Lain Dulu Lain Sekarang (Kenangan Masa SMU)

 
http://hendrasuhendra176.blogspot.com/2014/05/lain-dulu-lain-sekarang-kenangan-masa.html
Latihan Paskibra SMKN 47, Jakarta Selatan

Bismillah…

Kamis, 01 Mei 2014,

Apa yang sobat pikirkan ketika mengingat kenangan masa sekolah dulu (khususnya masa SMU) ?. Prestasi yang membanggakan, kenakalan remaja atau bahkan keinginan untuk mengulang kembali ke masa SMU dulu?.

Kalo saya bandingin masa sekolah saya dulu (1997-2000) dengan masa sekolah sekarang (2014 dst), sangat jauh berbeda, mulai dari fasilitas sekolah itu sendiri, gadget yang dibawa siswa sampai kendaraan pribadi untuk bersekolah.

Kemajuan teknologi yang cepat telah “memaksa” kita untuk ikut merasakan efek atau dampak dari kecanggihan teknologi  tersebut. Mulai dari elektronik, gadget, internet dan lain sebagainya. Pun tak lepas sekolah sekarang juga ikut merasakan dampak dari kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat tersebut.

Langsung aja kita lihat beberapa hal yang membedakan sekolah dulu dengan sekolah jaman sekarang :

1. Gadget
Jaman saya sekolah dulu belum ada yang namanya HP, mungkin lagi ngetop yang namanya Pager (bukan yang di depan rumah yaa), tapi kalo sekarang sebagian besar siswa sudah banyak yang memiliki hp-hp canggih untuk Pesbukan, Twitteran dan yang terbaru Path.. hehehe.. Semuanya memiliki nilai positif kalo digunakan secara bijak kok.

2. Social Media
Siswa sekarang sudah pasti mengenal ruang lingkup Social Media, mulai dari Facebook, Twitter, Path, Instagram dan Pinterest. Wah jaman saya dulu boro-boro ada yang namanya social media, paling banter ya pada surat-suratan alias manual. Karena Facebook sendiri baru di luncurkan pada tahun 2004. sumber.

3. Banyak Yang Membawa Kendaraan Pribadi (biasanya motor)
Kalo saya liat anak sekolah saat ini sudah banyak banget yang naik motor untuk ke sekolah (meskipun motornya dibeliin, judulnya tetap naik motor, hehehe…),  baik itu anak cowok atau cewek, sebagian besar sudah pada bawa kendaraan masing-masing. Biasanya jalannya berbarengan alias konvoi dan (kebanyakan) jarang yang pake helm, hayooo ngaku daah!!.

4. Fasilitas Sekolah Semakin Hari Semakin OKE
Meskipun jaman saya dulu, sekolah sudah ok, tapi sekarang makin tambah ok, Mulai dari gedung yang “ciamik”, fasilitas internet plus Wi-Fi, fasilitas antar jemput dan lain sebagainya. Itu semua untuk menunjang proses belajar mengajar para siswa. Bahkan saking ngetopnya ntu sekolah, sering di pake untuk syuting pelem.

5. Hasil Ujian Dapat Diakses Melalui Internet
Kalo dulu hasil ujian harus lihat langsung di sekolah masing-masing, tapi sekarang cukup buka internet sudah bisa akses hasil ujian para siswa. Katanya sih untuk mengurangi tingkat “ritual lulusan”, yaitu : MENGGAMBAR BEBAS DI SERAGAM, ALIAS CORET-CORETAN. Tapi kenyatannya masih banyak saja yang coret-coretan.. (unforgettable moments).

6. Sistem Pembagian Rapor Jadi Per Semester
Sistem pembagian rapor atau hasil evaluasi pelajaran berubah dari caturwulan (3 x dalam setahun) menjadi semester (2x dalam setahun). 

7. Kualitas Mata Pelajaran Semakin Meningkat
Mutu pendidikan memang harus selalu ditingkatkan demi menunjang “lahirnya” anak-anak yang berprestasi untuk “menjawab” tantangan jaman yang semakin hari semakin berkembang sangat pesat.

Kalo saya perhatikan mata pelajaran adik saya di kelas 1 SMU sangat jauh berbeda dengan pelajaran saya di kelas yang sama beberapa tahun silam. Singkatnya semakin sulit alias susah bin sukar (atau emang saya aja yang gak mau ambil pusing mikirin pelajarannya, hehehe…).

Saya rasa cukup sekian “pemikiran” sederhana yang saya tulis melalui blog ini. Namun yang jelas mutu dan kualitas siswa harus semakin bagus, agar bisa menjadi siswa yang berprestasi bagi masyarakat, bangsa dan Negara.

Dan untuk seluruh adik kelas nih yang lagi baca blog ini, saya berpesan : kejarlah cita-citamu sekuat tenaga kalian, belajar yang rajin (ingat!! Orang tua bekerja keras banting tulang untuk bayar biaya sekolah kalian lho), jangan mudah menyerah, torehkan prestasi kalian ke hal yang positif dan be a creative person. Biar orang tua kalian bangga dengan prestasi yang kalian dapat.

Kalo ada sobat blogger yang mau nambahin silahkan share…

Post a Comment