Jamur Tiram Krispi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Di suatu sore nan mendung, sewaktu hari libur kerja, saya dan istri serta anak-anak berencana membeli pelampung otomatis toren dan selang. Sampai di lokasi, ternyata toko matrialnya tutup, alhasil kami pun hanya jalan-jalan muter-muter saja sambil menikmati suasana sore hari di kota Depok. 


Tepat di seberang toko matrialnya, tampak gerobag dagangan jamur krispi berdiri gagah dan menantang di tepi jalan. Awalnya anak saya Nabil yang meminta dibelikan jamur krispi. Kelihatannya sih enak, karena jujur saja, saya memang belum pernah mencobanya. Saya pun membeli 1 porsi jamur krispi seharga Rp. 6.000 saja.

Gerobag Jamur Krispi - Blog Mas Hendra
Tuh gerbang warna hijau toko matrialnya tutup, akhirnya cuma mampir beli jamur krispi

Et tapi kok tidak ada penjualnya? Setelah dipanggil-panggil cukup keras, muncullah sosok penjualnya, yakni seorang ibu setengah baya dari arah kebun kosong. Awalnya saya pikir si ibu lagi asyik berburu Pokemon di tumpukan sampah di kebun kosong seberang jalan. Ternyata dugaan saya salah guys, si ibu lagi bakar sampah dedaunan dan ranting-ranting yang sudah mulai menumpuk di kebun kosong itu.

Setelah proses transaksi selesai, kami pun meluncur pulang ke rumah, karena hari semakin sore ditambah langit sudah mulai gelap mau turun hujan, meskipun banyak orang bilang : "Mendung Tak Berarti Hujan", namun pepatah ini tidak berlaku buat saya, hahaha... 

Sampai di rumah, saya dan Nabil saja yang menghabiskan jamur krispinya. Rasanya enak, gurih dan renyah (krispi). Cocok banget untuk camilan di sore hari maupun camilan untuk nemenin ngeblog, hihihi...

Jamur Krispi Siap Dimakan - Blog Mas Hendra

Jamur Krispi Siap Dimakan - Blog Mas Hendra


Jamur Tiram - Blog Mas Hendra
Jamur krispi ini dibuat dari jamur tiram. Setelah jamur dibersihkan, lalu jamur diolah menggunakan bumbu dan dicelupkan ke adonan tepung terigu, lalu jamur tiram digoreng menggunakan minyak yang cukup banyak. Setelah matang, taburi jamur krispi dengan bumbu aneka rasa sesuai selera, ada rasa original, balado, keju, barbeque, rasa super pedas, jagung manis dan rasa yang tertinggal. Abaikan yang terakhir!!

Baca artikel menarik lainnya : Resep Cara Membuat Paprika Goreng Tepung

Ternyata eh ternyata, jamur tiram memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita loh. Apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh :

1. Membantu Melawan Radikal Bebas

Jamur tiram mengandung senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita loh, seperti niacin, selenium dan riboflamin. Antioksidan di dalamnya ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat membuat tubuh kita jadi rusak.

2. Mengendalikan Kolesterol Jahat

Tidak disangka, jamur tiram dapat memberikan asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolesterol yang jahat bagi tubuh kita. Karena kandungan kolesterolnya 0% loh, meskipun jamur tiram setara dengan daging. Dan kalau kita rutin mengonsumsi jamur tiram, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kamu jahat kolesterol!!

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jamur tiram juga mengandung vitamin C dan magnesium yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

4. Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Nutrisi yang terkandung pada jamur tiram ternyata juga baik bagi ibu hamil. Karena jamur tiram mengandung asupan nutrisi cukup dan dibutuhkan sehari-hari oleh tubuh.

5. Menghancurkan Virus Tumor

Kandungan zat besi pada jamur tiram sangat baik untuk membantu pertumbuhan limfosit. Apaan tuh limfosit? Limfosit itu salah satu jenis sel darah putih yang membantu menjaga daya tahan tubuh dari serangan sel-sel tumor maupun virus penyakit.

6. Membantu Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Saat terkena sinar matahari, zat ergosterol pada jamur tiram akan berubah menjadi vitamin D. Dan taukah kamu, kalau vitamin D ini memiliki peranan yang cukup penting bagi tubuh kita, yakni mengatur enzim kekebalan tubuh, mengatur berbagai gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel di dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah Kanker Payudara dan Kanker Prostat

Jamur tiram mengandung beta-glucan, yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Dan asam linoleat yang berfungsi menekan timbulnya efek estrogen yang menyebabkan kanker payudara pada wanita.

Hmmm... ternyata diam-diam jamur tiram banyak banget manfaatnya ya guys. Nah mulai sekarang, yuk rutin mengonsumsi jamur tiram biar tubuh jadi lebih sehat.

Cukup sekian ya guys artikel tentang manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh

Semoga bermanfaat.

Referensi dari : www.manfaatbanget.com





12 comments

Salah satu cemilan kesukaan saya nih Kang..apalagi kalau sambil nonton bola..hahaa

Reply

Disini juga ada yang jual tapi belum pernah nyobain, kalau di masak setengah mateng enak nggak ya mas? :D

Reply

Betul mas, jamur krispi memang banyak manfaatnya. Aku jadi teringat ketika zaman SMA dulu. Aku dulu jualan jamur krispi keliling kelas.. sekarang kangen masa itu dan kangen pengen makan jamur krispi.. hehe

Reply

8. Obat lafar
.
Jamur krispi bisa jamuran g bang?
Kalo bisa jamuran
Jamurnya bisa dibuat jamur krispi g?

Reply

saya biasanya bikin sendiri jamur krispy tapi lama ternyata harus sabar soalnya matangnya lama, kalo pengen cepet minyaknya yg harus banyak. Kalo pulang kampung, ibu saya yg biasanya bikin. jamurnya dikasih sodara yg petani jamur :)

Reply

Wah makin mantap tuh mas, tau2 abis sebaskom nggak terasa yaa

Reply

Di sayur aja saya nggak suka, apalagi setengah matang. Enakkan kering krispi gurih nyoy nyoy

Reply

Wah diem diem ternyata pengusaha jamur krispi nih

Reply

Wah belum tau mas Niki. Cobalah bereksperimen mas Niki

Reply

Wah agak repot kalo bikin sendiri ya, tapi hasilnya lebih maksimal dan banyak juga ya kalo bikin sendiri mah bu

Reply

Wah enak pasti, kemarin aku juga makan jamur krispi, rasanya mirip kripik tempe

Reply

Iya, mirip, tapi yang jelas sih bumbu tepungnya kali yang mirip

Reply

Post a Comment