Mitos Seputar Ibu Hamil

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia, khususnya di pulau Jawa (karena saya tinggal di pulau Jawa), selalu memiliki cerita unik dan menarik seputar mitos yang sering beredar di tengah masyarakat. Khususnya mitos seputar ibu yang lagi hamil.


 
Mungkin banyak sekali pamali-pamali yang 'menghantui' ibu-ibu yang lagi hamil, yang justru malah menjadi beban bagi si ibu itu sendiri. Kalo saya lihat, mitos tersebut masih ada sampai sekarang dan masih dipercaya oleh sebagian masyarakat. Kan kasihan si ibu, nggak menikmati hidup dan malahan menjadi beban bagi si ibu.
 
Penampakan Perut Buncit Ibu Hamil - Blog Mas Hendra

Seperti yang belum lama ini dialami oleh istri saya sendiri ketika lagi hamil anak kami yang kedua. Banyak yang bilang, nggak boleh ini, nggak boleh itu, harus begini, harus begitu. Malah jadi pusing pala Berbi. Kami pun nggak mau ribet.
 
Baca juga artikel : Ketika Mitos Telah Mendarah Daging.

Dan berikut adalah beberapa mitos seputar ibu hamil yang katanya 'mesti' dilakukan, tapi istri saya sama sekali nggak pernah mengikuti sarannya, hihihi...
 
1. Keluar rumah rambut harus diurai (versi Jawa), supaya kuntilanak takut

Mitos keluar rumah ini ada dua versi. Saya baru tau, mitos juga ada versi-versian segala. Versi pertama, versi orang Jawa, rambut harus diurai kalo mau keluar rumah, katanya supaya kuntilanak takut melihat kita. Padahal mah nggak ngaruh, mau diiket mau nggak juga.

Yang bener mah, kalo mau keluar rumah ya baca doa keluar rumah dong. Ngapain juga ngurusin rambut. Nah kalo rambutnya botak kayak Upin Ipin gimana tuh?
 
2. Keluar rumah rambut harus diikat (versi orang Sunda), supaya dikira kuntilanak
 
Yang ini kebalikan dari mitos yang pertama. Kalo keluar rumah, rambut harus diikat, katanya supaya nggak dikira kuntilanak. WTF?????? Sekali lagi kasian dong ibu hamil yang botak kayak Upin Ipin, gimana mau iket rambutnya.
 
Udahlah bro, berdoa saja kalo mau keluar rumah biar selamat.
 
3. Nggak boleh gulung-gulung, seperti gulung selang, gulung benang apalagi sampe gulung tiker. Takut si bayi terlilit ari-ari

Kejadian ini dialami oleh rekan sekamar istri saya di ruang persalinan. Beliau bercerita, sewaktu hamil, dia 'rajin' mengikuti mitos yang melarang menggulung-gulung sesuatu, supaya saat melahirkan nanti, tali pusar si bayi nggak terlilit, eh yang terjadi malah sebaliknya bro, tali pusar si bayi malahan terlilit sewaktu proses persalinan.
 
Lah sementara istri saya cuek saja gulung-gulung apa saja sewaktu hamil, dan Alhamdulillah, sewaktu melahirkan, tali pusar si bayi malah normal. Aneh kan kalo dipikir secara logika.
 
4. Nggak boleh bakar sampah, takut item / gosong

Selama hamil, dilarang untuk membakar sampah, dedaunan maupun uang. Kalo larangan ini dilanggar, nanti anaknya menjadi hitam. Padahal istri saya rajin banget membakar sampah di samping rumah, dan anak kami pun Alhamdulillah nggak seperti yang dikhawatirkan oleh mitos tersebut.

5. Nggak boleh menjahit, takut daun telinga anaknya bolong

Ada lagi mitos yang bilang selama hamil dilarang menjahit. Nanti takut daun telinga anaknya menjadi bolong. Istri saya sih nggak pernah menjahit selama hamil, tapi telinga anak saya bolong, hidung anak saya juga bolong dan dompet saya juga bolong kalo mendekati akhir bulan. 
 

6. Nggak boleh motong-motong, seperti motong daging ayam, motong ikan, takut anaknya lahir cacat

Selama hamil istri saya malah sering masak yang mengharuskan memotong bagian daging ayam maupun ikan. Sebenarnya sih nggak ada hubungannya secara langsung, tapi mitos ini dipercaya cukup 'mumpuni' di tengah masyarakat, karena sudah ada beberapa kasus. Entahlah....

7. Harus membawa gunting lipat, peniti maupun bangle (sejenis rempah seperti jahe) supaya dijauhkan dari gangguan jin

Banyak yang memberi 'nasihat' untuk membawa gunting lipat saat hamil, bahkan meletakkan gunting lipat tersebut di kasur saat sedang tidur sekalipun. Mitos ini memang benar-benar sesat, mana ada jin takut sama gunting. Bila Anda mempercayainya, dikhawatirkan akan terjerumus ke arah syirik.

Selama masa kehamilan, istri saya nggak pernah melakukan hal-hal konyol tersebut. Yang jelas, tetaplah berzikir supaya dilindungi dan dijauhkan dari segala gangguan jin.

Mitos yang saya sebutkan diatas hanyalah sebagian kecil saja sih, sebenarnya masih banyak mitos-mitos seputar ibu hamil yang lainnya. Jadi jangan asal percaya mitos ya bro, karena belum terbukti secara ilmiah dan terkadang malah nggak masuk akal.
 
Semoga bermanfaat ya...

Baca juga artikel lainnya :

- Siapakah Anonymous?
- Apa Kabarnya Koran
 

8 comments

tambahan katanya nya tidak boleh melukai hewan juga mas... dan selamat yah mas atas kelahiran buah hatinya.......

Reply

Kalo melukai hewan memang siapapun juga sebisa mungkin ya dihindari, bukan cuma ibu hamil doang sih

Reply

Mas saya orang sunda tapi gtau yah mitos" hamil diatas? -_-

Reply

Hihi, kebetulan ibuku sih gak banyak pamali. Ipraku hamil dia "cuek" aja, katanya yang penting ibunya happy pasti anaknya sehat. Ibuku dulu gak pernah gulung2, tapi pas lahir aku kebelit ari-ari :D

Reply

Saya juga baru tau nih mas, soalnya baru ngalamin sekarang...

Reply

Yup betul banget, yang penting si ibu dan anak sama-sama happy. Ya gitu deh, kadang-kadang nggak nyambung mitosnya

Reply

ini blog informatif tapi rada pele ya..
hahahaa
kerennn

Reply

Makasih udah mampir, tapi BTW pele apaan ya?! Pemain bola kah???

Reply

Post a Comment