Mengobati Batuk Secara Alami Dengan Jahe

Bagi Anda yang sedang mengalami kurang enak badan akibat influenza menyerang, jangan anggap sepele. Karena lambat laun bisa  membuat kondisi badan semakin drop. Segera lakukan pencegahan, bisa dengan mengonsumsi obat warung, pergi ke dokter atau cukup dengan meminum ramuan tradisional, salah satunya meminum jahe. Cara ini memang terbukti cukup ampuh, mengingat khasiat tanaman jahe sangat baik bagi kesehatan tubuh.


Saya terbiasa mengobati gejala-gejala batuk dan pilek dengan ramuan tradisional terlebih dulu, karena selain alami, bahannya mudah didapat dan caranya pun terbilang cukup mudah.
Segelas Jahe Segar - Blog Mas Hendra

Ketika menulis artikel ini, saya pun sedang mengalami sakit tenggorokan disertai batuk berdahak. Lalu istri saya menyarankan untuk mengkonsumsi jahe buatan beliau.

Caranya cukup simple, jahe dicuci terlebih dulu (tanpa dikupas), lalu diparut, kemudian diperas dan ditambahkan air secukupnya agar tidak terasa terlalu pedas. Kemudian bisa ditambahkan sedikit perasan kencur yang sudah dicuci+diparut terlebih dulu. Tanpa ditambah gula, ramuan jahe+kencur siap diminum. Minumlah satu gelas setiap hari sampai gejala batuk hilang. Rasa pedas alami akan memudahkan dahak keluar.

Rasanya?

Terasa pedas dan agak pahit, tapi sangat melegakan tenggorokan. Untuk menambah cita rasa, Anda juga dapat menambahkan jeruk nipis, gula merah atau madu, sesuai dengan selera masing-masing.

Manfaat jahe diantaranya :

- Mengobati perut kembung
- Mengurangi rasa mual
- Mengurangi demam dan batuk
- Melancarkan peredaran darah

Demikian artikel kali ini mengenai cara mengobati batuk secara alami dengan jahe. Bagi yang mau menambahkan resep minuman jahe, boleh banget nih komen di sini.

Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

- Cara Mengatasi Lupa Password Pada Android
- Inspirasi Diadakannya Pesta Bikini Pelajar

20 comments

Musim panas seperti sekarang ini memang rawan sakit tenggorokan mas saya juga kadang kena biasanya saya minum rebusan air jahe saja

Reply

Iya nih, satu lingkungan pada batuk kabeh. La coba itu....

Reply

Betul mas, sangat ampuh kalau jahe karena ketika saya batuk juga saya mengandalkan jahe sebagai terapi.

Reply

Pas! Gue nemu postingan ini ketika lagi batuk juga. Udah minum obat warung masih kurang mempan. Dicoba deh nanti bikin jahe. Thanks :D

Reply

gue blm pernah nyicip jahe sih kalo buat ngatasin batuk, tapi biasanya kalo gejala gejala mau batuk gitu gue langsung banyak banyak minum air putih mas, tapi jahe enak loh kalo diminum pas lagi ujan ujan gitu :D

Reply

Ampuh banget mas Adam... 😀

Reply

Coba mas, cukup ampuh kok, jahe getoh loh

Reply

Yup, air putih juga bagus kok. Wah kalo lagi hujan-hujan mah, butuh yang ANGET mas, bukan sekedar jahe

Reply

Batuk pak haji?. Minum jahenya nih, smriwing.. Jahe itu tanaman yang buanyak manfaatnya ya mas sampai dibikin jadi bansus, dan macam-macam minuman lainnya. Karena efeknya yang bikin anget maka, mungkin ini yang membuat virus jadi nggak betah. Saya kalau lagi flu biasanya cukup minum obat herbal yang ada ginger-nya. Cekokin beberapa kali dan tiduran. Alhamdulillah, jarang pergi ke dokter.

Reply

Kalo saya sering banget mengkomsumsi jahe campur susu, alias susu jahe enak diminum malam2 habis pulang kerja segeerrr,,,,

Reply

Baru kali ini jahe jadi bansus. Iya lebih enak minum jahe. bagus juga tuh mas Ary jarang ke dokter.

Reply

Wah enak banget tuh, namanya SUHE dong, susu jahe. Jangan lupa ditambahin madu juga, biar rasanya makin joss.

Reply

Iya belum pernah coba saat batuk minum jahe, patut dicoba tuh ya nanti ya, tapi semoga saja gak batuk dong ya, kalau-kalau nanti batuk.. hehehe.. Sebagai pengganti kalo kebanyakan ngopi, emang enak tuh ya susu jahe, anget-anget gimana gitu ya... Siippp makasih informasinya mas hendra, semoga sehat selalu aja, amin.. :)

Reply

Aamiin... Makasih mas Diar. Ngopinya jangan kebanyakan, hehehe

Reply

kalau di makassar minum jahe gini namanya sarabba, enak banget deh

Reply

Wah ilmu baru lagi nih. Ternyata setiap daerah memiliki namanya masing-masing ya, baru tau saya...

Reply

Saya kurang suka nih mas sama Jahe
mending baca komik ekh minum komik aja biar sembuh batuk'a :D

Reply

Mau yang lebih simple bisa pilih obat batuk sachetan ya mas...

Reply

gue juga sering batuk2
perlu di coba ne resepnya

Reply

Cobalah, sebelum rumput patah

Reply

Post a Comment