Resep Cara Membuat Paprika Goreng Tepung

Sejatinya, yang namanya bereksperimen, itu bisa menyangkut banyak hal. Bisa bereksperimen dengan benda, kelinci, tikus, mantan atau yang paling ekstrim, manusia. Tapi kali ini yang jadi korban eksperimennya adalah buah paprika. Dan yang menjadi pelakunya adalah emak saya. Iya betul. Beliau sebagai pelaku tunggal eksperimen tersebut. Walaupun nggak sampe tercatat di Guinness Book of World Records, tapi setidaknya beliau telah membahagiakan satu anak manusia. Berkat eksperimen tersebut.


Sejak saya masih ingusan dan lagi amit-amitnya imut-imutnya (versi orang tua saya), emak saya sengaja mengenalkan saya pada sayur dan buahan. Dan salah satunya adalah buah paprika. Karena memang sebelumnya antara saya dan paprika nggak saling mengenal satu sama lain.

Guna mencukupi kebutuhan asupan gizi, menjadi satu-satunya alasan emak waktu itu. Beliau menginginkan anaknya tumbuh sehat dan kuat. Sekuat mental jomblo ketika pergi kondangan sendirian.

Kenapa harus paprika?? Karena seperti yang kita ketahui bersama, buah paprika itu mengandung vitamin C dan vitamin A dalam jumlah tinggi, baik untuk kesehatan kardiovaskuler (jantung) dan kandungan-kandungan penting lainnya yang nggak mungkin saya sebutin satu persatu.

Kebiasaan mengonsumsi paprika ini pun menurun kepada saya. Yang mau nggak mau istri saya pun turut mencicipi resep dari Emak saya itu.

Kebanyakan dari kita mengolah buah paprika sebagai bahan makanan pelengkap yang dicampur bersama sayuran. Tapi emak saya justru mengolahnya menjadi paprika goreng tepungEntah dapat ide dari mana emak saya mengolahnya menjadi penganan paprika goreng tepung yang lezat. Tapi saya yakin seyakin yakinnya, idenya pasti bukan dari Cosmos.

Bahan-bahannya pun sangat mudah didapat. Anda nggak perlu susah-susah membelinya melalui online shop maupun melalui situs e-bay. 

Bagi Anda yang penasaran dan mau mencobanya, langsung saja lihat bagaimana cara pembuatan paprika goreng tepung berikut ini :

Langkah pertama, siapin bahan-bahannya :

- paprika
Cukup paprikanya saja. Daun sama batangnya nggak perlu. Apalagi mba-mba cantik yang ngejual paprikanya.

Paprika Hijau


- 1 butir telur ayam
Siapin 1 butir telur ayam. Ingat ya!! Ayam yang betina.

- tepung terigu
Tepung terigu secukupnya disesuain sama jumlah paprika yang mau digoreng.

- garam dan penyedap rasa secukupnya

- air matang secukupnya
Air matang ini untuk mencampur adonan tepung. Disaranin jangan pakai air Zam-Zam. Apalagi air Asia.

- minyak goreng
Hindari menggoreng dengan menggunakan minyak goreng bekas, karena katanya BERBAHAYA bagi kesehatan Anda, meskipun pada kenyataannya sangat MENYEHATKAN isi dompet.

Langkah kedua, siapin alat-alatnya :

- kuali
Jangan sekali-kali menggoreng memakai panci, kecuali darurat.

- spatula
Alat untuk mengaduk sewaktu menggoreng di kuali. Kata 'spatula' ini sempat dipopulerkan oleh tokoh spiritual dari Bikini Bottom : Spongebob Squarepants.

- mangkok
Tempat untuk mengaduk adonan terigu. Masa iya mau mengaduk adonan terigu di tangan.

- sendok buat mengaduk adonan tepung di mangkok

- pisau

- talenan

- kompor sama gasnya

- piring buat naro hasil paprika goreng

Langkah ketiga :

Campurkan tepung terigu, air, telor, garam dan penyedap rasa menjadi satu  ke dalam sebuah mangkok. Dan aduk terus sampe Menara Pisa jadi tegak lurus merata.

Potong-potong paprika tersebut. Potong sedang saja ya, jangan terlalu tipis atau tebal. Sesuain sama selera saja, doyan yang tipis atau tebal.

Adonan Terigu di Mangkok dan Potongan Paprika Hijau di Talenan

Langkah keempat :

Celupin potongan paprika tadi ke dalam adonan tepung. Lalu goreng dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Kecuali Anda penyuka warna hitam (gosong).

Menggoreng Dengan Api Sedang


Langkah kelima :

Angkat paprika goreng yang keliatannya sudah berwarna agak kecoklatan dan buang tiriskan lebih dulu biar nggak terlalu banyak minyaknya. Sajikan ke dalam sebuah ember piring.

Taraaaaa....

Sepiring Paprika Goreng Tepung Siap Dihidangkan

Paprika goreng tepung sudah siap disantap. 

Paprika goreng tepung sangat lezat kalau disajikan sama saos sambal atau saos tomat. *Tuh... Paprika saja ada pasangannya, Saus!! Masa kamu nggak...??!

Piring Kosong
Mirip Promo Big Sale 90%, ludes hanya dalam hitungan menit.

Selamat mencoba dan semoga berhasil...

Baca juga artikel : Mengenal Pengobatan ATFG-8
                            8 Kalimat Yang Paling Sering Diucapkan Kasir Minimarket

10 comments

Ide kreatif mudah membuatnya dan jadi pengin coba...makannya anget anget pasti sedap

Reply

Enak banget Mas Dwi selagi hangat!! Apalagi ditambah saos dan disuapin sama anggota JKT48....

Reply

siap santap gan, hihi
http://apotekacemaxs.com/obat-tradisional-ginjal-bocor/

Reply

Jadi inget dulu aku pereksperimen sama masakan telur, kalo telur rebus, telur dadar, telur ceplok kan udah biasa nah aku iseng bikin tumis telur.



Pertama telurnya di dadar terus di iris panjang2 model emi terus di tumis deh. Pas tak cicipin ternyata waw rasanya konyol kayak tahu tp lebih gurih wkwk...

Reply

Hhehee aku juga pernah iseng bereksperimen bikin masakan tumis telur dadar dan pas tak cicipin waw rasanya unik hhehee

Reply

Kalo enak, bisa dipatenkan tuh, hahaha...

Reply

Yah sekali-kali mencoba makanan ala sendiri...

Reply

Kayaknya enak tuh, jadi ngiler gue :D bagi-bagi dong kalo masak, jangan makan sendiri *gaktaudiri*

Reply

Wah, udah keabisan deh...

Reply

Post a Comment