Menjadi Gravitasi yang Bermanfaat



Saya masih ingat, Dosen mata kuliah agama Islam di kampus tempat saya kuliah, El-Rahma Education Center Jakarta, pernah berkata, "Setiap manusia memiliki gravitasi yang dapat menjadi magnet bagi orang-orang di sekitarnya". Pernyataan tersebut beliau sampaikan ketika memberikan mata kuliah agama Islam 16 tahun silam, atau tepatnya pada tahun 2001 lalu.

Secara garis besar, beliau menggambarkan jika setiap manusia memiliki potensi untuk menjadi magnet bagi sesama. Artinya apa? Manusia akan memiliki daya tarik tersendiri bilamana ia dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Kita dapat memberikan hal-hal yang bermanfaat dimulai dari hal yang paling kecil.
Tidak perlu menunggu menjadi orang kaya untuk dapat saling berbagi.
Tidak perlu menunggu menjadi orang hebat untuk dapat saling berbagi.
Tidak perlu menunggu menjadi orang pintar untuk dapat saling berbagi.
Karena siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk dapat saling memberikan manfaat bagi sesama.

LIFE IS SHARING. Itulah sekilas wejangan yang saya dapat dari dosen saya dulu. Alangkah senangnya jika saya dapat mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Beruntungnya, saya berusaha untuk mengimplementasikan nasihat berharga tersebut melalui aktivitas ngeblog. Siapa sangka, hanya dengan berbagi ilmu pengetahuan yang saya miliki maupun berbagi pengalaman berharga yang saya sharing melalui blog, justru mendatangkan berkah dan "hadiah" dari Tuhan, sekaligus segudang manfaat bagi saya pribadi. 

Sebagai seorang blogger, saya mulai aktif ngeblog dari tahun 2013 silam, ada begitu banyak pengalaman, baik suka maupun duka sewaktu ngeblog. Bahkan melalui aktivitas ngeblog juga, ada beberapa prestasi dan benefit yang sudah saya rasakan :

1. Mendapatkan hadiah dari lomba blog
Prestasi yang sudah saya dapatkan adalah berupa penghargaan, baik dalam bentuk materi maupun hadiah dari produk sponsor. 


Dapat smartphone untuk anak saya.


Juara 6 Lomba Blog Kota Indramayu - Blog Mas Hendra
Hadiah modem Andromax M3Y dari lomba blog Kota Indramayu. Modemnya saya pakai untuk internetan di rumah, jadi orang rumah maupun saudara yang berkunjung, bisa merasakan manfaat free wi-fi.


Juara 2 Lomba Blog Fashion Crowd Challenge - Blog Mas Hendra
Hadiah kamera Xiaomi Yi Action + uang tunai. Uang tunai ditabung untuk biaya sekolah anak saya.


Juara 2 Lomba Blog Cek Aja - Blog Mas Hendra
Hadiah kamera action + tongsis. Saya tidak perlu lagi membeli kamera action dan tongsis.

Juara Harapan 2 Lomba Blog Prive Uri Cran - Blog Mas Hendra
Hadiah uang tunai dari lomba blog Prive Uri Cran. Uangnya buat menambah uang saku anak saya.

2. Mendapatkan uang dari blog
Benefit berikutnya yang sudah saya rasakan adalah bagaimana blog dapat menghasilkan uang, baik melalui kerjasama menulis artikel (paid review), article placement, pemasangan iklan mandiri, program afiliasi maupun pemasangan iklan Google AdSense. Berikut screen shoot dari email berupa beberapa penawaran kerjasama untuk blog :

Penawaran Kerjasama Program Afiliasi - Blog Mas Hendra
Penawaran kerjasama untuk program afiliasi dari ForexMart.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Penawaran Kerjasama Placement Article - Blog Mas Hendra
Penawaran kerjasama berupa content placement 
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Penawaran Kerjasama Paid Review - Blog Mas Hendra
Penawaran kerjasama untuk paid review
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Penawaran Kerjasama Content Placement Dari Bukalapak - Blog Mas Hendra
Penawaran kerjasama berupa content placement dari Bukalapak
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Penawaran Kerjasama Pemasangan Iklan Mandiri - Blog Mas Hendra
Penawaran kerjasama berupa pemasangan iklan mandiri

3. Penawaran menarik lainnya
Selain mendapatkan uang dan hadiah seperti diatas, saya juga mendapatkan tawaran menarik lainnya, berupa tawaran diskon menginap di hotel maupun voucher belanja. 

Penawaran Harga Diskon Khusus Blogger - Blog Mas Hendra

Penawaran harga khusus menginap untuk blogger dari Padjadjaran Suites Hotels
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Voucher Belanja Dari Lomba Blog Blibli.com - Blog Mas Hendra
Dapat voucher belanja dari lomba Blog Blibli.com
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Voucher Dari Lomba Blog Bakmi GM - Blog Mas Hendra
Dapat voucher dari Bakmi GM. Vouchernya dipakai untuk makan gratis bersama anak dan istri saya
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Voucher Belanja Dari Paid Review Zalora - Blog Mas Hendra
Dapat voucher belanja dari Zalora. Sendal untuk istri, dan sweater untuk saya


Voucher MAP Dari Lomba Blog Samsung - Blog Mas Hendra
Dapat voucher MAP. Lumayan untuk belanja bulanan

Semua pencapaian diatas, semuanya berkat rezeki dari Allah, kerja keras yang saya lakukan, terus mencoba dan jangan mudah menyerah. Tentu saja, hadiah maupun uang yang saya peroleh, tidak hanya saya saja yang merasakannya, pastinya saya berbagi untuk istri dan kedua anak saya.

Sebenarnya tujuan ngeblog tidak hanya mencari materi saja. Namun lebih dari itu, ada pesan penting yang ingin disampaikan melalui tulisan. Ada sebuah pengalaman berharga yang ingin dibagikan kepada sesama. Dengan harapan, apa yang disampaikan kepada orang lain dapat memberikan manfaat. Inilah yang dimaksud dengan magnet bagi orang-orang di sekitar.

Berkat pencapaian tersebut, tidak sedikit teman-teman di kantor yang mulai tertarik dengan aktivitas ngeblog. Bahkan mereka bertanya-tanya, bagaimana cara membuat blog. Bagaimana cara menulis artikel yang benar dan pertanyaan-pertanyaan lainnya, walau belum tahu pasti kapan mereka akan memulainya. 😊

Sebagai satu-satunya seorang blogger di kantor, saya merasa sebagai pusat gravitasi di lingkungan kerja saya. Oleh sebab itu ada beberapa pengalaman menarik yang saya dapatkan di kantor :

1. Kesempatan Mencoba Produk SPA Baru di Hotel
Belum lama ini, hotel dimana tempat saya bekerja, meluncurkan produk SPA terbarunya, yakni produk Thalgo yang berasal dari Perancis. Setiap peluncuran produk baru, biasanya akan melibatkan beberapa blogger sebagai bentuk promosi, baik melalui blog maupun media lainnya.


Mencoba Produk SPA Baru Dari Thalgo - Blog Mas Hendra
 Kapan lagi bisa mencoba facial gratis di hotel bintang lima 


Produk Thalgo - Blog Mas Hendra
 Produk treatment dan facial dari Thalgo


Mencoba Produk SPA Baru Dari Thalgo - Blog Mas Hendra
 Complimentary men's facial seharga Rp. 900.000++


Launching Produk Thalgo di Hotel - Blog Mas Hendra
Para staff hotel dan staff Thalgo berpose pada acara peluncuran produk

Dan saya salah satu blogger sekaligus karyawan yang dapat merasakan complimentary facial dengan produk Thalgo tersebut. Bayangin saja guys, harga satu facialnya paling murah seharga Rp. 900.000 dan paling mahal Rp. 1.700.000. Lumayanlah, muka saya bisa kinclong dengan facial gratis di hotel bintang lima.

Siapa sih yang tidak mau melewatkan kesempatan ini. Yah tentu saja, saya harus menulis reviewnya di blog milik saya, namun belum terealisasi.

2. Meliput Acara Outing Karyawan Hotel
Sepertinya saya satu-satunya karyawan yang sibuk mengambil gambar dan mencatat setiap detail kegiatan outing karyawan yang diadakan setiap tahun. Masalahnya saya diberi kesempatan untuk meliput acara outing untuk dipublish di blog saya. 

Baca artikel : Jalan-Jalan ke Jungle Land, Sentul, Bogor
                 : Jalan-Jalan ke KM Zero Resort, Sentul, Bogor

3. Menerima Penawaran Kerjasama
Seperti blogger lainnya, saya menerima beberapa penawaran kerjasama dari teman kantor, semacam paid review. Ada teman yang minta dibuatkan review tentang online shop miliknya, lalu ada juga yang minta dibantu promosi perumahan di blog milik saya. Karena mereka berpendapat jika promosi melalui blog, hasilnya akan lebih maksimal.

Semua pencapaian diatas, tentu saja membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Namun, siapapun memiliki kesempatan untuk menjadi sebuah gravitasi yang dapat memberikan manfaat bagi sesama. Bahkan hanya melalui aktivitas ngeblog sekalipun. Berikut adalah rahasia sederhana agar bisa menjadi sebuah gravitasi yang bermanfaat bagi sesama :

1. Niat yang Baik
Saya percaya, jika niat awal kita baik, insha Allah, hasilnya juga akan positif, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Lanjutkan niat ngeblog hanya jika untuk sharing sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. 

2. Tulus
Ikhlaslah untuk berbagi, walau hanya melalui blog sekalipun, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak. Jangan terlalu mengharapkan imbalan dari orang lain, karena jika mereka tidak mampu untuk membalas kebaikan Anda, percayalah, bahwa mereka mendoakan Anda yang terbaik.

3. Jangan Pelit Ilmu
Jika Anda memiliki skill atau pengetahuan, berbagilah dengan orang lain. Begitupun dengan aktivitas ngeblog, bagikan ilmu Anda melalui sebuah artikel, jangan pelit ilmu. 

4. Terus Mencoba dan Jangan Mudah Menyerah
Jika ekspektasi maupun keinginan Anda belum tercapai, maka kunci utamanya adalah terus mencoba dan jangan mudah menyerah. Saya meyakini jika kesempatan untuk meraih kesuksesan akan selalu terbuka lebar, selama kita terus mencoba dan mencoba.

Semoga bermanfaat guys.

28 comments

sepertinya saya kudu beli Luna nih supaya bisa anti gravitasi

wah baru tau ada namanya Luna smartphone, mirip nama artis :D

Yang paling aku suka dengan smartphone Luna itu, selain bodynya. Aku suka tahan airnya itu lho, ditambah sama cameranya, Mas.. Mantep...
Kayak iphone 6 itu kan sama seperti kualitas videonya Sholeh Solihun, itu di youtubenya pake iphone 6..

Keren nih, Alhamdulilah jadi pemenang ya, Mas.
Semoga dilain kesempatan terus bisa menang ya..aamiin..

Harus Mang, Mang Lembu kan banyak dolarnya

Iya teh, smartphone baru dengan spek gahar dan fitur canggih...

Kalo saya suka semuanya, hahaha... Mantap memang.

Aaamiiin mas, makasih supportnya

Ternyata yah.. banyak banget prestasinya Mas atau Kang Hendra ini, ini semua tentunya berkat ketekunan dan kerja keras yang telah didedikasikan dalam dunia blog selama ini. Selamat atas prestasi serta raihan yang telah di capai, semoga kedepannya nanti akan makin banyak lagi prestasi-prestasi lainnya yang makin menambah semangat dalam aktivitas ngeblognya..

Alhamdulillah kang. Saya nggak bermaksud pamer sama sekali, ini hanya bentuk apresiasi sekaligus ngasih semangat buat blogger lainnya, agar lebih serius dan menekuni dunia blog dengan sepenuhnya.

Padahal saya mah nggak ada apa2nya dibanding blogger senior yang prestasinya udah lebih banyak. *Colek Amir Langit

Waw, prestasi mas mentereng sekali. Saya jadi lebih termotivasi menjadi blogger sukses seperti mas hendra.

Artikelnya super lengkap. Sampe seluk beluk luna dibahas hehe

Terimakasih mas. Syukur kalo memang termotivasi, semoga mas juga bisa memiliki banyak prestasi, baik di dunia nyata maupun dunia maya.. Aaamiiin...

Kerennn saya baru aja mau ngedraft sudah dipublish aja nih mas Hendra

Ayo mas Irwin, cepetan publish...

Waah mas hendraa kecee dan prestatif 😁 insipiratiif banget mas. Hehehe

Gravitasinya kuat banget mas, menarik org" buat mengikuti jejak mas hendra biar bisa berprestasi dalam menulis 😁 keep inspiring mass. .

Btw saya juga uda kepo" ttg hp luna. Emang kece bingits yaa, tahan air itu lo bikin saya jd pengen ganti hp. Hehehe

Alhamdulillah.. Bisa bae nih mba. Saya juga sama-sama masih belajar, hanya sharing aja, Mudah-mudahan bisa menginspirasi yang lainnya.

Saya juga suka banget sama modelnya, mirip hape yang saya pakai sekarang, cuma beda warna dan ukuran

koleksi pemenangnya lebih banyak dari saya, saya jauhh di belakang, jadi iri nih sayaaa

Saya juga masih sama-sama belajar mas.. Kuncinya ya itu tadi, jangan mudah menyerah dan terus mencoba... Terimakasih sudah mampir dan semoga bisa menginspirasi yang lainnya.

Wow kece bgt udh sering menang lomba, smoga smakin jd blogger yg hits yaa, komen jg yuk d blog saya ikutan #bethegravity jg hihi

Aaamiiin... Masih dalam tahap belajar dan terus belajar nih mba April Tupai. Okay siap bewe. BTW makasih udah mampir di blog saya

Wah, prestasinya keren mas.. Gravitasi yang luar biasa. Semakin luar biasa jika didukung Luna ya. Semoga bisa segera menyunting itu hp ah..

Alhamdulillah kang, apalagi handphonenya Luna, makin bagus aja deh artikelnya... Aaamiiin

mas bagus posnya, tolong mampir di post saya yaa... mohon kritikannya https://koschkov.wordpress.com/2017/04/21/awal-mula-gravitasi/https://koschkov.wordpress.com/2017/04/21/awal-mula-gravitasi/

Aduh, Amir Langit itu siapa ya ? #pura_pura_gak_tau dan diatas langit saya masih ada langit dan masih langit yang lebih tinggi lagi ^_^

Aih, orangnya nongol nih, hehehe...sini mampir mas Amir ikutan ngobrol

Aaamiiin, makasih sudah berkunjung ke blog saya

Tulisannya inspiratif mas, Luna memang smartphone yang cocok nih buat mendukung gravitasi mas Hendra :D
Goodluck ya mas :)

Makasih yah sudah berkunjung ke blog ini. Aaamiiin... Makasih support nya

Prestasinya udah banyak banget ya di dunia ngeblog, terus semangat min. :)

Keren juga ya bisa ada fitur usb on the go, jadi bisa cek file via hp. :)

Alhamdulillah... Saya juga masih terus belajar dan belajar mas. Itulah salah satu kelebihan dari Luna, membaca file jadi lebih mudah dengan fitur USB otg.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini


EmoticonEmoticon