Manfaat Membawa Bekal Makanan ke Sekolah

Manfaat Membawa Bekal Makanan ke Sekolah - Blog Mas Hendra
Bekal makanan yang sehat dan lucu/Tempo.co

Seperti kita ketahui, beragam jajanan yang dijual di sekolah, seperti TK maupun SD, dikemas semenarik mungkin. Masalah kualitas maupun higienis terkadang sering diabaikan. Karena rasa dan bentuk yang menarik inilah memicu perilaku jajan sembarangan. Disinilah muncul kekhawatiran para orang tua untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama masalah kesehatan yang menimpa buah hatinya.



Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, para orang tua pun tidak kehabisan akal. Mereka kerap menyiapkan sendiri bekal makanan dan minuman untuk anak-anaknya. 

Seperti yang terbiasa dilakukan oleh istri saya. Agar Nabil tidak jajan sembarangan di sekolah, maka kami pun sering membawakan bekal makanan. Seperti roti selai coklat, roti gulung sosis, telur dadar dan lain sebagainya. Yang pasti menunya sesuai selera Nabil.

Jika memang tidak sempat keburu telat sekolah, paling kami hanya membelikan susu kotak dan beberapa potong biskuit. 

Seperti dikutip dari situs hellosehat.com ternyata membawakan bekal makanan untuk anak dapat memberikan banyak manfaat loh. Apa sajakah itu?

1. Menghemat Uang Jajan
Manfaat pertama adalah dapat menghemat uang jajan. Ketika si anak sudah dibekali makanan dari rumah, tentu saja kita tidak memberinya bekal uang jajan lagi. Sebagai gantinya, tentu saja uang jajan akan digunakan untuk keperluan lain, seperti menabung atau membeli keperluan sekolah. Selain itu juga sekaligus mengajarkan si anak untuk menerapkan perilaku hidup hemat dan cermat.

2. Makanan Lebih Higienis
Kita tidak perlu lagi merasa cemas dengan aneka jajanan di sekolah, karena sudah membawakan bekal dari rumah yang tentu saja kualitas makanannya jauh lebih higienis. Kesehatan si anak pun akan terjamin dan tidak mudah terserang penyakit, terutama sakit perut.

3. Nutrisi Anak Tercukupi
Selama masa pertumbuhan, kita juga harus memperhatikan dengan baik kebutuhan nutrisi anak, termasuk menu bekal makanan yang akan dibawanya. Salah satunya dengan memberikan asupan makanan yang sehat, seimbang dan bergizi. Dengan membawakan bekal makanan ke sekolah, setidaknya nutrisi anak dapat terjaga dan terpenuhi dengan baik.

Namun jika si anak tetap tidak mau menghabiskan bekal makanan yang sudah kita siapkan, apa yang sebaiknya kita lakukan? 

Baca juga artikel menarik lainnya : Pentingnya Mengantar dan Menjemput Anak Ketika Sekolah

1. Makanan Terlalu Banyak
Usahakan untuk tidak memberikan bekal kepada anak dalam jumlah yang banyak. Berikan porsi makanan dengan porsi yang biasa ia makan. Karena kalau anak sudah merasa kenyang, sementara makanan masih bersisa, tentunya makanan akan terbuang mubazir.

2. Masalah Pada Tempat Makan
Biasanya anak lebih tertarik dengan tempat makan dengan karakter lucu, seperti tokoh Doraemon, Upin Ipin dan lain sebagainya. Dan perhatikan juga porsi makanan dengan ukuran tempat makan. Kalau anak selalu tidak bisa menghabiskan makanan karena tempat makan yang terlalu besar, coba ubah dengan memberikan porsi yang lebih sedikit dengan ukuran tempat makan yang lebih kecil.

3. Anak Merasa Bosan
Bawakan bekal makanan yang bervariasi. Misalkan hari Senin membawa kentang goreng+telor dadar. Maka di hari berikutnya berikan menu yang berbeda, seperti roti gulung sosis. Begitu seterusnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa bosan pada anak. Selain itu juga agar nutrisi dan gizi si anak tetap terpenuhi dengan baik.

4. Makanan yang Sulit Dimakan
Jangan membawakan bekal makanan dimana anak akan kesulitan untuk memakannya. Misalkan si anak kesulitan untuk memotong daging ayamnya, atau khawatir tangannya lengket terkena buah-buahan. Jika demikian, maka persiapakan juga sendok atau garpu kecil untuk menyantap buah-buahan.

5. Bekal yang Kreatif
Para orang tua juga dapat menyajikan bekal makanan yang kreatif. Mengubah makanan maupun buah-buahan menjadi bentuk karakter hewan yang lucu dan menggemaskan. 

Manfaat Membawa Bekal Makanan ke Sekolah - Blog Mas Hendra
Gambar : kooliner.com

Namun jika anak masih tetap tidak mau menghabiskan bekalnya, sebaiknya berikan anak sarapan di rumah. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi kebiasaan jajan sembarangan di sekolah.

Semoga bermanfaat.



Share This Article


36 comments:

  1. Wah betul bgt tuh, orang tua yang cerdas pasti kasih bekal buat anaknya. Saya walaupun sudah SMK msih tetep bekal nasi dari rumah😂 lumayan menghemat uang jajan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah beruntung ya, masih dibawain bekal, uang jajan utuh dong, hehehe

      Delete
  2. Iya setuju banget bawa bekal itu lebih sehat, hemat dan higenis yang penting bekalnya bervariasi setiap harinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus setuju dong, hahaha... Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini

      Delete
  3. Hiegenis dan kreatif dalam mengolah makanan ini harus menjadi pertimbangan utama. Karena anak-anak suka sekali dengan aneka bentuk makanan, otomatis akan merangsang anak untuk memakannya.
    Hemat, pasti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, disini dibutuhin peran orang tua untuk lebih proaktif mempersiapkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk menyiapkan bekal makanan

      Delete
  4. membawa bekal kesekolah udah tak lakoni dari sejak SD hingga kuliah, bahkan hingga kerjapun selalu bawa bekal makan, abisnya ibue juga seneng banget sih nyiapin bekal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sering banget dibawain bekal mang,..

      Delete
  5. Yak, betul!! Hemat uang jajan itu perlu!! Untuk nabung. Lagian bawa bekal dari rumah lebih higienis. Lebih aman dan nyaman makan bekal buatan mamaku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener banget mba... Kesehatan lebih terjaga dengan baik

      Delete
  6. Memang mas jajanan diluaran nggak sepenuhnya terjamin misalnya saja banyak jajanan yang memakai bahan pewarna belum lagi kadaluarsa nggak jelas.Kebetulan saya mangkal di SD jadi tahu jajanan yang ada.Bawa bekal sendiri memang lebih aman tapi kalau terpaksa mau beli pilih makanan yang sehat seperti dagangan saya martabak manis mini bahan bakunya terjamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo model penjualnya macam mas Dwi mah, saya nggak khawatir, soalnya bahan-bahan yang dibuat pun jelas dan terjamin

      Delete
  7. Yang pastinya ,bekal sendiri lebih bergizi dari pada jajanan yg kita tidk lihat proses pembuatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bener banget mas, yang jelas kesehatan anak lebih terjaga

      Delete
  8. Anak saya suka banget kalk bekalnya dihias ala bemto. Semangat makannya walau sampe sekolah rada hanccur tapi agak repot juga karena kurang trampil
    Emaknya dan hrs bangun lebih pagi biar bisa leluasa berkreasi :D

    ReplyDelete
  9. Sampe sekarang kalau gowes jarak jauh aku biasanya bawa bekal mas. Selain hemat enak aja gitu, sampei tempat tujuan langsung bisa buka bekal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masa sih, kayaknya beli mie ayam sama bakso mulu deh, wkwkwkw

      Delete
  10. Anak-anak saya udah biasa bawa bekal sejak TK. Ketika yang sulung SMP, saya ngebolehin dia jajan. Tapi ternyata dianya yang gak mau. Alhamdulillah, saya malah jadi senang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung kalo begitu mah, itu karena dia sudah terbiasa dengan bekal makanan dari rumah

      Delete
  11. Bawa bekal itu kayaknya sudah mulai dibudayakan ya, kalo ga salah nanti tanggal 12 april akan diperingati hari bekal nasional juga ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. WOW, saya malah baru tahu tuh.. Trims ya infonya. Terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  12. Bawa bekal ke sekolah, itu bagus karena terjaga kebersihan makananya. Secara kan anak anak sukanya jajan yang belum tentu terjaga kebersihan makanan yang di jual bebas oleh pedagang pedagang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup pastinya Mas Amir.... Nanti bawain bekal ya, hehehe

      Delete
  13. Kalau bekalnya dibikin lucu-lucuu jd gatega makannyaa. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu jangan dibikin lucu-lucuan, nanti yang ada bekalnya nggak dimakan-makan, hehehe...

      Delete
  14. Waktu sekolah dulu saya juga sering bawa bekal, tujuannya ya itu tadi, supaya lebih hemat dan bisa nabung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Banyak banget manfaat positifnya Mas Defi...

      Delete
  15. Saya harus segera persiapan ini untuk anakku nanti kalau sudah waktunya sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapkan dari sekarang om, biar nanti tidak mendadak dan terbiasa juga... Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya

      Delete
  16. Saya sangat merekondasikan semua orang tua untuk melakukan hal ini, membawa bekal makanan buat anak sekolah memiliki banyak manfaat ya kang.. selain lebih sehat, lebih hemat juga terjamin segala sesuatunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya kang Maman. Orang tua juga dituntut lebih kreatif dalam menjaga kesehatan putra putrinya, termasuk menyiapkan bekal makanan ke sekolah

      Delete
  17. Annku sekarang juga bawa bekal makanan mas. Sama seperti aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus itu mba, secara turun temurun dikenalkan dengan kebiasaan ini

      Delete
  18. betul sekali mas hendra..

    jika wadahnya lucu dan menarik serta penyajian makanannya keren, bekalnya pasti langsung saya habiskan..
    eh maaf, dihabiskan anak saya maksudnya... hehehe...

    sekarang saya juga sering dibawakan bekal kalau pergi ngeluyur kerja mas, istri jadi kreatif gitu buat makanan agar saya tidak jajan sembarangan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini bapaknya yang pengen bekal kreatif, hehehe... Yup bawa bekal sendiri lebih menyehatkan dan pastinya hemat pengeluaran,

      Delete