Penyebab Mengapa Raket Nyamuk Cepat Rusak

Lampu Senter Ralet Nyamuk - Blog Mas Hendra

Mungkin sudah lebih dari 5 buah raket nyamuk yang sudah saya beli. Dan dari ke lima-limanya, semuanya rusak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, alias kurang awet. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat raket nyamuk terbuat dari bahan yang ringkih. Seringkih perasaan jones kala malam minggu tiba. Eaaaa...


Raket nyamuk sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga, mungkin juga bagi kalian yang ingin mengusir dan membunuh nyamuk dengan cara yang lebih praktis dan cenderung lebih aman ketimbang menggunakan obat nyamuk yang rentan dapat memicu kebakaran.

Raket nyamuk memiliki banyak model dan macamnya. Ada yang langsung colok ke listrik dan ada yang menggunakan kabel untuk ngecharge baterainya. Dan tipe raket nyamuk saya yang kedua.

Baca artikel menarik lainnya : Musim Kemarau, Kenapa Nyamuk Semakin Banyak?

Tapi sayangnya, raket nyamuk yang saya temui di pasaran cenderung gampang rusak. Sekali jatuh, kekuatan stroom pada jalanya sudah mulai berkurang. Dan akhirnya lama-lama tidak berfungsi sama sekali. Mulai dari harga yang paling murah sekitar Rp. 35.000, semuanya sama-sama cepat rusak.

Saya sendiri pernah mencoba membeli raket nyamuk paling murah di kisaran harga sekitar Rp. 35.000. karena harganya super murah, pemakaiannya pun hati-hati banget. Karena kalau jatuh sekali, pasti langsung rusak.

Sampai yang ke sekian kalinya saya pun membeli raket nyamuk yang lebih mahal dari sebelumnya. Di pasar Swalayan Aneka Buana, Cirendeu, harga paling mahal sih cuma Rp. 90.000 + fitur lampu senter.

Iya raket nyamuknya ada fitur lampu senternya, jadi multifungsi, selain fungsi utamanya untuk membunuh nyamuk plus bisa dijadiin lampu senter kalau lagi mati listrik.

Raket bersenter ini usia pemakaiannya lumayan lebih lama daripada raket nyamuk yang lebih murah yang sudah pernah saya beli sebelumnya. Yah meskipun pada akhirnya lagi-lagi tetap rusak.

Meskipun raket nyamuknya sudah rusak, setidaknya saya masih punya senter yang bermanfaat banget ketika mati listrik. Dan lampu senternya masih awet sampai sekarang. 

Lampu Senter dari Raket Nyamuk - Blog Mas Hendra

Baca juga artikel menarik lainnya : Ikan Cupang Lebih Suka Makan Nyamuk Ketimbang Lalat

Nah sekarang kita cari tau yuk, penyebab mengapa raket nyamuk cepat rusak :

1. Biasanya baterai sudah mulai melemah. Ngatasinnya ya harus dilakukan pengisian ulang pada baterainya.

2. Terdapat salah satu komponen, seperti transistor atau kapasitor yang sudah mulai melemah dan rusak. Solusinya segera ganti komponen-komponen tersebut dengan yang baru.

3. Biasanya jala raket nyamuknya sudah mulai berkarat, karena sisa-sisa bangkai nyamuk yang menempel pada jala jaring-jaringnya.

4. Ada sebagian solderan komponen yang sudah mulai terlepas. Sebaiknya segera solder ulang pada komponen yang mulai kendor tersebut.

5. Raket nyamuk sering terbentur atau jatuh, sehingga menyebabkan renggangnya jala-jala raket tersebut.

6. Over charger dapat menyebabkan suhu yang sangat panas yang menyebabkan kabel di bagian dalam terlepas. Solusinya, perhatikan durasi proses charge raket nyamuk, jangan terlalu lama, karena pada raket nyamuk tidak ada fitur auto cut yang berfungsi untuk memproteksi over charger pada baterai.

Sudah jelas kan penyebab mengapa raket nyamuk cepat rusak.

Semoga bermanfaat.

Referensi dari : www.preindo.com






Share This Article


12 comments:

  1. Yang sering, saya lupa nge-charge sampai semalaman, makanya jadi overcharge, myngkin itu salah satu penyebab raket nyamuk cpt rusak ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu dia salah satu penyebabnya kali ya mas...

      Delete
  2. betul bgt, beberapa kali beli raket nyamuk berakhir rusak. seringnya dipake mainan sama anak ><

    ReplyDelete
  3. bener mang, raket nyamuk emang diciptakan untuk segera rusak, selain nyamuknya mendoakan agar raket itu cepet rusak, yang punya pabrik obat nyamuk beserta karyawannya juga ikutan mendoakan agar raket nyamuk itu cepet rusak.....menurut saya mah begitu sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kayak doa berjama'ah ya mang... Buat melawan raket nyamuk.

      Delete
  4. eh...saya teh udah jadi follower blognya tuh...udah follow balik belom yei?

    ReplyDelete
  5. Oh gitu to mas, mungkins aja raket nyamuk di rumah rusaknya karena pernah terjatuh ya mas..

    ReplyDelete
  6. Raket nyamuk memang cepat rusak sih kang tapi untungnya saya punya bapak yang cukup mahir dalam urusan electronik jadi tidak perlu risih :-) mungkin bapak saya yang risih karena saya minta bantuan mulu ;-) hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mending deh kalau ada yang ngerti listrik, jadi lebih mudah untuk benerinnya..

      Delete