Tips Liburan Asyik di Rumah

Foto Interior Rumah Mewah - Blog Mas Hendra

Setiap manusia dari berbagai belahan di bumi manapun, sudah pasti memerlukan yang namanya liburan atau bahasa kerennya HOLIDAY. Tak perduli tua muda, pria wanita, miskin kaya, semua butuh liburan, bahkan termasuk para jomblo yang kelelahan dalam berjuang mencari pasangan hidupnya sekalipun. Semuanya butuh liburan dan hal ini sudah pasti bermuara pada beberapa alasan yang terbilang cukup klasik : Demi untuk refreshing, memulihkan tenaga, pikiran maupun semangat.


Mengisi waktu liburan nggak selalu identik dengan kegiatan jalan-jalan, berekreasi atau pun pergi ke rumah gebetan nenek. Liburan pun bisa dilakukan di rumah, karena beberapa alasan kuat, semisal malas untuk pergi kemana-mana, pengen nyantai total di rumah, keterbatasan biaya karena tanggung bulan, bentuk dompet yang sudah sangat tipis mirip banget kopeah (peci) atau yang tersisa hanya prajurit sekelas Kapiten Pattimura yang berjejer rapih mengisi dompet Anda, itupun cuma beberapa lembar saja. Jadinya nggak bisa kemana-mana selain di rumah. Disitu kadang saya merasa sedih.

Picture : https://aws-dist.brta.in/2014-03/00fc38555736e2385e3e2ce6628c8588.jpg
Yah mau nggak mau, liburan pun paling mentok hanya berdiam diri di pojokan rumah, mirip jomblo yang keselek sempak. Tentu saja hal ini benar-benar ngebosenin dan membuat teman-teman semua merasa jenuh.

Nah bagi teman-teman yang ingin liburan tapi ngalamin hal-hal seperti yang saya sebutin diatas, ada beberapa tips untuk mengisi waktu liburan yang asyik di rumah. Biar liburan akan terasa lebih seru dan nggak ngebosenin lagi. Let's check it out guys :

1. Lakukan hobi

Lakukan hal-hal yang teman-teman sukai selama liburan di rumah. Banyak hal yang bisa di lakukan, semisal menulis blog, membaca koleksi buku, menonton film, tidur, bermain gadget, ngutak ngatik motor, ngutak ngatik komputer, ngutak ngatik anak tetangga. SKIP!!

Dengan melakukan hobi teman-teman selama liburan, dijamin deh, liburan akan terasa lebih mengasyikkan dan nggak ngebosenin sekalipun cuma dilakukan di rumah.

2. Membereskan dan merapihkan rumah

Bagi teman-teman yang nggak sempat beres-beres rumah, karena alasan sibuk dan sebagainya, kayaknya momen di saat liburan adalah waktu yang pas banget buat beres-beres rumah.

Banyak loh manfaatnya, selain rumah jadi bersih dan kinclong, biasanya sih sewaktu kita beres-beres rumah, ada beberapa barang yang nggak sengaja kita temuin yang selama ini kita anggap hilang, yah biasanya sih berupa kepingan VCD atau DVD (pengalaman), pulpen, uang logam, topi, mantan (ini apa coba), mutiara yang hilang (ini mah judul lagu) maupun sederetan barang-barang lainnya.

3. Membaca buku favorit

Mengisi waktu liburan di rumah, juga bisa dengan cara membaca koleksi buku favorit kita loh. Coba deh, cek lagi koleksi buku-buku kita di rumah, mungkin saja ada yang belum sempat kita baca karena sibuk nge-stalking mantan. *eh...

Berusahalah buat ngerubah stigma, kalau membaca buku itu sebenarnya nggak selamanya ngebosenin. Nggak percaya?? Coba deh baca buku sambil ngemil atau minum secangkir kopi atau baca buku di depan teras rumah sambil dikipasin sama Chelsea Islan atau baca buku diatas pohon sambil ngadem bareng tenyom atau baca buku sambil merem.

4. Nonton film

Supaya liburan di rumah nggak ngebosenin, cobalah untuk menonton koleksi DVD film-film favorit yang ada di rumah. Cari film-film yang sudah lama nggak ditonton di rumah. Kalau nggak ada, beli dulu lah. Masa mau numpang nonton di rumah tetangga. Tetangga masa gitu. Supaya acara nonton film terasa lebih seru lagi, jangan lupa sediain kopi dan cemilan ringan, semisal bakso, ketoprak, mie ayam, gado-gado, cilok sebaskom atau somay.


Menonton film nggak selalu harus di bioskop, terutama saat kondisi dompet yang sudah sangat memprihatinkan dan ketipisannya bahkan mengalahkan kopeah (peci). Karena di rumah pun, kita masih bisa nonton film melalui DVD player. Dan liburan pun akan terasa lebih seru dan nggak ngebosenin.

5. Membuat acara keluarga

Ajak anggota keluarga yang lain untuk ngumpul bareng di rumah dan buat acara kecil-kecilan, semisal bakar ayam, bakar ikan, bakar jagung (kenapa jagung ini dibakar?) atau sekedar makan bersama. Meskipun cuma makan sama capcay, sop buntut, steak sapi, rendang, ikan gurame bakar atau udang bakar, tapi kalau ngumpul bareng keluarga, akan terasa sangat menyenangkan. Buatlah suasana senyaman dan sehangat mungkin.

Selain buat ngebuang rasa sepi dan bosan saat liburan, ngumpul bareng keluarga juga bisa mempererat tali kolor silaturahmi. Kan katanya kalau mau umur kita panjang, ya harus menyambung tali silaturahmi.

6. Main game

Buat yang merasa maniak game, sudah pasti kesempatan waktu liburan dimanfaatkan banget untuk bermain game

Bagi para gamer, momen di saat liburan sudah pasti waktu yang tepat untuk berpisah bermain game, selain untuk menghilangkan stress dan rasa lelah setelah bekerja, bermain game juga dipercaya mampu untuk mengendorkan otot-otot yang tegang dan menegangkan otot-otot yang kendor. *apa coba!!

7. Ngeblog

Bagi yang hobi ngeblog, momen sewaktu liburan adalah waktu yang sangat pas bagi para blogger untuk menulis. Karena bisa lebih konsen dalam hal menulis dan mencari inspirasi. Kata kebanyakan orang sih begitu, kita butuh timing dan momen yang tenang, biar menulis hasilnya menjadi lebih maksimal. Dan jangan lupa, kopinya, hehehe.

8. Ibadah

Jangan lupa, ibadah sewaktu liburan, akan menjadi lebih khusyu. Misalkan, bagi seorang Muslim yang mau berpuasa sunnah atau membayar hutang puasa Ramadhan, momen saat liburan pun dirasa sangat pas. Karena teman-teman akan merasa lebih banyak rileks di rumah tanpa harus capek pergi bekerja/kuliah/sekolah dan puasa pun akan terasa lebih khusyu.

Baca juga artikel : Makna Gambar di BBM.

Selain berpuasa, teman-teman masih bisa untuk melakukan ibadah lainnya saat liburan, semisal mengkhatamkan Alqur'an atau membaca buku-buku agama. Selain bermanfaat dan mendapatkan pahala, kegiatan ibadah tersebut juga dapat lebih mendekatkan diri kita sama Allah Ta'ala.

-------

Demikian sedikit tips liburan asyik di rumah ala Blog Mas Hendra. Bagaimana dengan liburan teman-teman? Ada yang mau menambahkan? Silahkan sharing saja di kotak komentar yaa...

Semoga bermanfaat...

Baca juga artikel lainnya : 

30 comments

Menyalurkan hobi sangat menyenangkan biarpun cuma dirumah apalagi yang suka oprek barang elektronik waktu tdk terasa

Reply

Ngeblog udah tiap hari, baca2 artikel udah tiap hari juga (kutu gugel nih), nonton tivi udah biasanya sampe ngembun malah, tp semua hal itu bikin emak ane merepek krn bosen ngliat ulat sagu yg bergulingan mulu di depan tivi gan hhehee

Reply

Kalau sekarang liburan di rumah aja, nggak bisa kemana-mana. Maklum udah punya si kecil. Jadi banyak waktu yang di habiskan dengan si kecil. Kalau dulu suka bosan di rumah, nggak ada kerjaan.
Tapi kalau liburan di rumah aja malah jadi irit, nggak ngabisin duit.

Reply

Iya bener banget Mas Dwi. Bagi yang hobi ngoprek apa aja, waktu cepet banget berlalu nggak terasa... Mas Dwi hobi ngoprek apa tuh???

Reply

Wah kalo ini malah kebalikannya, kebanyakan liburan yaa gan, hahaha...

Reply

Kalo udah punya anak, bawaannya pasti pengen liburan di rumah terus ya Mas...

Reply

Aku kalo nggak ada acara biasanya hanya sante di kamar. Mentok tiduran :-D

Reply

Kalo saya yg no 4,6,7,8 kalo liburan di rumah

Reply

Siip lah, nggak beda jauh sama kayak saya, hah ah

Reply

Kalo saya dari nomor 1-8 BRO

Reply

paling seneng diisi dengan masak, coba coba resep baru meski sering gagal mas hend

Reply

Jangan pernah takut buat mencoba. Gagal adalah keberhasilan yang belum berhasil...

Reply

Kalo hobinya tidur gimana yaa?

Reply

Ya gak apa-apa, namanya juga manusia, kan butuh istirahat...

Reply

Saya suka yang nomor 7...

Reply

Kalau lagi liburan sih, biasanya aku suka nyanyi-nyanyi sendiri di kamar. Dan membereskan hati yang udah diacak-acak sama orang. Eeh.

Reply

pastilah yang di posting itukan pengalaman pribadi :v

Reply

Waduh, malah curhat, hahaha...

Reply

Saya semuanya, huahahaha...

Reply

Setuju deh mas, saya orang yg jarang pergi2 keluar saat liburan. Lebih senang nonton dvd dan nge blog dirumah. Adem ayem dikamar, hehe :D

Reply

Hahaa icha mah emang gitu mas. Ada curhat terselubung disetiap komen2 nya
wkaka

Reply

Jeritan hati yang sudah tak terbendung...

Reply

*TOS...!! Samalah kayak saya, males gerak...

Reply

Yang bikin ga asyik tuh ga ketemu temen temen :3
Aku udah lakuin semuanya xD tapi kadang kadang suka mager juga sih. Dikasuuuur aja kerjaannya xD

Reply

Yah sudhaah pasti kita jadi jarang ketemu temen-temen. Tapi mungkin justru bisa mengundang temen-temen datang ke rumah untuk bikin acara kecil-kecilan, jadi biar seru aja gitu....

Hidup Mager!!!

Reply

itu tips yang paling ok, di rumah bukan berarti membosankan

Reply

Iya dong, harus dibikin seru, biar gak ngebosenin...

Reply

Wulan senengnya buka kartu ih :p

Reply

Adduh keceplosan cha..
maap..
*sungkeman

Reply

Post a Comment