6 Tips Hemat Belanja Online

Hi Guys!!
Belanja online saat ini sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat. Bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai hobi. Duuuh, kalau yang ini mah duitnya harus sedia banyak ya guys, hehehe... Jujur saja sih guys, belanja online menjanjikan keuntungan yang lebih banyak dibanding belanja offline. Selain dinilai lebih praktis dan efisien, kita juga nggak perlu repot-repot keluar rumah dan bermacet-macet ria hanya untuk belanja langsung di toko atau mall. Kecuali kalau kalian memang ingin cuci mata alias windows shopping, maka lain lagi ceritanya.


Produk yang dijual secara online, biasanya harganya jauh lebih murah. Meski harganya lebih murah, tapi kalau kalian nggak tau tips dan trik belanja online agar tetap hemat dan irit, tetap saja isi dompet bakalan kebobolan. Kalian nggak mau kan, gara-gara keseringan belanja online, isi dompet kalian jadi ludes hanya karena lapar mata beli barang ini-itu, tanpa perhitungan yang matang.

Nah saya punya tips dan triknya nih guys, bagaimana caranya supaya isi dompet nggak langsung ludes meski  hobi belanja online tetap jalan terus. Bagi kalian para #PejuangIrit (anak kost, karyawan tanggung bulan dan mahasiswa) wajib masuk sini.
1. BERLANGGANAN NEWSLETTER


Tips pertama, kalau kalian berlangganan newsletter di suatu e-commerce, biasanya akan mendapatkan voucher diskon atau point reward sebagai bentuk ucapan selamat datang. Nggak hanya itu saja guys, kalian juga menjadi orang pertama yang akan mengetahui berbagai promo menarik, diskon maupun produk-produk harga termurah. Jadi jangan segan-segan untuk mendaftarkan email kalian untuk mendapatkan kiriman newsletter. Siapa tau saja ada barang incaran kalian yang lagi diskon.

2. MENDAFTAR SEBAGAI ANGGOTA (GRATIS)


Nggak hanya berlangganan newsletter saja guys, kalian juga bisa mendaftar sebagai member di suatu e-commerce. Karena biasanya setiap member yang terdaftar akan mendapatkan voucher diskon ketika berulang tahun. Selain itu kalian juga bisa menikmati berbagai promo ekslusif yang ditawarkan dari e-commerce terkait. 

3. BELANJA DI HARI YANG TEPAT


Belanja hemat memang nggak bisa dilakukan setiap hari. Namanya juga lagi menghemat, masa mau belanja setiap hari. Nah untuk menekan budget pengeluaran kalian, sebaiknya pilih timing yang tepat untuk belanja online. Biasanya pada waktu akhir pekan atau awal bulan, ada begitu banyak diskon maupun promo yang ditawarkan, lumayan lho dapat menghemat budget uang belanja kalian.

4. LEBIH BANYAK LEBIH MURAH 


Siapa bilang beli barang dalam jumlah lebih banyak nggak menguntungkan. Memang sih kita akan mengeluarkan uang jauh lebih banyak, tapi justru hal ini dinilai lebih ekonomis lho. Biasanya produk yang ukurannya lebih besar, dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Dan pastinya akan lebih awetn alias ggak cepat habis. Nah kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menekan budget ketika belanja online.

Sebagai contoh :   Shampoo ukuran 800ML   : IDR 12.000
                            Shampoo ukuran 1600ML : IDR 22.000 (lebih hemat IDR 2.000)


Harga shampoo ukuran 1600ML memang terlihat lebih mahal, tapi sebenarnya jauh lebih ekonomis (baca : lebih awet) daripada kalian membeli shampoo ukuran 800ML. 

5. MANFAATKAN PROMO 


Siapa di sini yang sering memanfaatkan promo ketika mau belanja online?? SELAMAT!! Berarti kalian sudah menerapkan salah satu tips hemat belanja online. karena biasanya nggak sedikit juga toko online yang sering menawarkan berbagai promo menarik bagi para pengunjung. Sebagai contoh promo yang sering ditawarkan adalah : "Promo Beli 2 Lebih Murah" atau "Buy 1 Get 1 Free". Nah kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan potongan harga ketika belanja online.

6. PILIH E-COMMERCE YANG LEBIH MURAH


Nah ini nih yang paling penting. Percuma dong kalian menerapkan kelima tips diatas, tapi salah ketika memilih e-commerce. Bukannya untung yang kalian dapatkan, malah sebaliknya, isi dompet lebih cepat terkuras. Dari sekian banyak e-commerce yang ada, Shopee masih menempati urutan teratas untuk urusan harga termurah. 


Masih nggak percaya kalau di Shoppe harga barangnya jauh lebih murah jika dibanding e-commerce lainnya??! Yuk kita lihat perbandingannya guys.

Saya mencoba membandingkan harga jaket gaul berbahan parasut dengan tiga e-commerce lainnya, seperti di Lazada, Tokopedia dan Bukalapak. Di Lazada jaket ini dibanderol IDR 180.000. Sedangkan di Tokopedia dibanderol : IDR 229.500. Dan di Bukalapak dibanderol IDR 255.000. Coba tebak, berapa harga jaket parasut ini di Shopee?? Hanya IDR 136.000. Sangat murah bukan?! Kalian dapat menghemat budget sekitar 40%. 


Sepertinya jika hanya membandingkan satu barang saja nggak akan puas. Berikutnya saya juga mencoba membandingkan harga smartphone Samsung Galaxy J Prime. Di Lazada harganya mencapai IDR 1.975.000. Sementara di Tokopedia dihargai IDR 1.625.000 dan di Bukalapak sebesar IDR 1.550.000. Sedangkan di Shopee, harganya hanya IDR 1.465.000. Ini berarti kalian bisa menghemat sekitar 20%.
Bagaimana guys, masih ragu belanja di Shopee?? Nggak bakalan rugi deh, karena Shopee satu-satunya e-commerce yang berani memberikan garansi harga termurah. Di program ini, jika kalian menemukan harga yang lebih murah di e-commerce yang lainnya, maka uang kembali 2X lipat. 
Kalau kalian ingin mencoba murahnya belanja di Shopee, ada beberapa saran yang sebaiknya kalian terapkan agar belanja online kalian benar-benar terasa lebih hemat, irit dan pastinya nggak rugi.


1. Pilih barang yang benar-benar kalian butuhkan, bukan inginkan.
2. Pastikan kalian membeli barang dengan tingkat ulasan yang baik dan juga memiliki reputasi yang baik.
3. Tetap menahan keinginan untuk belanja ketika budget belum mencukupi.
4. Pilih produk yang membebaskan ongkos kirim (jika ada).


Semoga keenam tips hemat belanja online diatas dapat membantu para #PejuangIrit dimanapun berada untuk tetap dapat menikmati indahnya belanja online meskipun isi dompet kurang mendukung. Dengan demikian aktivitas belanja online pun menjadi lebih happy tanpa khawatir membuat isi dompet cepat terkuras habis. 

Semoga bermanfaat.

#PejuangIrit
#GaransiHargaTermurah



Share This Article


21 comments:

  1. aku langganan pakai shopee mas, karena murah dan gratis ongkirnya itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo di Shopee mah sudah pasti itu, belanja online pun makin happy ya mba...

      Delete
  2. dengan adanya jualan online yang hobi belanja bukan lagi ibu-ibu melainkan bapak-bapak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, sekarang malah bapak-bapaknya juga keranjingan belanja online...

      Delete
  3. Nggak ragu sih, buat beli langsng di Shopee, apalagi pas promo ongkir + barang idaman lagi ready stock..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap banget kalo gitu sih ya mas...

      Delete
  4. Kurang lebih seperti yang saya terapkan juga begitu Mas Hendra. Palagi kalo promo, kadang ditungguin. Selain itu juga, pihak toko yang menjual juga mesti dilihat betul2 kredibiltasnya. Bisa diketahui dari komentar yg pernah belanja pada mereka sih. Biar gak nyesel. Dan memang, di shopee murah banget. bahkan ada yg gratis ongkirnya. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul banget mas, kita sebagai pembeli juga kudu jeli sebelum belanja online, tujuannya agar dapat menghemat anggaran belanja (online). Apalagi kalo ada promo, tentu bisa kita manfaatkan sebaik mungkin

      Delete
  5. Tipsnya keren Mas.. Dan benar, Garansi Harga Termurah Shopee itu memang termurah di antara e-commerce lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dibuktikan kemurahannya kang...

      Delete
  6. Meski lebih murah belanja online tapi tetep kudu survey dulu misalkan pake fitur range harga termurah jadi bisa murah kalau asal beli dan belinya ke reseller jadi mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tentu sebagai pembeli juga kita harus lebih smart sebelum memutuskan belanja online. Salah satunya adalah dengan membandingkan antara satu e-commerce dengan e-commerce lainnya.

      Delete
  7. aku belum cobain belanja di Shopee nih kang padahal gratis ongkir ini yang bikin kantong ga jebol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba kok teh, harganya juga banyak yang murah... Lumayan untuk menghemat anggaran belanja

      Delete
  8. jarang beli online sihh..
    apalagi sekarang tinggal di kota kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba sekali-kali mba, siapa tau nanti malah ketagihan. Kalo di kota kecil mungkin lebih enak belanja langsung ya, karena aksesnya lebih mudah dituju, gak macet dan padat seperti di kota besar.

      Delete
  9. Wah bermanfaat sekali mas, saya sering boros ketika belanja online. Liat barang bagus dikit dibeli padahal ga butuh-butuh amat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dipraktikkan Mas Septian,.. Betul kadang lapar mata malah membuat kita semakin boros loh

      Delete
    2. Terkadang memang sering tergoda. Tapi perlu diingat juga, keinginan itu gak mesti jadi kebutuhan..
      Harus pandai-pandai ya, biar gak tergoda sama harga murahnya..he

      Delete
  10. Pejuang irit, anak kost banget..haha
    aku juga selalu memanfaatkan promo, dan sebelum beli suka cek cek dulu di markplace lain berapa, bandingin giu lah..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu itu mas, kita juga sebagai pembeli juga harus pandai-pandai memilih mana yang paling cocok harganya di kantong.

      Delete