Sauna Infra Merah? Memangnya Ada Yaa...

Penampakan Sauna Infra Merah yang Minimalis - Blog Mas Hendra

Sauna merupakan salah satu dari sekian banyak cara dalam mengembalikan kondisi fisik yang lelah, baik setelah berolahraga maupun setelah lelah bekerja. Sauna dipercaya dapat mengurangi tingkat ketegangan pada otot, sehingga memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.


Seiring berjalannya waktu, sauna tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, namun sauna telah berubah menjadi sebuah tren gaya hidup masyarakat kekinian. Sauna kini dapat dengan mudah ditemui hampir di setiap tempat SPA. 

Menurut Wikipedia, sauna adalah sebuah ruangan kecil, kabin atau pondok yang dirancang agar pengguna dapat menikmati aktivitas mandi uap, baik secara basah ataupun kering. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keringat, sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun) dari dalam tubuh akan lebih maksimal dan racun pun akan ikut keluar melalui keringat yang dihasilkan. 

Istilah sauna berasal dari bahasa Finlandia kuno, yang berdasarkan pada pemandian tradisional Finlandia. 

Ternyata eh ternyata sauna ada dua macam loh, sauna biasa yang memanfaatkan batubara sebagai penghantar panasnya dan sauna infra merah (infra red sauna) yang memanfaatkan serat karbon pada sekeliling ruang sauna. 


Elemen Infra Merah di Seluruh Ruang Sauna - Blog Mas Hendra
Elemen infra merah di sekeliling ruang sauna

Sauna infra merah memiliki suhu panas di bawah sauna biasa, namun memiliki kelebihan lainnya, yakni cepat menghantar panas ke seluruh tubuh dan lebih meresap ke dalam jaringan kulit. Meskipun begitu, keduanya tetap sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Suhu panas pada sauna infra merah tidak terlalu menyengat ke wajah ataupun bagian tubuh lainnya, tidak seperti sauna biasa dimana suhu panas akan sangat terasa, karena memang sauna biasa memiliki suhu panas berkisar antara 75-90°c. Sedangkan sauna infra merah berkisar antara 60-65°c saja.


Suhu Maksimal 65 Derajat Celcius - Blog Mas Hendra

Sauna infra merah yang saya temui, memiliki radio kecil yang diletakkan di bagian atas di dalam ruang sauna. Jadi Anda tidak akan jenuh selama berada di dalam ruang sauna, tapi jangan request lagu ya bro.


Radio Diletakkan di Bagian Atas Ruang Sauna - Blog Mas Hendra
Radio diletakkan di atas ruang sauna untuk mengurangi kejenuhan

Berapa lama waktu yang baik selama berada di dalam ruang sauna? Biasanya berkisar antara 10-15 menit sudah cukup. Namun Anda dapat berada di dalam ruang sauna lebih lama lagi, dengan catatan setiap 15 menit sekali, Anda istirahat keluar sauna dan usahakan untuk tetap minum, karena bagaimana pun juga tubuh Anda tetap membutuhkan cairan masuk, untuk menggantikan cairan yang keluar bersama keringat.


Jam Pasir di Dalam Ruang Sauna - Blog Mas Hendra
Jam pasir sebagai penunjuk durasi sauna

Demikian artikel singkat tentang sauna infra merah. Semoga bermanfaat. 

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan
Mengatasi Lupa Password Pada Android

8 comments

jadi pengen nyobain sauna infra merah, kalo di daerah saya mungkin belum ada hehe

Reply

Rasanya anget-anget gimana gitu....

Reply

Bisa kembali relax sepertinya jika mencoba sauna sehabis pulang kerja seharian ini dengan cuaca yang panas disini :]xx

Reply

Iya mba wida, biar pegelnya ilang loh....

Reply

Wah baru denger nih ada sauna infra merah.
Pengen nyoba ah, sekalian request lagu. Hahahaa

Reply

Jiaaaaah, mau sauna apa mau dengerin lagu....

Reply

Aku blas blm pernah sauna mas, jadi pengin nih :)

Reply

Enak sih mba. Bikin sauna sendiri aja mba, hahaha

Reply

Post a Comment