Percobaan Penjambretan di Angkutan Umum


Percaya atau tidak, yang namanya pengalaman itu bisa datang dimana saja, kapan saja dan dialami oleh siapa saja. Saya juga percaya bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Ngomongin masalah pengalaman, saya mau sharing salah satu pengalaman yang diutarakan oleh seorang wanita asal Depok. Postingan tersebut saya dapatkan dari salah satu grup di Facebook. 


Akun yang bernama mba Intan Tije ini sharing pengalaman (agak) pahit yang dialaminya ketika naik angkot dengan posisi duduk di depan samping pak supir. Ia mengaku sesaat setelah menelepon, hapenya tidak langsung disimpan di dalam tas, tapi dipegang saja. Ketika angkot berjalan sangat lambat melintasi kawasan Jembatan Panus, Depok, tiba-tiba ada tangan dari luar yang ingin merampas hape yang dipegangnya. Karena si pejambret kalah kuat, mba Intan pun berhasil mempertahankan hapenya dari aksi si pejambret. Si pejambret pun berhasil kabur mirip koruptor yang suka kabur.

Baca juga artikel menarik lainnya : 

Yang membuat ia heran adalah kenapa tiba-tiba angkot berjalan sangat lambat ketika melintas persis di depan Jembatan Panus tersebut. Sempat curiga juga sih dengan supirnya, barangkali saja si supir ada kolaborasi dengan si pejambret. Kejadian ini ia alami sekitar jam 20.30.

Berikut adalah screenshot postingan mba Intan :


Seperti kita ketahui bersama, aksi kejahatan di dalam angkutan umum memang seringkali terjadi, dan biasanya kaum wanita yang paling sering menjadi incarannya. Karena itu kita harus selalu waspada ketika berada di luar rumah, khususnya di dalam angkutan umum.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari pengalaman ini adalah :

1. Waspada
Tetap waspada dimanapun Anda berada. Jangan sekali-kali lengah, bengong atau melamun, karena selain mudah menjadi sasaran korban aksi kejahatan, biasanya orang-orang tipe seperti ini lebih mudah terkena kejahatan hipnotis. 

2. Jangan main hape sembarangan
Main hape sih boleh saja guys, tapi lihat situasi dan kondisi. Yang tidak boleh itu mainin perasaan, *eh... Dan lihat juga tingkat kepentingan bermain hape, kalau tidak penting banget, sebaiknya jangan buka-buka hape, apalagi di jalan atau di dalam angkutan umum.

3. Jangan pergi sendirian
Kalau tidak penting banget sih sebaiknya jangan bepergian sendirian, kalau memang jomblo dan mau bepergian, minta diantar sama teman, saudara atau sahabat. Atau naik ojeg online bisa jadi pilihan tepat, mengingat tingkat kejahatan di dalam angkutan umum semakin tinggi.

4. Siapin uang receh
Supaya tidak mengundang aksi kejahatan di dalam angkutan umum, sebaiknya jangan terlalu sering buka baju dompet. Siapin saja uang recehan secukupnya untuk ongkos atau sumbangan pengamen di dalam saku. Simpan dompet di tempat paling aman sedunia. Anda sendiri yang tahu dimana tempatnya, jangan tanya saya.

5. Kenali sekitar Anda
Ketika berada di angkutan umum, kenali wajah-wajah sekitar, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini bertujuan agar kita ingat wajah pelaku jika saja sewaktu-waktu terjadi kejahatan di dalam angkutan umum. Atau bisa saja Anda ketemu jodoh di angkot karena pandangan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya bukan?!

6. Hindari naik angkutan umum sepi penumpang
Biasanya ketika angkutan umum berhenti di terminal (ngetem), kondisinya masih sepi penumpang. Nah sebaiknya sih jangan naik dulu sampai penumpang sudah banyak. Tunggu saja dulu di luar angkutan umum hingga penumpang pada naik. Hal ini untuk menghindari terjadinya tindakan kejahatan di dalam angkutan umum, seperti perampasan, perampokan hingga pencopetan. 

Demikian beberapa tips menghindari kejahatan di dalam angkutan umum. Semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan setiap pengalaman yang disharing di sosial media, walau sekecil apapun semoga saja dapat diambil hikmah dan pelajaran berharga.













18 comments

Makasih sarannya mas hendra, saya yang biasa naik angkot juga pernah liat gerak-gerik yg aneh. ketika malem dan naik angkot sendirian, ada kelompok kayak preman gitu naik, melihat hal aneh itu, saya memilih turun segera di tempat yg cukup ramai (depan alfamart, dan milih jalan kaki lewat jalan yg udah sering dilalui. syukurnya udah deket.

Betul banget mas, sebaiknya kita tetap waspada, kalau sekiranya ada gerak gerik yang mencurigakan, lebih baik memilih turun dari angkot.

Kalo saya sih udah lama y bang g naik angkot
Sekalinya naik angkot kepanasan pas lagi panas
Atau keujanan pas ujan
Eh sialnya malah disuruh turun sama sopirnya

"Dek, turun dek jangan naik di atas!"
"Lah, Pak, yang namanya naik mah ya di atas."

Satu lagi bang, pake baju yg agak rombeng biar preman g ngincer kita

Kok lebih mirip supporter bola ya naik diatas mobil...

Baju rombeng nanti malah diciduk satpol pp

Betul mas, pengalaman adalah guru yang terbaik, pengalaman mbak Intan ini bisa kita jadikan pelajaran agar lebih berhati-hati saat naik angkot atau apapun, dan selalu waspada itu kunci untuk menjaga keselamatan kita apalagi ketika berada di tempat yang sepi.

Iya kang betul banget, kita juga perlu belajar dari pengalaman orang lain. Dan salah satunya apa yang sudah dialami sama mba intan ini, semoga bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi orang lain...

Naik angkutan umum banyak nggak enaknya dah tarifnya mahal sudah gitu rawan kejahatan lebih enak naik taksi online aman dan murah lagi satu keluarga muat

Betul mas Dwi, dan ini masih menjadi peer bagi pemerintah setempat untuk segera membenahi sistem angkutan umum, sehingga masyarakat tidak perlu takut lagi ketika naik angkutan umum. Apalagi sekarang sudah menjamur ojeg dan taxi online, pasti banyak masyarakat yang beralih dari angkutan umum, soalnya lebih nyaman meskipun tarifnya lebih mahal..

Gw sih kalo lagi di angkot biasanya main golok, jadi gak ada yang berani. Sopirnya aja segen mau minta duit ke gua. Boleh deh di share dan di like cara gw.

#ihik

saya sudah jarang naik angkot, untuk di kota saya sendirijam operasi malam angkot sudah tidak ada lagi. Kalau untuk tipsnya saya setuju banget terutama dengan uang recehan, seingat saya dulu sering disaranin ortu buat siapin uang pas biar gak lama pas bayar. Hitung-hitung menghindari hal yang tak diinginkan.

Kalo di daerah sih biasanya memang gak sampai malam hari angkot beroperasi, hanya di kota-kota besar tertentu saja. Kalo saya naik angkot, gak pernah buka dompet, karena saya selalu nyiapin uang recehan, jadi gak ribet ngobok-ngobok dompet di kantong celana...

iya sekarang harus hati2 banget, waspada lah
bawa aja seperlunya ya
tapi sekarang yang agak serem klo motoran malam2 sendirian di jalan sepi, harus banyak baca doa.

Iya nih harus mulai berhati-hati lagi. Kadang jambret juga suka nekat

Betul banget mba. Kita sebagai pengguna angkutan umum harus lebih waspada dan hati-hati lagi, mengingat para pelaku kejahatan semakin nekat dan tanpa perhitungan...

Intinya mah tetap memohon perlindungan dan dijauhkan dari segala tindak kejahatan bang.

iya sekarang banyak tindakan kejahatan apalagi kalo tempatnya sepi harus lebih waspada lagi..

Betul itu, harus selalu waspada dimana pun berada...


EmoticonEmoticon