Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fitur Contactless Kartu Kredit dan Cara Kerjanya

Kartu Kredit Contactless

Kini sudah banyak bank yang menyediakan layanan pengajuan kartu kredit online. Berkat perkembangan teknologi digital, pengajuan pinjaman dana dapat dilakukan secara daring menggunakan aplikasi mobile banking yang diakses melalui smartphone

Inovasi dalam dunia perbankan tidak hanya pada layanan dan platform digital saja. Kartu kredit pun kini sudah menerapkan teknologi baru berupa fitur contactless card. 

Fitur ini memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran tanpa kotak atau tanpa sentuh. Dengan adanya teknologi contactless card, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan cepat.

Teknologi contactless card sudah banyak digunakan di sejumlah tempat, seperti kafe, restoran, toko, pusat perbelanjaan, hingga mesin penjual otomatis. 

Teknologi ini bekerja dengan sistem Near Field Communication (NFC) atau melalui komunikasi medan dekat. Fitur ini mulai marak digunakan sejak beberapa tahun belakangan karena menguntungkan pelaku transaksi, baik customer maupun seller.

Cara Pengajuan Kartu Kredit Online  

Pengajuan kartu kredit online bisa Anda lakukan tanpa perlu repot-repot mendatangi kantor bank. Anda bisa melakukan pengajuan dari rumah menggunakan aplikasi mobile banking yang terpasang di smartphone. Kemudahan ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit, tapi tidak sempat pergi ke bank karena sibuk bekerja. 

Untuk mengajukan kartu kredit, Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang diberlakukan oleh pihak bank. Setiap lembaga perbankan biasanya memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Namun secara umum berkas yang akan diminta, yaitu fotokopi KTP, fotokopi NPWP.

Apa itu Fitur Contactless Card?

Contactless adalah sistem pertukaran data tanpa sentuh yang bekerja secara cepat, mudah, dan aman. Sementara contactless card adalah fitur tanpa sentuh yang disematkan pada perangkat pembayaran seperti kartu kredit

Kartu kredit yang memiliki fitur contactless card dapat melakukan pertukaran data untuk keperluan transaksi. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan melambaikan atau mengetukkan kartu ke alat pemindai. Jadi kartu kredit tidak perlu  dimasukkan atau digesekkan pada alat pembayaran. 

Cara kerja contactless card sama seperti pada dompet digital atau e-wallet. Transaksi bisa dilakukan dengan mendekatkan kartu ke alat scan. Fitur ini membuat proses transaksi bekerja 10 kali lebih cepat dibanding pembayaran kartu kredit dengan cara manual. 

Kartu Kredit Contactless Card seperti Apa?

Kartu kredit yang memiliki fitur contactless card dapat dikenali dengan mudah dengan melihat fisiknya. Kartu kredit tanpa sentuh memiliki simbol berbentuk seperti gelombang yang terletak di bagian depan kartu. Bentuknya simbolnya mirip dengan simbol Wi-Fi. Jika kartu kredit Anda memiliki tanda tersebut, berarti Anda bisa melakukan pembayaran tanpa sentuh. 

Jika tidak ada simbol tersebut, bisa dipastikan kartu kredit Anda belum menyematkan fitur contactless card. Namun jika Anda ingin memiliki kartu kredit tanpa sentuh, Anda bisa menghubungi pihak bank. Jika bank memiliki tawaran kartu kredit contactless card, Anda bisa mengajukan pergantian kartu.

Cara Kerja Kartu Kredit Contactless Card

Fitur Contactless Kartu Kredit

Kartu kredit contactless card bekerja menggunakan teknologi identifikasi frekuensi radio atau radio frequency identification (RFID). Teknologi tersebut membuat kartu kredit dapat terhubung dengan alat pemindai meskipun hanya didekatkan, tanpa disentuhkan atau digesekkan. 

Kartu kredit contactless card juga dilengkapi dengan chip EMV serta nomor kartu seperti biasanya, kode keamanan, tanggal kadaluarsa, dan strip magnetic. Saat Anda mendapatkan kartu kredit Anda ke alat pemindai maka alat akan melakukan otentikasi dengan aman. Kemudian sistem point-of-sale merchant mengirimkan transaksi ke customer. Customer perlu melihat keterangan transaksi sebelum memprosesnya.

Manfaat kartu kredit contactless card adalah memberikan kemudahan transaksi bagi penggunanya. Fitur contactless card membuat aktivitas pembayaran menjadi lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. 

Customer tidak perlu gesek kartu kredit ke alat pembayaran yang cukup memakan waktu. Seller juga tidak perlu mengarahkan proses transaksi hingga tidak perlu menyediakan uang kembalian. 

Apakah Kartu Kredit Contactless Card Aman?

Kartu kredit contactless card memiliki sistem keamanan yang baik. Kartu ini menerapkan fitur keamanan dinamis seperti ketika memasukkan kartu chip. Setiap kali melakukan transaksi maka akan muncul kode keamanan satu kali yang melindungi informasi pembayaran penggunanya.

Kartu kredit ini juga memiliki satu fitur keamanan tambahan yang unik. Pengguna kartu ini tidak dapat melakukan pembayaran pada tagihan transaksi orang lain secara tidak sengaja. 

Kartu dapat diproses ketika berada dalam jarak 1 hingga 2 inci dari mesin pembayaran. Apabila Anda tidak sengaja mengetukkan sebanyak dua kali, maka jangan khawatir karena tidak akan dikenakan biaya dua kali. 

Kartu Kredit PermataShoppingCard

Jika Anda sedang mencari kartu kredit yang mendukung kebutuhan belanja online, maka PermataShoppingCard bisa menjadi pilihan yang tepat. Kartu kredit dari PermataBank ini menawarkan sejumlah kelebihan yang menguntungkan penggunanya dalam kebutuhan transaksi. Proses pengajuan kartu kredit bisa secara online melalui PermataMobile X.

PermataShoppingCard sudah dilengkapi dengan fitur contactless card, sehingga Anda bisa melakukan pembayaran secara praktis tanpa harus menggesek kartu di alat pembayaran. Dengan demikian Anda tidak repot dan lebih menghemat waktu. 

Kartu kredit ini sangat cocok bagi Anda yang suka belanja online karena ada tawaran cashback 5% hingga Rp200 ribu. Selain itu, ada juga berbagai promo dari merchant online yang tentunya sangat menguntungkan. 

Sejumlah kelebihan lainnya akan Anda dapatkan dari PermataShoppingCard, di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran tahunan satu, bebas iuran tahunan satu tahun pertama, dan masih banyak lagi. 

Informasi persyaratan dan langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa Anda baca di laman berikut :  https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.  

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Mengenal Fitur Contactless Kartu Kredit dan Cara Kerjanya "

  1. Terimakasih atas artikelnya
    wah saya jadi pengen punya kartu kridit

    BalasHapus
  2. Hemm baru tahu soal kartu kredit online ini, dulu kredit membawa banyak eh sekarang lebih dimudahkan dengan adanya berbagai jasa kredit. Eh ini malah ada online, mantep ini cara kerjanya juga bisa dipercaya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus