Mengenal Semen Tahan Api

Apa kabar teman-teman semua?? Melalui artikel singkat ini, saya mau membahas masalah bahan baku untuk membuat rumah. Bahan baku atau dikenal juga bahan bangunan ini pada umumnya terdiri dari batu bata, besi, kayu, pasir, batu kali, semen dan lain sebagainya. Agar rumah kuat dan awet, tentu saja kita harus memperhatikan teknik pemasangan yang tepat serta cermat dalam memilih bahan-bahan yang berkualitas baik. Salah satunya adalah semen. 


Semen, yang berfungsi untuk merekatkan batu, merupakan salah satu unsur terpenting yang wajib ada dalam membangun sebuah bangunan/gedung.

Berbicara masalah semen, dari sekian banyak jenis semen yang beredar, ada satu jenis semen yang mungkin masih asing di telinga kita. Bagi yang sudah tahu, pasti tidak akan heran lagi dengan semen yang satu ini. Namanya adalah semen tahan api atau dalam bahasa inggris fire mortar.

Semen Tahan Api - Blog Mas Hendra
Gambar : bentengapitechnic.com 

Semen tahan api ini berbeda dari semen pada umumnya. Sifatnya yang tidak langsung mengeras sebelum terkena panas atau terbakar. Jadi diperlukan sebuah proses heating up setelah pemasangan. Semen tahan api ini merupakan perekat batu tahan api yang berbentuk powder (bubuk). Cara pemakaiannya pun hanya cukup dicampurkan dengan air saja. 

Biasanya dalam pengaplikasiannya, fire mortar ini banyak digunakan untuk pembuatan tungku perapian (furnace), Blast Furnace, Oven, Boiler (ketel uap) dan bermacam-macam tungku lainnya.

Jadi kalau teman-teman pernah melihat tungku dengan panas yang mencapai lebih dari 500 derajat celcius, biasanya tungkunya terbuat dari susunan batu bata tahan api (dari olahan semen tahan api) dan juga dinding acinya terbuat dari semen tahan api. Itulah sebabnya disebut juga semen yang dapat tahan terhadap api.

Nah bagi teman-teman yang ingin mencari semen tahan api ini, dapat mencarinya di website : www.indotrading.com. Indotrading merupakan situs direktori yang menyediakan database perusahaan dan bisnis nomor satu di Indonesia. Ingat ya guys, situs Indotrading ini bukan situs e-commerce atau situs jual beli ya, jadi kalian tidak bisa melakukan aktivitas jual beli di dalamnya.

Bukan hanya perusahaan yang menjual bahan bangunan saja, teman-teman pun bisa mencari database ratusan bahkan ribuan perusahaan yang sudah bergabung di Indotrading, mulai dari elektronik, konstruksi, properti, kerajinan, kesenian, alat mekanik dan suku cadang, lampu, otomotif, peralatan rumah dan bahkan kebutuhan taman.

Selain itu, bila teman-teman memiliki bisnis yang bergerak di bidang perdagangan maupun jasa, kalian dapat menghubungi Indotrading dan bergabung bersama ratusan pengusaha lainnya. Apa tujuannya? Tujuannya jelas, untuk mengenalkan bisnis yang teman-teman jalankan, agar dikenal lebih luas lagi di masyarakat, bahkan di seluruh Indonesia. Wah… Nantinya usahanya bakal bisa terus berkembang tuh!! Mengenai biaya pendaftarannya?? Ssst, langsung saja kunjungi website-nya ya guys.

Semoga bermanfaat.

8 comments

saya baru tau loh ada jenis semen spt ini. jd pengetahuan soal jenis bangunan :D

Reply

Semoga bermanfaat ya, Terimakasih udah mampir di blog saya

Reply

Wah ternyata ada juga ya semen tahan api seperti ini.. saya kira hanya ada semen tahan air saja biar tembok gak bocor gtu kang :)

Reply

Iya kang, tapi beda penerapannya khusus untuk tungku dkk saja...

Reply

Belum pernah denger tentang semen tahan api kalau tidak baca disini, tentunya semen jenis ini sangat berguna untuk mereka yang bergerak di bidang bangunan yang memerlukan bahan baku yang tahan panas.

Reply

Yup, untuk membuat bangunan yang tahan api kang, semacam tungku itu loh

Reply

Maaf mas hendra mau tanya, kalau dibuat untuk peralatan memasak bisa tida?

Reply

Post a Comment