Larangan Keluar Rumah Bagi Anak-Anak Saat Maghrib. Mitos Atau Fakta?

Larangan Keluar Rumah Bagi Anak-Anak Saat Maghrib - Blog Mas Hendra
Menjelang maghrib/gambar : wajibbaca.com

Anak-anak biasanya identik dengan bermain. Selain bermain di dalam rumah, anak-anak juga bermain di luar rumah, berinteraksi dengan teman-teman dan juga lingkungannya. Namun karena saking asyiknya bermain, terkadang anak-anak sampai lupa waktu, dan tidak menghiraukan jika waktu sudah hampir maghrib. Nah biasanya menjelang maghrib, para orang tua khawatir dan melarang anak-anaknya untuk keluar rumah.


Seperti yang kita sering dengar, kalau waktu maghrib tiba, ada banyak jin dan setan yang bergentayangan sewaktu bumi berganti waktu dari siang ke malam saat maghrib. 

Sebenarnya larangan keluar rumah bagi anak-anak saat maghrib tiba, mitos atau fakta sih? Apakah ada penjelasannya secara ilmiah? Mari kita simak penjelasannya.

Baca juga artikel menarik lainnya : Ketika Mitos Sudah Mendarah Daging

Kalau dilihat dari kacamata Islam, sebenarnya larangan keluar rumah bagi anak-anak ketika waktu maghrib tiba sudah diwanti-wanti sejak 14 abad yang lalu oleh Rosululloh. 

Dalam sebuah hadits,  Nabi menjelaskan, "Jangan kalian membiarkan anak-anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam, sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam" (Dari Jabir dalam Shahih Muslim).

Lalu dalam hadits lainnya, "Jika sore hari mulai gelap, tahanlah bayi-bayi kalian, sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu. Jika sesaat dari malam telah berlalu, maka lepaslah mereka, kunci pintu rumah dan sebutlah nama Allah, sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat minum kalian dan sebutlah nama Allah dan tutup tempat makan kalian dan sebutlah nama Allah, meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya".


Penjelasan Secara Ilmiah

Ternyata hadits yang disampaikan oleh Rosululloh ada penjelasannya loh. Seperti yang dijelaskan oleh Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS. dalam bukunya yang berjudul "The Science of Shalat" menjelaskan bahwa saat menjelang maghrib, alam akan berubah spektrum cahaya berwarna kemerahan. Nah cahaya ini dihasilkan dari gelombang elektromagnetik yang setiap warnanya memiliki perbedaan frekuensi, energi dan panjang gelombang.

Perubahan warna spektrum cahaya ini ternyata serasi dengan frekuensi jin dan iblis, yakni warna merah. Kekuatan mereka akan bertambah karena memiliki gelombang yang sama dengan alam dunia.

Di dalam kacamata Islam, setan akan datang secara bergerombol bersamaan dengan datangnya waktu malam, dengan tujuan mencari tempat tinggal untuk berlindung. Mereka akan mencari wadah yang kosong, rumah kosong, ikut duduk diantara orang-orang yang tengah duduk, dan bahkan mengganggu anak kecil hanya untuk mendapatkan tempat bernaung. 

Mungkin ada orang tua yang pernah melihat anaknya tiba-tiba berteriak atau menjerit saat maghrib tiba. Itu karena setan sudah merasuki tubuh si anak tadi. 

Demikian artikel tentang larangan keluar rumah bagi anak-anak saat maghrib tiba

Semoga bermanfaat.

Referensi :

wwwdotkabarmakkahdotcom


You May Like This :


EmoticonEmoticon