Menata Rumah Minimalis Ala Blog Mas Hendra

Memiliki rumah yang ditunjang dengan dapur, kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu yang nyaman sesuai dengan fungsinya, tentu akan membuat siapapun yang tinggal di dalamnya merasa betah. Namun terkadang yang namanya manusia yah, kadang suka khilaf, beli furniture ini itu, tanpa memperhatikan ukuran ruangan di rumah. Ujung-ujungnya malah ruangan menjadi penuh dengan furniture, kalau sudah begini, tentu saja rumah menjadi sumpek dan terasa sempit.


Biasanya hal ini sering kita temui pada pengantin baru atau keluarga kecil yang baru pindah ke rumah baru, contohnya ya kayak saya, hihihi... Tanpa memperhatikan nilai estetika suatu ruangan, kita belanja furniture dengan ukuran yang kurang sesuai dengan luas ruangan. Hal ini terjadi karena kebanyakan dari kita lebih mengutamakan model yang menarik ketimbang ukuran.

Iya kalau rumah kita berukuran besar dan luas sih tidak terlalu jadi masalah. Kita bebas membeli furniture ini itu sesuai selera tanpa takut rumah akan menjadi sempit. Nah masalahnya kalau ukuran rumah kita pas-pasan alias minimalis, seperti rumah saya yang ukurannya 36/75, bagaimana dong? Tenang guys, saya punya solusi sederhana cara menata furniture rumah minimalis ala Blog Mas Hendra, berikut ini :


MENATA RUANG TAMU

Jika ukuran ruang tamu tidak terlalu besar, usahakan untuk mengisi ruang tamu dengan furniture berukuran yang kecil dan tidak terlalu memakan tempat. Hal ini untuk menghindari ruang tamu terlihat menjadi sempit. Dan yang tidak kalah pentingnya, kita  bisa memilih sofa yang bisa terdiri dari beberapa sofa berukuran kecil. 


Jadi gini guys, sofanya itu jangan yang panjang menyatu dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Jadi sebisa mungkin pilih sofa yang bisa digeser atau dipindah-pindah, agar kita dapat menata ruang tamu sesuai selera dan tidak membosankan untuk dilihat. Misalnya nih, sofa bisa dipindah ke sudut atau dipindah ke tengah, tujuannya sih agar ruang tamu tidak terlihat monoton dan membosankan.

MENATA KAMAR TIDUR

Ukuran kamar tidur biasanya lebih kecil dari ruang tamu. Ya kali ukuran kamar tidurnya lebih besar dari ruang tamu, kan gak mungkin juga ya guys. Jadi sebaiknya kita dapat  memilih tempat tidur yang ukurannya tidak terlalu besar. Nah bagi kamu yang sudah punya anak, apalagi sudah 2 kayak saya, kamu bisa memilih tempat tidur tingkat. Emangnya bis doang yang tingkat, tempat tidur juga bisa! 

Dengan memilih tempat tidur tingkat, kita masih memiliki space ruangan yang bisa digunakan untuk menyimpan furniture lainnya, misalnya seperti meja belajar kecil untuk anak, atau lemari pakaian tingkat dan furniture lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Dan biasanya juga tempat tidur tingkat lebih disukai oleh anak-anak. Selain itu juga tempat tidur tingkat dengan beragam karakter dan bentuk yang unik juga sudah banyak ditemui di pasaran. Jangan lupa juga ya guys, pilih tempat tidur tingkat yang aman, nyaman dan kuat ya guys.

MENATA DAPUR TERLIHAT LEBIH INDAH

Mentang-mentang dapur terletak di bagian belakang rumah, terkadang kita kurang memperhatikan dengan kerapihan dapur. Kita mengisi dengan beragam barang dan furniture, mulai dari mesin cuci, kulkas, rak piring, dispenser dan lain sebagainya. Ujung-ujungnya malah dapur akan sempit lebih mirip gudang dan tentu saja aktivitas memasak menjadi tidak nyaman karena ruang geraknya menjadi terbatas.

Nah untuk menyiasatinya, kamu bisa mengakalinya dengan menempatkan rak piring yang digantung di dinding dapur. Letakkan perlengkapan makan yang rutin kita pakai setiap harinya di rak piring itu. Agar beban rak piringnya tidak terlalu berat, kamu bisa meletakkan sisa perlengkapan makan lainnya di bawah kompor. Dengan membuatkan laci dan lemari kecil di bawah kompor/wastafel, kamu bisa menghemat banyak tempat.


Selain itu, agar tembok dekat kompor tidak kotor karena terkena cipratan minyak, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan keramik dinding dengan gambar dan karakter favorit pilihan kamu. Biayanya juga murah kok. Dengan begini, dapur kamu menjadi lebih sedap dipandang dan memasak pun menjadi lebih betah.


Perhatikan juga ventilasi di dapur, usahakan untuk memberikan udara segar masuk ke rumah agar sirkulasi udara di dapur menjadi lebih baik dan tidak engap. Pemilihan rumah HOOK (tepi jalan) tentu lebih baik, karena kamu bisa menambahkan pintu samping tambahan. Selain itu pasang genteng berwarna bening tepat diatas dapur, untuk memberikan cahaya tambahan, agar dapur tidak terlalu gelap.

Oh iya guys, untuk mendapatkan informasi lengkap seputar tips rumah berkualitas, terlengkap, dan teraktual seputar rumah, apartemen, ruko, tanah, perkantoran, serta industri pendukung sektor properti, kamu bisa mengunjungi website : www.rumahhokie.com.

Demikian tips sederhana menata furniture rumah minimalis yang bisa saya tulis, semoga dapat bermanfaat.

8 comments

Wah bisa masang keramik sendiri nih Mas, lumayan nih daripada sewa tukang kan mahal :D

Hahaha, gak lah Mas, itu kan ada tukang, saya hanya ngarahin aja, supaya sempurna hasilnya

Makasiiih sharingnyaa mas hendra :) penting banget pemilihan furniture yang bsa flexible diatur dan dipindah yaa, biar gampang diatur sesuai keinginan. . hehehe

asik asik dapurnya jd kelihatan makin rapi dan bersih mas. . :D jd makin semangaat masak nanti nyonya :D hehehe good luck mass. .

Iya mba, kalo rumah minimalis sebaiknya seperti itu, biar tidak kelihatan terlalu sempit lantaran banyaknya perabot memenuhi ruangan.

Yup, biar semangat masaknya terus membara

Kalau masang keramik memang susah, apalagi keramik tembok

Iya, makanya untuk pemasangan keramik di tembok diperlukan perlakuan khusus terhadap keramik-keramiknya sebelum dipasang.

Bner bgt dapur klo cm tembok aj bikin tembokny jd kotor mesti pasang keramik biar gmpng dibersihin

Selain mudah dibersihkan, pemasangan keramik juga untuk menambah nilai estetika dapur kita


EmoticonEmoticon