Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang menyepelekan mengenai masalah mencuci tangan ini, sebaiknya baca artikel saya kali ini yang akan membahasnya secara tuntas.
 
manfaat mencuci tangan bagi kesehatan
Gambar : yuniirfaningsih.wordpress.com

Jangan pernah menganggap remeh perihal mencuci tangan Anda. Suka atau tidak suka, tangan kita menyimpan ribuan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit menular. Setiap hari manusia selalu melakukan kontak langsung dengan sumber mikroorganisme berbahaya yang hadir di sekitar kita seperti pada pegangan pintu, saklar lampu, tangga, uang, keran dan lain sebagainya. Tanpa pikir panjang, tanpa disadari banyak orang yang langsung menyentuh dengan tangan seperti wajah, hidung, mulut, mata bahkan makanan. Akibatnya kuman dan bakteri penyebab beberapa penyakit menular dapat dengan mudah akan masuk kedalam tubuh kita.



Pentingnya mencuci tangan

Resiko penularan virus flu akan lebih mudah menyerang orang-orang yang jarang mencuci tangan. Pun begitu juga dengan sakit diare, lebih rentan dialami oleh orang-orang yang malas mencuci tangan. Maka perlu ditingkatkan kesadaran akan pentingnya mencuci tangan.

Cara mencuci tangan yang benar

 
manfaat mencuci tangan bagi kesehatan
Gambar : thejavanomadspost.com

Membersihkan kedua tangan Anda, tidak cukup hanya dengan menggunakan air saja. Sabun cuci tangan merupakan pilihan yang tepat bagi Anda dan juga keluarga Anda. Basahi kedua tangan Anda dengan air, kemudian beri sabun dan gosok-gosokkan, mulai dari sela-sela jari, kedua sisi tangan sampai pergelangan tangan. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tisu kasar. Alternatif lainnya bila tidak ada air maupun sabun, dapat menggunakan pembersih berbasis alkohol. Agar tangan tetap bersih terjaga, perlu sesekali menyeka tangan dengan tisu maupun lap bersih.

Kapan sebaiknya mencuci tangan

Untuk mencegah bahaya penularan penyakit, sangat penting bagi kita untuk tahu kapan harus mencuci tangan, antara lain sebagai berikut :

- Sebelum dan sesudah makan.
- Sebelum dan sesudah memasak makanan, terutama ikan, unggas dan daging.
- Setelah menyentuh hewan peliharaan, membersihkan kandang dan kotoran mereka serta setelah memberi makan hewan peliharaan.
- Sebelum menyentuh bayi dan anak-anak balita.
- Sebelum dan sesudah menyentuh kulit yang terluka.
- Setelah membuang sampah
- Setelah menggunakan kamar kecil di rumah maupun di tempat umum
- Setelah mengunjungi pasien di rumah sakit
- Setelah batuk dan bersin
- Setelah buang air kecil dan air besar
Dan lain sebagainya.

Betapa pentingnya mencuci tangan, sehingga akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit menular, terutama bagi Anda yang bekerja pada sektor kesehatan seperti rumah sakit maupun Puskesmas. Di dalam rumah sekalipun kita masih dapat terinfeksi penyakit akibat bakteri dan sangat perlu bagi para orang tua untuk selalu mengajarkan metode yang tepat untuk keluarga, terutama anak-anak. Hidup sehat dimulai dari pengajaran manfaat mencuci tangan pada anak-anak sejak usia dini.

Yuk mulai sekarang rajin-rajinlah mencuci tangan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment