Tombol Lift, Salah Satu Penyumbang Virus Influenza

Penampakan Tombol Lift di Kantor - Blog Mas Hendra

Siapa nih yang suka pencet-pencet tombol lift? Pasalnya tombol yang satu ini memang dipakai oleh banyak orang, baik itu di kantor, mall, gedung-gedung, rumah dan lain sebagainya. Tombol lift merupakan salah satu medium (pembawa sesuatu) yang paling rentan dalam hal penyebaran virus, salah satunya ya influenza.

Kebiasaan buruk seseorang adalah setelah memencet tombol tersebut, tanpa disadari tangannya langsung memegang hidung, menyentuh layar hape bahkan ngelap-ngelap mulut, padahal berjuta bakteri berkumpul di tombol lift tersebut loh. Hiiii, serem bener. Karena berbagai orang dengan berbagai latar belakang ikut memencet tombol, seperti orang tersebut lagi sakit flu, lagi sakit kulit, habis megang benda kotor dan lain sebagainya.

Di sinilah peran pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan diri, salah satunya adalah dengan rutin mencuci tangan, karena mencuci tangan bukan hanya pada saat mau makan saja loh. Baca juga artikel -> Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan

Selain tombol lift, penyebaran penyakit flu juga dapat melalui gagang pintu, telepon, ruangan ber-AC atau alat tulis. Makanya tidak heran, bila ada teman satu kantor yang sedang sakit flu, maka banyak juga yang akan tertular, mengingat begitu mudahnya penularan penyakit flu ini.

Penyebaran penyakit flu bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Terutama bagi seseorang dengan kondisi badan atau pikiran sedang tidak sehat/stress, kemungkinan untuk terjangkit flu lebih tinggi, karena pada saat kondisi tersebut, kondisi pertahanan tubuh sedang mengalami penurunan. 

Jadi setelah memegang tombol lift atau benda-benda lainnya yang memudahkan penularan penyakit flu di tempat kerja Anda, ada baiknya menyiapkan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol atau juga rajin mencuci tangan. Langkah ini dilakukan guna mengurangi kemungkinan tertular flu. Dan juga jangan lupa untuk rutin mengonsumsi makanan bergizi, istirahat teratur, banyak minum air putih dan perbanyak makan buah serta sayuran. 

Semoga bermanfaat. 

4 comments

Untung jarang naik lift mas jadi lebih aman dari tertular virus influenza yang cepat penularannya

Reply

Kalo di tempat kerja memang lebih rentan untuk tertular penyakit flu mas, masih mending di rumah

Reply

hati2 di pegangan tangga juga bisa menjadi salah satu media penyebaran virus flu

Reply

Iya mas, bener banget pegangan anak tangga juga rentan, pokoknya yang berhubungan dengan fasilitas umum deh

Reply

Post a Comment