Kehamilan dan Serba Serbinya

Pada artikel kali ini, saya akan membahas serta berbagi sedikit pengalaman istri saya selama masa kehamilan anak kami yang kedua. Baca dulu artikel sebelumnya tentang pengalaman seru melihat langsung proses persalinan istri saya yang kedua di sini.

Lagi Nyantai Bersama Seonggok Bedak - Blog Mas Hendra
Saya lagi nyantai diantara seonggok bedak dan peralatan bayi lainnya

Semoga saja melalui artikel yang cukup singkat ini, dapat membantu Anda yang sedang mencari artikel seputar kehamilan dan hal-hal lain yang menyertainya, seperti : apa saja yang harus dilakukan selama masa kehamilan, pantangan apa saja yang harus dihindari sampai pada masalah seputar mitos saat melewati masa kehamilan.

Nggak pernah USG (Ultrasonografi)

Seperti yang kita ketahui, USG bukan hanya untuk mengetahui jenis kelamin dari janin di dalam kandungan, tetapi yang paling penting adalah untuk mengetahui posisi bayi di dalam kandungan. Apakah berada dalam posisi yang baik/aman atau berbahaya.

Terlepas dari itu semua, selama masa kehamilan, kami nggak pernah sekalipun melakukan USG, karena memang kami sengaja untuk mempertahankan rasa penasaran dan agar menjadi kejutan bagi kami nantinya. Bayi perempuan kah atau laki-laki yang akan keluar.

Kegiatan istri pada masa kehamilan

Pada bulan pertama sampai kelima masa kehamilan, istri saya lebih memilih untuk menjaga kandungan yang masih berusia muda dengan mengurangi aktivitas-aktivitas berat di rumah. Seperti masang genteng, ngecor, gali sumur maupun pasang keramik. Ini istri atau kuli????

Bulan kelima sampai kesembilan, istri saya kembali beraktivitas seperti biasa, seperti : masak, membereskan rumah bahkan tetap mengendarai motor (INGAT!! kondisi setiap orang hamil akan berbeda), namun tetap pada porsi yang wajar dan nggak berlebihan, mengingat perut semakin besar dan berat.

Mendekati masa kelahiran, istri saya lebih banyak bergerak guna melatih otot perut, pantat dan rahim, agar proses persalinan berjalan lancar. Salah satunya seperti memperbanyak posisi sujud (gerakan dalam sholat). Subhan Allah...

Kalo kata orang banyak mah, biar si bayi gampang mencari jalan keluar, maka si Ibu dianjurkan untuk banyak bergerak.

Pantangan pada masa kehamilan

Demi menjaga kondisi janin di dalam kandungan, istri saya dilarang untuk mengkonsumsi segala jenis obat warung, jamu, alkohol, suplemen, kopi dan segala jenis mie. Termasuk mengkonsumsi uang rakyat.

Jadi kalo misalkan istri sakit pusing atau masuk angin, jangan langsung minum obat yang dibeli di warung, tapi konsultasikan lebih dulu sama Bidan atau dokter kandungan ya. Biar si Ibu dan janin tetap sehat dan aman.

Mengkonsumsi makanan bergizi

Jaga selalu pola makan dengan rajin mengkonsumsi makanan yang bergizi selama masa kehamilan. Dan konsumsi juga susu khusus Ibu hamil. Seperti yang biasa dikonsumsi istri saya, yakni susu Prenagen Ibu hamil. Ingat!! Ini bukan bagian dari promosi.

Mitos orang yang lagi hamil

Nah ini nih yang paling nggak banget!! Masyarakat kita (terutama orang tua dulu) cenderung percaya pada mitos yang berkembang di tengah masyarakat. Banyak banget mitos-mitos yang menimpa ibu yang sedang hamil.


Pada ibu yang sedang hamil, banyak banget pantangan atau pamali yang mungkin bisa dibilang nggak masuk akal. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya yang lain : Mitos Seputar Ibu Hamil.

Banyakin berdoa dan ibadah

Banyak-banyaklah beribadah dan jangan lupa selalu berdoa biar dimudahkan dan dilancarkan selama masa kehamilan sampai pada proses persalinan. Biar diberikan dede bayi yang sehat, sempurna dan sesuai harapan si Ibu. Biar mendapatkan keturunan yang soleh/solehah.

Banyakin dzikir

Dzikir berfungsi melindungi diri dari segala kejahatan setan dan manusia. Dzikir juga dapat selalu mendekatkan kita dengan Allah, sehingga senantiasa selalu dalam lindunganNya.

Seperti peristiwa MISTIS yang pernah dialami oleh istri saya sewaktu di tol Cipularang saat usia kandungan berjalan 4 bulan. Penasaran??? Baca artikelnya disini.

Perdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an

Musik klasik memang dipercaya dapat merangsang pertumbuhan janin di dalam perut. Tapi yang terbaik adalah perdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an. Percayalah...

Tanda-tanda persalinan

- Biasanya dimulai dengan kontraksi otot yang kuat pada rahim serta disertai rasa sakit pada tulang belakang yang menjalar ke pinggang dan perut bagian bawah.

- Keluarnya lendir yang bercampur darah vagina.

- Pecahnya ketuban disertai keluarnya air kawah dari vagina.

Semoga bermanfaat...

8 comments

Perbanyak nonton film jepan mas
biar kalo anak'a cewe trus istri'a ngidam sama artis jepang kata'a muka'a bisa mirip :D

Reply

wahhh kayanya jadi ayah yang siaga nih jadi tahu semua hihihihihiii

Reply

Iya mesti Mas Irwin, biar tau seperti apa proses persalinan itu...

Reply

Wah nggak ngaruh Mas Ilham...

Reply

Ada yang kelewat kayaknya
Selama hamil anaknya sering ditengokin gak..?
#sambitpanci...

Reply

Wah kalo "silaturahmi" mah penting itu, gkgkgkgk...

Reply

wii mas hendra keren. Tau semua ttg kehamilan. :)

Bener mas, bawaan orang hamil pd setiap orang berbeda-beda ya mas.
Iya mas, sebagus-bagusnya musik klasik, lantunan ayat suci lebih bagus diperdengarkan ke calon bayi ya mas..

Kok saya ngilu ya mas baca tanda-tanda persalinannya :( huhuu

Reply

Ya masih segar dalam ingatan, haha..

Yoi, bawaannya pasti beda-beda. Iya dong, nanti wulan coba aja praktekin ke dede bayi

Ya, pasti nanti wulan juga ngalamin kok...

Reply

Post a Comment