi
  • Menghilangkan noda pada gigi
  • Mencegah gigi berlubang
  • Menghindari bau mulut

Scaling bisa memperbaiki celah antara gigi dan gusi rata-rata 0,5 milimeter. Dengan berkurangnya jarak yang terbentuk antara gigi dan gusi, hal ini mampu mengurangi risiko kehilangan gigi, tulang dan jaringan yang terkait dengan penyakit periodontitis kronis.

Periodontitis kronis adalah infeksi gusi yang bisa merusak gigi, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi

Pengalaman Scaling Gigi di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic

Jadwal saya ketemu dokter gigi pukul 15.00, tetapi saya sudah tiba di lokasi pukul 14,30. Begitu masuk, saya disambut oleh resepsionis yang ramah. Imej saya kalo klinik gigi itu biasanya tempanya menyeramkan. Namun, ketika pertama kali masuk ke klinik The Smile ini, imej menyeramkan langsung hilang, karena ternyata beda banget. Tempatnya nyaman, adem, bersih dan staffnya ramah serta dokternya baik.

Scaling Gigi di Serpong, Tangerang Selatan

Klinik Gigi Murah di Serpong

Interior desainnya minimalis modern. Tersedia sofa empuk di ruang tunggu yang dilengkapi dengan televisi. Ruangannya adem dan sejuk. Pokoknya bikin betah banget deh ada di klinik The Smile. Sebelum lanjut perawatan, saya diminta untuk mengganti sandal yang telah disediakan di sana, kemudian mengisi form untuk memilih jenis perawatan apa yang dipilih.

Memakai Baju APD Agar Tetap Higienis

Setelah selesai mengisi form, selanjutnya saya diminta untuk memakai baju APD untuk menjaga agar tetap higienis selama melakukan perawatan. Seluruh pasien, baik orang dewasa dan anak-anak telah disediakan baju APD.

Proses Scaling Berapa Lama?

Saya memilih jenis perawatan scaling, karena karang gigi yang menempel ini cukup mengganggu penampilan. Banyak yang nanya juga, kalo scaling itu prosesnya berapa lama? Durasinya tergantung dari banyaknya karang gigi yang menempel di permukaan gigi. Semakin banyak karang giginya, maka prosesnya juga lama, ya mungkin antara 1-2 jam.

Apa Itu Scaling Gigi?

Namun kalo karang giginya sedikit, mungkin 15-30 menit saja sudah selesai. Saya sendiri proses scaling memakan waktu kurang lebih 45 menit. Soalnya lumayan banyak juga sih, hehehe... Proses pembersihan kerak dilakukan hingga karang gigi benar-benar hilang tak berbekas. 

Berapa Harga Scaling di Klinik The Smile?

Klinik Gigi The Smile di Serpong

Harga perawatan scaling di klinik The Smile antara 400 ribu sampai 800 ribu Rupiah (harga per Juni 2023). Dan lagi-lagi tergantung dari banyaknya karang gigi yang menempel. Namun kamu nggak perlu khawatir, pasalnya di klinik ini sering ada promo loh. Jadi pantengin terus akun medsosnya agar kamu bisa memanfaatkan promo guys. Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran.

Bagaimana Prosedur Scaling?

Nah, kalo prosesnya sendiri, gimana? Saat saya tiba di kursi pemeriksaan, saya disuruh kumur-kumur dulu dengan air yang (kayaknya) sudah ditambah penyegar mulut deh. Fungsinya untuk membersihkan jigong yang menempel di gigi sekaligus mengusir mantan bakteri pada mulut. Selanjutnya saya berbaring dan melebarkan sayap mulut (mangap) agar lebih mudah proses pembersihan karang gigi hingga ke seluruh pelosok mulut.

Harga Scaling Gigi di The Smile Dental

Dokter giginya sangat profesional dan sabar banget membersihkan karang gigi. Pembersihan dilakukan secara detail. Setelah cukup banyak karang gigi yang terkikis, saya diminta berkumur-kumur membuang karang gigi yang terlepas. Banyak banget karang gigi yang copot. Proses ini berlangsung sampai 4 kali.

Proses scaling menggunakan alat getar yang bernama scaler ultrasonik. Sambil dibersihkan, asisten dokter akan menyemprotkan air pada scaler untuk membersihkan karang gigi dan plak dari kantong gusi. Dokter akan menggunakan scaler dan pengikis manual (kuret) untuk menghilangkan sisa kecil karang gigi.

Manfaat Scaling Gigi

Scaling Gigi di The Smile

Setelah selesai scaling, terakhir dokter akan memoles gigi (polishing). Tujuannya untuk menghaluskan permukaan gigi, menghilangkan noda, menghilangkan akumulasi plak gigi, meningkatkan estetika dan mengurangi korosi pada restorasi logam.

Sampai di sini proses pembersihan karang gigi sudah selesai guys. Nggak ada dikasih obat-obatan setelah selesai scaling. Selama proses membersihkan karang gigi, sebenarnya nggak sakit, hanya saja terasa ngilu. Kalo memang terasa sakit, bisa langsung infokan ke dokternya untuk stop.

Konklusi

Merawat gigi sangat dianjurkan minimal 6 bulan sekali. Hal ini agar kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi dapat terjaga dengan baik. Karena kalo sudah sakit gigi, rasanya nggak enak banget. Jangan tunggu gigi sakit, baru kita ke dokter gigi. Pencegahan tentunya lebih baik daripada mengobati.

Setelah melakukan perawatan gigi di Klinik The Smile, keliatan banget perubahannya guys. Gigi saya tampak lebih bersih dan terbebas dari karang gigi. Selain itu gigi saya kelihatan lebih berkilau. Kalo sudah begini, saya jadi lebih pede untuk tersenyum lebar, meski di penghujung bulan sekalipun, hehehe...

Pengalaman Scaling Gigi

Gigi Jadi Lebih Bersih dan Sehat

Demikian pengalaman saya sewaktu scaling di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic. Semoga bisa bermanfaat sekaligus memberikan rekomendasi kepada teman-teman semua yang ingin giginya lebih bersih, sehat dan kuat.

TERIMA KASIH KLINIK THE SMILE DAN DOKTER GIGI ZAKIA SERTA STAFF!!

Alamat Klinik The Smile :

Ruko Golden Madrid 2, Jl. Letnan Sutopo No. 05, Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Jam operasional :

Setiap hari : 10.00 - 20.00

23 komentar untuk "Pengalaman Scaling di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic"

  1. Beberapa waktu yang lalu pengen banget scaling karang gigi karena ngerasa udah banyak dan bikin gak nyaman. Dengan harga segitu atau diskon, worth it sih kalau dokternya profesional dan tempatnya nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya menurut saya harganya worth it banget sih. Tempatnya nyaman dan dokternya profesional. Cobain aja Kak scaling gigi biar gigi jadi lebih bersih dan bisa tampil lebih percaya diri...

      Hapus
  2. Saya batu tahu scaling ini, Mas. Dan ternyata sangat maksimal dalam membersihkan karang gigi ya, Mbak. Klinik Gigi The Smile juga nyaman sekali, jadi tidak perlu ragu lagi untuk melakukan perawatan gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Bambang. Scaling merupakan solusi untuk menghilangkan karang gigi. Jujur aja sih, nyaman banget suasana dan tempatnya. Staffnya juga ramah-ramah dan ngebantu banget kebutuhan customer.

      Hapus
  3. Melihat fasilitas dan pelayanannya bakalan bikin nyaman scalling ya kak.
    Terlebih jam kliniknya juga oke setiap hari.
    Sehingga kalau yang sibuk di waktu weekdays, bisa nih scalling pas weekend

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya nyaman banget Kak. Bikin betah di dalam klinik. Jam operasional memang oke banget sih bisa disesuaikan dengan aktivitas masyarakat, terutama pekerja kantoran yang belum tentu bisa jalan ke klinik pas weekdays.

      Hapus
  4. Oh membersihkan karang gigi tu scaling toh namanya. Saya udah bertahun-tahun nggak scaling, nih. Apa scaling dicover KIS ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa asuransi yang meng-cover perawatan gigi, termasuk scaling. Enggak semua juga sih asuransi. Saya juga belum tau apakah KIS ini bisa meng-cover atau tidak. Very good question. Bisa jadi masukan nih untuk team Klinik The Smile

      Hapus
  5. Termasuk murah juga ya harga Scaling di Tangerang. Kalau di Surabaya ya sekitar segituan sih, kirain di sana bakal lebih mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal harga worth it lah. Apalagi ini kan lokasinya di Serpong, Kota Tangerang Selatan. Bisa dibilang cukup terjangkau. Belum lagi fasilitas dan kenyamanan yang didapatkan selama melakukan perawatan gigi, bisa jadi nilai tambah

      Hapus
  6. bagus ya kliniknya, recommended sih ini pas banget saya lagi pengen scaling juga nih, karena ada beberapa karang gigi nih yang mulai gengges di sela2 gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooooo semangat untuk scaling Kak, biar gigi jadi lebih bersih terawat dan pastinya lebih sehat juga. Jadi meningkatkan percaya diri deh.

      Hapus
  7. Udah lama bgt nih ga Scalling. Terakhir aku ke dokter gigi sih 2017an. Itu pun di Puskesmas krn gigi bengkak. Sekalian sih ditawarin utk Scalling. Krn ada BPJS, ya gratis. Hehe

    Lumayan jg ya biaya utk scalling. Emg kita hrs rajin sih bersihin mulit & gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang perawatan gigi itu mahal, makanya harus rajin menjaga kebersihan gigi dan juga mulut. Wah enak dong kalau bisa pakai BPJS, jadi lebih menghemat pengeluaran...

      Hapus
  8. Aku biasanya rutin 6 bulan sekali
    Jadinya pengen sekali cuma kadang kalau perawatan ada anak yang harus saya bawa jadi masih repot saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nanti saja kalau situasi sudah kondusif bisa lakukan perawatan gigi secara rutin. Kalau usia anak sudah besar, pasti sudah ngerti dengan apa yang dilakukan emaknya, misalnya pas lagi mau perawatan gigi, pasti sudah paham. Atau anaknya sekalian diajak untuk perawatan gigi juga, hehehe....

      Hapus
  9. Abis Scaling di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic ini berasa segeeerrr dan sayang banget sama gigi ya.. Memang kesehatan gigi dan mulut ini kudu diutamakan, selain menjadi proses makanan pertama masuk juga menjadi salah satu pendukung penampilan yang menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget, setelah scaling, jadi lebih aware dengan kebersihan mulut dan gigi. Jadi lebih intens lagi dalam menjaga dan merawatnya. Lebih rajin gosok gigi deh, hehehe...

      Hapus
  10. recommended banget buat perawatan gigi di Klinik The Smile. Kalau baca dari reviewnya Mas Hendra, sepertinya lumayan memuaskan. Tempatnya juga nyaman banget, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya memang recommended Mas Yonal. Baru pertama kali perawatan di klinik The Smile ini, tapi sudah dapat experience yang unforgettable banget.

      Hapus
  11. tempatnya cozy bangeeettt. aku kemarin juga sempet scalling di salah satu klinik surabaya. tapi nggak bersih huhu kecewa. ini harganya termasuk masih terjangkau ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya bersih dan nyaman, jadi bikin betah. Udah gitu higienis pula. Setiap customer wajib mengganti dengan sandal yang telah disediakan dan ganti ke baju APD selama proses perawatan gigi. Bisa dikatakan harganya worth it dengan apa yang kita dapatkan.

      Hapus
  12. Aku juga baru tau istilah scalling gigi. ternyata mahal juga ya biaya perawatannya. Tapi sepadan juga sih dengan hasilnya. gigi tampak lebih bersih dan lebih pede juga kalo tertawa depan orang banyak hahaha

    BalasHapus