Cara Mengambil dan Mengirim Uang Melalui Kantor Pos


Tanda Bukti Resi Bayar Weselpos Instan - Blog Mas Hendra

Beberapa hari yang lalu, saudara sepupu istri saya yang sedang tugas di Bandung, berencana akan mengirimkan uang ke istri saya di Depok. Ndilalahnya saudara sepupu istri saya ini, belum punya rekening bank sampai detik ini. Selama ini dia hanya mengandalkan Western Union dan Kantor Pos sebagai jasa pengiriman uang lintas kota. 


Alasannya sih ribet kalau urusan membuka rekening bank, jadi harus ada yang mendampingi dia kalau mau buka rekening, sementara kalau buka rekening di Jakarta, KTP-nya juga harus KTP DKI, sedangkan KTP dia masih aseli dari Tegal.

Saya lebih memilih mengambil kiriman uangnya melalui Kantor Pos karena lokasinya mudah dijangkau dan juga banyak tersebar di mana-mana. Berbeda dengan Western Union yang masih sedikit lokasinya. Meskipun sekarang sudah banyak tersedia di salah satu minimarket (In****et), tapi saya tidak mau lagi mengambil uang kiriman dari Western Union di In****et, karena sering bermasalah. Baca saja artikel saya : Pengalaman Mengambil Uang Western Union di Indomaret

Untuk melengkapi syarat dalam pengiriman uang melalui Kantor Pos (atau disebut juga Weselpos Instan), kamu harus mengisi alamat si penerima (sesuai yang tertulis di KTP si penerima) dan jumlah nominal uang yang akan dikirimkan pada form yang sudah disediakan. 

Setelah itu, petugas akan memberikan kode NTP (Nomor Transaksi Pusat) dan nomor PIN. Kedua kode nomor penting ini nantinya akan digunakan sebagai tanda bukti pada saat kita akan melakukan pengambilan uang di Kantor Pos. Jadi harap simpan baik-baik ya guys. Karena sifatnya rahasia, maka kode NTP dan nomor PIN ini hanya boleh diketahui oleh si pengirim dan si penerima saja loh. Orang lain tidak boleh, apalagi mantan!!


Dan berikut ini adalah syarat-syarat untuk mengambil uang melalui Kantor Pos :

1. Siapkan fotocopy KTP 1 lembar dan juga siapkan KTP aselinya sewaktu akan mengambil uang, karena petugas akan menanyakan identitas diri berupa KTP.
2. Cocokkan kode NTP dan nomor PIN dengan petugas Pos.
3. Tidak ada biaya apapun sewaktu mengambil kiriman uang.
4. Petugas akan memberikan tanda bukti atau resi bayar weselpos instan.
5. Dan uang pun sudah dapat diambil. HOREEE…


Yang perlu kamu ketahui seputar Weselpos Instan :

1. Program Weselpos Instan mulai diluncurkan pada tahun 2009.
2. Pada form yang sudah disediakan petugas, si pengirim harus menuliskan alamat si penerima sesuai dengan alamat yang tertera di KTP si penerima.
3. Si penerima dapat mengambil uangnya di Kantor Pos mana saja, tinggal tunjukkin KTP saja. 
4. Proses pengiriman uang sangat cepat, mirip transfer antar bank.
5. Biaya akan dibebankan kepada si pengirim. 
- Pengiriman uang sebesar Rp. 200.000 dikenakan biaya Rp. 15.000.
- Pengiriman uang sebesar Rp. 200.001 – Rp. 5 juta dikenakan biaya Rp. 27.000.
- Pengiriman uang sebesar Rp. 5.000.001 – Rp. 10 juta dikenakan biaya Rp. 30.000.
- Pengiriman uang sebesar Rp. 10.000.001 – Rp. 20 juta dikenakan biaya Rp. 35.000.
6. Tidak ada jumlah minimal pengiriman, namun jumlah maksimal pengiriman melalui Weselpos Instan hanya sebesar Rp. 20 juta.

Bagaimana, mudah kan cara mengambil dan mengirim uang melalui Kantor Pos?!. Cara ini dilakukan jika memang kalian masih belum punya rekening bank maupun ATM.

Semoga bermanfaat.

29 comments

Ini masalahnya bang
Saya pengen gitu ngambil duit di kantor pos
Tapi engga ada yg ngirimin saya duit bang
Gimana kalo abang yg kirimin saya duitnya

Ntar nungguin pohon duitnya panen dulu yee

Mas klo semisal ktp hilang gmna ? Tapi ak udah ngurus surat kehilangan d polsek. Bisa ngambil uang nya itu gak pkek surat kehilangan ?

Kalo nggak ada fotocopy nya, ya bilang aja apa adanya ke petugasnya....

Kalo penerimanya mahasiswa bukan penduduk asli dimana dia kuliah apa bisa juga, pake ktp alsi dia tinggal

Bisa, yang penting data yang disampaikan si pengirim, sama dengan data KTP si penerima...

Apa bisa ambil dilain hari? Bukan hari pengiriman

Bisa kapan aja, tapi dalam waktu 1 minggu saja.

saya ngirim ke kampung sya cukuhbalak tanggamus lampung (35383) 4jt kta ayah sya yg ngambil ngk ada stok uang y di kantor pos itu. parah masa pos gk ada stok uang. jadi disuruh nunggu 3hri
PARAH !!!! KAPOK SAYA KIRIM LWAT POS

Biasanya kantor pos yang kecil memang stock uangnya sangat minim mas, sebaiknya ke kantor pos pusat, lebih banyak stock uangnya... Makasih sudah mampir ke blog ini

Apakah bisa di ambil di kantor pos mana saja?

Apakah bisa di ambil di kantor pos mana saja?

Kata nya ngambil nya cukup nama dan pin nya doang apa itu bnr

Mantab tulisannya mentereng di pencarian Google..
Thanks informasi nya gan

Makasih sudah berkunjung ke blog saya pak... Semoga bermanfaat

Kalo salah nulis alamat penerima. Penyelesaian ya gimana yah?

Setau saya gak akan sampai dan akan balik lagi ke si pengirim mba, sama kayak mengirim surat. Tapi untuk lebih yakinnya lagi, mendingan tanyain langsung ke petugas kantor posnya

Gan saya mau tanya saya mau ngambil kiriman tpi ktp asli saya hilang yang ada cuma foto copy nya saja apakah bisa di ambil gan

Bisa mas, kan yang diperlukan hanya fotokopinya aja. Tapi kalau petugasnya minta tunjukkin ktp asli, bilang aja ktpnya hilang...

Gimana klo belum punya ktp

kalo ktp nya mati,masa berlaku nya habis bisa ngga mas ngambil uang nya...

Dicoba saja dulu Mas, soalnya saya sendiri belum pernah seperti ini.

Mas tolong acc.. kalo mau ngambil uang tapi gak tau lewat apanya.. dipost bisa??

Mas.. kalo pengiriman via bni indonesia onlibe gimana ngambilnya??

Bisa dikirim melalui wesel pos mba...

Kalo lewat BNI apa gak sebaiknya melalui ATM saja ya, lebih praktis


EmoticonEmoticon