Kelebihan Facebook Dibanding Sosmed Lainnya

Keberadaan sosial media yang belakangan ini tumbuh menjamur, sudah barang tentu memberikan kemudahan bagi siapapun penggunanya untuk saling berinteraksi satu sama lain. Salah satunya adalah Facebook, jejaring sosial yang muncul pada tahun 2004 dengan pengguna telah mencapai semilyar lebih di seluruh dunia, merupakan jejaring sosial yang paling populer pada saat ini. Kemudian selain Facebook ada juga LinkedIn, Twitter, Path, Instagram (basis foto) dan lain sebagainya.

Saya pun salah satu pengguna jejaring sosial tersebut. Tak dapat dipungkiri, kebutuhan akan informasi dan kebutuhan untuk saling berinteraksi antar sesama teman, relasi, rekan kerja maupun saudara, telah memaksa siapapun untuk membuat akun pada raksasa jejaring sosial tersebut dan menemukan sejuta hal baru didalamnya.

Untuk dapat mengakses ke akun Facebook Anda, saat ini tidak melulu dapat dilakukan melalui sebuah komputer (PC) maupun laptop, namun ponsel pintar zaman sekarang pun telah mampu untuk mengaksesnya. Tak heran, banyak pengusaha warnet yang gulung tikar akibat semakin menurunnya para pengguna komputer belakangan ini. Kalaupun ada, warnet sekarang kebanyakan hanya sebagai game online.

Lalu apa kelebihan Facebook ?

01. tempat promosi

Tujuan dari jejaring sosial semisal Facebook jelas, salah satunya adalah untuk saling berinteraksi satu sama lain di dunia maya. Apakah hanya sebatas itu saja? Saya rasa tidak, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Facebook. Luangkan waktu sejenak untuk membuka akun Facebook Anda dan lihatlah peluang bisnis yang bisa Anda lakukan didalamnya.

Disana Anda dapat mempromosikan berbagai barang dagangan kepada teman-teman Facebook Anda melalui sebuah group maupun halaman (page) untuk membantu memudahkan usaha bisnis online Anda.

Lihatlah, betapa untungnya Facebook bagi Anda yang pandai memanfaatkan celah bisnis didalamnya. Semakin banyak teman Anda di Facebook, semakin besar pula peluang Anda dalam memasarkan produk-produk Anda.

02. dapat banyak teman di dunia maya

Berselancar di dunia maya melalui jejaring sosial seperti Facebook, tentu saja Anda dapat menemukan banyak teman baru. Atau bahkan tidak tertutup kemungkinan Anda dapat menemukan teman SD Anda, teman SMP, SMA, atau.... Ehmmm.. mantan.

Ajak orang tua, sepupu, keponakan Anda untuk membuat akun jejaring sosial dan memulai berinteraksi melalui dunia maya. Tentu saja hal ini dilakukan bila Anda terpisah jarak yang jauh dengan mereka. Mudah kan??? Jarak bukan lagi menjadi penghalang  selama komunikasi tetap dapat dilakukan meskipun hanya sebatas melalui dunia maya.

03. temukan hal-hal baru

Segala hal-hal unik, seru, bahkan sampai hal-hal yang ekstrim seringkali saya temukan di Facebook. Loh kok bisa? Berbagai postingan tersebut biasanya datang dari teman-teman saya di Facebook. Teman-teman dari berbagai belahan dunia, pastinya memiliki sejuta pengalaman yang mereka share melalui sebuah postingan semisal foto.

04. sebagai pusat informasi

Bagian yang paling saya sukai dari Facebook adalah membaca berita-berita terupdate yang berasal dari portal berita lokal maupun mancanegara. Kalo dari lokal banyak kok, misalnya : detikcom, VIVAnews atau Tribunnews.


Salah satu portal berita lokal yang saya LIKE
Berbagai info mulai dari info kesehatan, musik, tips dan lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di Facebook.

05. bisa ikutan komunitas maupun grup


Banyak sekali komunitas di Facebook yang bisa Anda ikuti. Sesuai dengan hobi masing-masing. Untuk yang hobi menulis bisa ikutan komunitas blogger maupun komunitas menulis. Yang hobi motor dan mobil bisa ikutan komunitas otomotif. Pokoknya banyak deh.


Untuk mengasah kemampuan menulis dan melatih otak, salah satu komunitas menulis yang saya LIKE
Biasanya masing-masing komunitas terkadang mengadakan semacam gathering atau kopi darat bagi sesama anggotanya. Asyik kan??

06. tempat share terbaik

Bingung mau share postingan maupun foto dari Facebook tapi gak mau dilihat orang lain? Anda dapat share apapun ke dalam akun pribadi Anda sendiri, "share only me".

Catatan yang Anda buat pun bisa Anda share maupun protect, cuma Anda saja yang dapat membuka catatan tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat men-share artikel dari blog Anda di Facebook dan biarkan teman-teman Anda mengunjungi blog Anda dan membacanya.

07. bisa menulis diary

Nih khusus yang suka nulis catatan harian yang sifatnya pribadi, bisa juga menuangkannya ke Facebook. Mau di share ke orang lain atau di simpan dalam catatan Anda? Hanya Anda saja yang dapat mengaksesnya. Catatan segalau apapun bisa disimpan di dalam akun Facebook Anda.

Itulah kelebihan Facebook dibanding sosmed lainnya dan hal-hal yang biasa saya lakukan di Facebook. Dan mungkin masih banyak hal lainnya yang bisa Anda lakukan. Ada tambahan dari pembaca???

Semoga bermanfaat....

Post a Comment