Para Ayah, Menggendong Anak Ternyata Punya Banyak Manfaat

Setiap pagi hari, saya kebagian "tugas" untuk mengantar kakak Nabil ke sekolah. Momen ini, tentu saja gak mau dilewatkan begitu saja oleh si kecil, yakni dede Naufal untuk ikut naik motor mengantar sang kakak. Berhubung masih usia 2 tahun, dede Naufal saya ajak dengan cara memakai gendongan. Soalnya kalau dibonceng, belum bisa berpegangan teguh ke motor.


Pada umumnya, anak usia balita akan lebih sering digendong oleh mamahnya, itu adalah hal biasa di belahan bumi manapun. Yang agak jarang mungkin seorang ayah yang menggendong janda anaknya ketika bepergian, baik naik motor ataupun jalan kaki ketika jalan-jalan.

Baca juga artikel lainnya guys : Banyak Anak Banyak Rezeki

Tapi tahukah kalian, bahwa ada begitu banyak manfaat yang akan didapatkan ketika seorang ayah sering menggendong anaknya. Apa sajakah itu, berikut ulasannya :

1. Meningkatkan kedekatan antara ayah-bayi
Hubungan batin antara ayah-bayi akan semakin dekat, ketika sang ayah lebih intens menggendong bayi. Si bayi akan merasa lebih betah ketika berada di dekat sang ayah. 

2. Membantu meringankan pekerjaan istri
Mengurus bayi bukan hanya pekerjaan istri, walau peranan istri lebih dominan dibanding suami ketika mengurus bayi. Ayah pun bisa ikut membantu meringankan pekerjaan sang istri dengan cara menggendong si bayi sambil mencuci piring, mengepel, menyapu halaman rumah, membersihkan kamar mandi dan lain sebagainya.

3. Baik untuk IQ bayi 
Berdasarkan sebuah penelitian dari The University of New Jersey, anak yang lebih sering berinteraksi dengan ayahnya, memiliki IQ lebih tinggi dibanding anak yang kurang berinteraksi dengan ayah.

4. Figur ayah akan melekat
Seorang anak akan tumbuh dengan perasaan dicintai orangtuanya. Figur seorang ayah yang menyayangi keluarganya akan terbawa hingga kelak ia menjadi dewasa. 

Tuh kan banyak manfaat positif yang akan dirasakan oleh si anak ketika peran ayah turut dilibatkan dalam merawat dan membesarkan anak. Jadi jangan malu lagi untuk menggendong si kecil ketika ayah berada di tempat umum. Hal ini bukan karena takut dengan istri dan nurut apa kata istri, tapi sebagai bentuk rasa cintanya ayah terhadap sang anak. Jangan salah guys, ayah bule juga banyak yang menggendong anak-anaknya di tempat umum.

Tapi jangan kayak gini juga ya guys gendongnya :
Semoga bermanfaat.

Referensi :

FP Konsultasi Tumbuh Kembang Anak

16 comments

Wah bermanfaat gan, aku juga di didik oleh ayah karena aku tidak memiliki ibu sejak kecil :(

Kang Hendra gendongnya dengan cara yang terakhir ya, hahaha...

Dont try this at home... :D

Please dont try this at home kang,

Itu justru saya yang digendong kang, hahaha

saya turut sedih mas, ayah juga tentu saja berperan sebagai ibu juga ya mas....

manteeppp..... baca lg nih, ilmu yang bakal punya dede kecil

hot papa banget itu lah ya yang gendong anaknya :D, tapi gendongnya jangan kayak gambar yang terakhir :D

Iya mba, kalo yang terakhir mah kelewat HOT, hahaha, sampe gendong anaknya modek kayak gitu

Siap bang. Semoga bermanfaat buat para calon papah maupun papah muda...

bonding sama ayah memang banyak rupanya ya salah satunya menggendong, nemenin main kadang ada saja ayah yang sibuk sendiri seolah anak tak membutuhkan sosoknya *kesian*
btw gambar yang terakhir ko ngenes hahaha

Banyak juga manfaatnya ya, Mas,, bisa di praktekan disaat punya istri dan anak nanti nih :)
Kasian juga lah kalau di gendong seperti cara terakhir itu..hehe

Iya mas silahkan dipraktekan kalau nanti punya istri dan anak, tapi jangan kayak gambar yang terakhir ya, hahaha

Semoga saja dijauhkan dari sifat egois seperti itu ya teh, karena bagaimanapun seorang anak pasti membutuhkan sosok ayah atau ibunya untuk menemai segala aktivitasnya, agar merasakan perhatiannya...

Jangan ditiru gambar yang terakhir

Gw biasanya gendong eneng bekasi, wkwkwkwk

Jangan sampe, cukup ambil sisi positifnya. Apalagi itu tuh, komen dibawahku, mas Riza jangan ditiru. Kecuali eneng Bekasinya masih bayi :D

Mungkin si eneng Bekasinya masih dede bayi mas


EmoticonEmoticon