Serunya Belajar Pakai Aplikasi Kooliah

Serunya Belajar Dengan Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra

Serunya belajar pakai aplikasi KooliahSaya masih ingat, menjelang ujian kelulusan SMK di tahun 2000, pihak sekolah mengadakan materi pelajaran tambahan di luar jam sekolah atau biasa disebut juga LES. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkaya siswa dengan materi-materi pelajaran agar para siswa tidak mengalami kesulitan sewaktu menyelesaikan ujian kompetensi. Dan juga agar proses mentoring siswa menjadi lebih maksimal.


Tentu saja, waktu itu saya dan teman-teman dituntut agar lebih aktif dan kreatif untuk mencari materi pelajaran tambahan dengan membaca buku-buku yang berjejer rapih di perpustakaan sekolah. What, perpustakaan??? Yup perpustakaan sekolah menjadi sumber referensi satu-satunya untuk mencari materi pelajaran. Karena waktu itu belum tersedia internet dan gadget, jadi mau tidak mau kami harus pergi ke perpustakaan sekolah atau perpustakaan umum lainnya.

Where Is The Book? - Blog Mas Hendra
Belajar melalui perpustakaan memiliki seni tersendiri. Jika stock buku yang dicari sedang dipinjam, kami pun harus rela menunggu sampai buku itu kembali. Karena memang stock buku yang tersedia tidak begitu banyak. 

Kartu anggota perpustakaan sekolah dan juga perpustakaan umum, selalu saya bawa setiap ke sekolah, hal ini untuk memudahkan saya jika ada keperluan yang mendadak untuk mencari buku.

Saya menyadari, keberadaan perpustakaan sekolah menjadi tempat vital bagi kami untuk menambah wawasan waktu itu. Dari situ, jika saya menemukan artikel yang bermanfaat, lalu saya foto copy atau jika artikel yang dicari tidak banyak, kami hanya perlu mencatat ulang di buku catatan. 

Reading A Book - Blog Mas Hendra
Mungkin bagi kamu yang lahir kekinian dimana gadget sudah begitu canggih, sangatlah mudah mencari artikel melalui internet. Hanya tinggal cari lewat mbah Google di smartphone, kalau sudah ketemu artikel yang diinginkan, bisa langsung disimpan. 

Teknologi sudah semakin maju dan internet pun semakin mudah diakses. Selain membaca buku di perpustakaan, beragam materi pelajaran pun dapat dengan mudah kita cari di internet. Proses belajar pun menjadi lebih mudah.

Bahkan kini sudah tersedia aplikasi pintar yang dirancang khusus bagi kamu yang ingin belajar secara online, dengan beragam materi pelajaran yang dapat kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat kamu.


Kooliah, Discover Your Passion - Blog Mas Hendra
Kooliah, Discover Your Passion 

Satu hal yang perlu kamu ketahui, Aplikasi KOOLIAH merupakan sebuah aplikasi pintar yang dirancang khusus dalam hal penyediaan layanan bimbingan dan konsultasi untuk membantu memudahkan proses belajar.



Apa Itu Aplikasi Kooliah? - Blog Mas Hendra


Aplikasi Kooliah di Smartphone Asus Zenfone Max - Blog Mas Hendra
Ada pepatah yang mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang". Jika kamu ingin menambah wawasan, maka sebaiknya kenalan dulu dengan aplikasi Kooliah. Tidak hanya bermanfaat untuk menunjang proses belajar, aplikasi Kooliah juga sangat berguna bagi kamu yang masih bingung untuk memilih jurusan saat kuliah nanti. Mengapa demikian?

Menurut sebuah survey, 7 dari 10 orang mahasiswa mengaku sering mengeluh salah memilih jurusan ketika memasuki semester tiga keatas. Ada yang memutuskan untuk pindah jurusan, bahkan ada yang tidak serius untuk belajar, lebih parahnya lagi tidak sanggup meneruskan kuliah dan lebih memilih drop out.

Nah disinilah fungsi Aplikasi Kooliah, sebagai pembimbing sekaligus konsultasi bagi kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, agar tidak bingung disaat ingin mengambil keputusan.


Lalu fitur-fitur keren apa saja yang tersedia di aplikasi Kooliah? Berikut adalah 4 fitur utama yang dapat kamu coba :

1. DISKUSI
📹 : Stone's Throw Media
Diskusi - Blog Mas Hendra
Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan diskusi dengan mahasiswa terbaik yang sesuai dengan jurusan favorit kamu. Diskusi ini tentu saja akan membantu memecahkan permasalahan yang kamu hadapi.

Melalui sebuah diskusi, masalah yang dihadapi akan menjadi ringan, karena kamu akan banyak mendapatkan solusi sekaligus pemecahan permasalahan yang kamu hadapi. Inilah hebatnya Kooliah, bukan hanya berfungsi sebagai aplikasi pintar saja, namun juga mampu sebagai "guru pembimbing".


2. STUDY TRIALS
📹 : Stone's Throw Media
Study Trials - Blog Mas Hendra
Fitur ini memberikan kesempatan buat kamu yang ingin mencoba model perkuliahan di jurusan favorit kamu. Sehingga kamu bisa merasakan seperti apa rasanya kuliah di jurusan pilihan kamu, sebelum benar-benar kuliah yang sesungguhnya.

Melalui fitur ini, diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pengguna untuk setidaknya mengenal seluk beluk jurusan perkuliahan favorit, mulai dari metoda perkuliahan, sistem perkuliahan maupun materi yang akan didapatkan nanti di dunia perkuliahan.


3. SCHOLARSHIPS
📹 : Stone's Throw Media
Sholarships - Blog Mas Hendra
Kamu juga bisa meningkatkan keahlian kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan tujuan untuk  mendapatkan dana dari lembaga penyedia beasiswa. Keren banget kan?

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa, maka fitur Scholarships merupakan pilihan yang tepat, agar apa yang diinginkan (beasiswa) dapat terwujud.


4. STUDY NEEDS
📹 : Stone's Throw Media
Study Needs - Blog Mas Hendra
Untuk meningkatkan perkembangan studi selama kuliah, kamu juga bisa menemukan berbagai layanan studi yang kamu perlukan, seperti konsultasi jurnal, konfrens, seminar dan lain sebagainya.

Seperti diketahui jika memasuki dunia perkuliahan tidak hanya berkutat dengan proses belajar mengajar saja, namun beragam permasalahan kompleks didalamnya juga akan ditemui para calon mahasiswa. Nah disinilah peran Kooliah untuk memberikan kebutuhan studi yang kamu perlukan.


Bagaimana Cara Memakai Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra

4 Langkah Mudah Menggunakan Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra

Setelah kamu mengenal beragam fitur menarik didalamnya, maka bahasan selanjunya adalah cara menggunakan aplikasi pintar ini. Bagi kamu yang masih penasaran bagaimana serunya belajar online lewat aplikasi Kooliah, berikut adalah cara menggunakan aplikasi Kooliah :


1. Install Aplikasi Kooliah
Install Aplikasi Kooliah di Smartphone - Blog Mas Hendra

Hingga tulisan ini dibuat, aplikasi yang dikelola oleh Citra Waras Developer ini, sudah didownload lebih dari 100 kali. Ukuran aplikasi ini tidak banyak memakan memori smartphone, hanya sekitar 12MB saja.

Berhubung ukuran aplikasinya kecil, saya bisa mendownload di smartphone saya tanpa perlu khawatir akan kekurangan kapasitas memori, karena memori smartphone saya cukup besar, 16GB. Oh iya, hingga bulan April 2017 ini, versi terbaru dari aplikasi ini adalah versi 1,8. Team dari Kooliah, masih terus meningkatkan performa dengan memperbaiki kesalahan atau bug disana sini.


2. Register  
Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dulu. Tenang saja guys, tanpa dipungut biaya alias gratis. Caranya cukup mudah. Isi nama lengkap, alamat email yang valid, buat password, lalu konfirmasi password sekali lagi dan terakhir beri tanda ceklis. Kalau sudah selesai, klik Register.
 
Cara Register di Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra

Team Kooliah akan mengirimkan email notifikasi bahwa proses registrasi sudah berhasil. Sekarang kamu bisa bebas menggunakan aplikasi Kooliah untuk belajar dan menambah wawasan.

3. Login
Setelah proses registrasi berhasil, langkah selanjutnya kamu login melalui aplikasi Kooliah dengan memasukkan email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Cukup dengan sekali login, kamu sudah bisa masuk ke aplikasi Kooliah seterusnya.
Proses Login ke Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra
Kamu juga bisa login ke aplikasi Kooliah di smartphone yang lain dalam waktu yang bersamaan, jadi tidak perlu logout dulu untuk masuk ke aplikasi Kooliah di smartphone lain. Sangat praktis!


4. Menjawab Soal Latihan
Setelah proses login, kamu bisa mulai belajar dan memilih salah satu materi pelajaran yang kamu inginkan. Lalu jawab soal latihan yang diberikan. Tenang saja guys, karena team Kooliah sudah menyiapkan materinya kok. 
Latihan Dulu Yuk! - Blog Mas Hendra

Saya pun mencoba menjawab soal latihan tentang Anatomi & Fisiologi Traktus Pernapasan. Setelah mengisi kelima pertanyaan yang diberikan, lalu klik Submit, tapi sayangnya masih ada satu jawaban yang salah, hehehe...


Menjawab Soal Latihan di Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra


Keunggulan Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra


Apa Saja Kelebihan Aplikasi Kooliah? - Blog Mas Hendra

7 Kelebihan aplikasi Kooliah. (gambar : www.blogmashendra.com)

Setelah kamu tahu cara menggunakan aplikasi Kooliah, berikut adalah alasan mengapa kamu harus mencoba aplikasi ini sebagai media belajar online. Berikut adalah kelebihan aplikasi Kooliah yang tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya :

1. Mudah Digunakan
Aplikasi Kooliah didesain agar mudah digunakan oleh siapapun, bahkan oleh pengguna awam sekalipun. Pada halaman utama, hanya tampak kumpulan soal latihan yang selalu update. Menu yang tersedia simpel dan sedikit sehingga tidak membingungkan pengguna.

2. Banyak Pilihan Materi Pelajaran
Materi pelajaran yang disediakan juga beragam dan selalu update, sehingga kamu bisa bebas memilih dan tidak merasa bosan dengan materi yang itu-itu saja. Beragamnya materi yang disediakan oleh team Kooliah, tentu akan memudahkan proses belajar kamu, dan belajar pun menjadi lebih seru dan mengasyikkan dengan banyaknya materi yang tersedia.

3. Bisa Request Materi dan Soal Latihan
Enaknya belajar online lewat Kooliah, kamu bisa request materi pelajaran yang kamu inginkan. Misalnya kamu pencinta akuntansi, maka kamu bisa mengajukan materi dan soal latihan dengan cara mengisi data yang diminta, alamat email yang valid, topik kuliah dan keterangan lainnya. lalu klik Kirim.
Mau Request Materi di Aplikasi Kooliah? Bisa! - Blog Mas Hendra

4. Materi Bisa Diprint
Kamu tertarik dengan materi yang ada oleh aplikasi Kooliah? Tenang saja, disini, kamu bisa download materi pelajaran mana saja yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa print materi dalam format PDF atau bahkan kamu juga bisa meng-copy materinya dan meletakkannya di website/blog milik kamu. Inilah keunggulan aplikasi Kooliah yang tentu saja akan memberikan banyak benefit bagi penggunanya.

Asyiknya lagi, kamu juga bisa mengoleksi materi-materi yang ada dari aplikasi Kooliah untuk diletakkan di dalam website/blog milik kamu. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan referensi loh.

5. Mengasah Otak
Kangen waktu ujian sekolah dulu? Bagi kamu yang merasa kangen dengan ujian sekolah, kamu bisa menjawab deretan soal latihan yang ada. Aplikasi Kooliah cocok banget bagi kamu yang ingin mengasah otak. Hampir mirip dengan teka teki silang, sama-sama menantang dan pastinya seru.

6. Praktis
Kenapa saya bilang praktis? Jelas dong, kamu tidak perlu lagi repot-repot buka tutup tab dari satu website ke website lainnya untuk mencari artikel sebagai bahan referensi. Semuanya sudah tersedia lengkap di aplikasi Kooliah. Masih ada yang kurang? Tenang saja, kamu hanya perlu kirim email untuk  request materi dan soal latihan.

7. Membentuk Karakter yang Pintar dan Cerdas
Kalian sepakat dong, banyak membaca dan terus belajar, tentu akan membuat seseorang menjadi bertambah wawasan dan kaya akan ilmu pengetahuan, sehingga menjadi orang yang pintar dan cerdas.




Aplikasi Kooliah Dalam Angka - Blog Mas Hendra

Setelah saya menginstall di smartphone, saya sering menggunakan aplikasi pintar ini untuk menambah wawasan saya sekaligus mengasah otak. Selain itu, ada beberapa materi yang saya rasa cocok untuk saya sebagai seorang blogger. Biasanya materi yang sering saya kunjungi sesuai passion saya adalah materi yang membahas tentang dunia kepenulisan, komunikasi dan bahkan bahasa Inggris.


Materi yang Paling Sering Dicari - Blog Mas Hendra

Demi kemajuan aplikasi Kooliah pada masa mendatang dan mampu "membentuk" karakter yang cerdas, maka sebagai pengguna yang baik dan peduli masa depan aplikasi pintar ini, saya pribadi memiliki penilaian khusus untuk kamu Kooliah :
Nilai Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra

- User Experience : dari sisi pengalaman saya sebagai pengguna, cukup terkesan dengan aplikasi pintar ini ; mudah digunakan, tampilan sederhana, ada gambar pendukung artikel dan pilihan materi yang beragam. Makanya saya kasih nilai 9.

- Materi : untuk materi sendiri saya kasih nilai 8. Materi yang disajikan sudah cukup beragam, sehingga membuat saya tidak bosan. Materinya pun sudah update secara rutin, walau alangkah lebih baik lagi jika bisa di-update setiap hari lebih dari 1 artikel/hari.

- Warna : tampilan warna putih lebih mendominasi dengan warna pink pada bagian bar sisi sebelah atas. Lalu untuk bagian LOGIN, warnanya adalah biru muda. Alangkah lebih baik jika disediakan sebuah menu untuk merubah warna. Saya kasih nilai 6.
Warna Display Menu Login Aplikasi Kooliah - Blog Mas Hendra

- Tampilan : aplikasi pintar ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga akan memudahkan pengguna untuk menjelajahi setiap bagian aplikasi Kooliah. Saya suka dengan tampilannya yang terkesan sederhana dan tidak bikin pusing mata, makanya saya kasih nilai 8.

- Kecepatan : untuk speednya saya kasih nilai 7. Waktu loading yang dibutuhkan lumayan cepat. Perlu menunggu beberapa saat ketika menampilkan materi-materi yang sudah diupdate. 

Semoga dengan penilaian dari saya pribadi diatas, dapat menjadi masukan berharga bagi aplikasi Kooliah agar dapat selalu memberikan yang terbaik bagi pelajar-pelajar di tanah air.



Akhirul Kata - Blog Mas Hendra


LAGI! Saya dan Asus Zenfone Max - Blog Mas Hendra
Awalnya saya mengira kalau bakalan bosan dengan aplikasi ini, tapi ternyata saya keliru. Saya begitu enjoy dengan aplikasi pintar ini. Mulai dari materinya cukup lengkap sekaligus dapat menambah wawasan saya.

Kita pun dapat mengetahui sampai sejauh mana kemampuan kita dalam penguasaan materi tersebut, dengan menjawab soal latihan yang disediakan, lalu dikirim (submit) persis seperti lagi ujian. 

Bukan hanya ditujukan untuk pelajar saja loh guys, bagi yang non pelajar pun bisa ikutan belajar dan mencoba menjawab soal latihan yang sudah disediakan. Seperti yang sudah saya coba diatas, menjawab soal latihan, tapi masih ada beberapa jawaban yang salah.

Mau tau serunya belajar pakai aplikasi Kooliah? Makanya sekarang buruan coba install di smartphone kamu dan cobalah untuk menjawab soal latihan yang ada.

Lumayan untuk mengasah otak biar encer, hehehe... Tidak sia-sia deh kalau kamu install aplikasi Kooliah. Mengisi waktu luang dengan belajar online di aplikasi Kooliah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentu lebih baik bukan?!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

28 comments

Wah keren ya aplikasi kooliah. Ini cocok sekali buat saya yang berencana mau ambil kuliah juga suatu saat nanti

Aaamiiin, Mudah-mudahan dapat bermanfaat ya mas Amir artikelnya dan selamat menginstall

Aplikasi Kooliah yang memang saat ini sedang digandrungi para siswa sangat membantu dan bikin siswa makin asik dengan gadgetnya, tentu banyak hal positif dapat dilakukan melalui aplikasi keren ini.
kalau saya jurinya, artikel aplikasi kooliah ini keren.

....saya yes

Makasih mang Lembu atas apresiasinya. Memang sudah seharusnya aplikasi pintar lebih banyak dibuat, agar para siswa dapat memanfaatkan gadget secara maksimal untuk keperluan belajar dan menambah wawasan...

Wih keren, lengkap bgt artikelnya. Coba dulu ah

Eanak banget nggak perlu repot repot cari materi atau soal buat latihan tinggal buka saja aplikasi kooliah.Maju terus buat pendidikan indonesia

COBA bang, nanti jawab soal latihannya deh...

Iya mas Dwi, lewat aplikasi Kooliah, belajar online jadi lebih praktis. Cobain aja buat mengisi waktu luang

Membaca reviewnya yang begitu lengkap, membuat saya penasaran dan ingin mencobanya kang.. Ntar tak search di play store ahh.. apk kooliah ini.. Nuhun kang...

Silahkan kang, didownload aja aplikasinya dan cobain jawab soal latihannya satu persatu, kalo udah, kumpulin ya...

saya malah baru tahu ada aplikasi kooliah. sayangnya sy sdh tdk kuliah lagi

Bukan cuma buat anak kuliahan aja kok, siapapun juga bisa, kan belajar itu perlu untuk usia berapapun

Selalu super lengkap pembahasannya, keren deh.

Semoga sesuai ekspektasi para juri, hehehe... Pak Rustam nggak ikutan?

Good luck lombanya ya, Mas.
Aku baru dengar nama aplikasi ini, tapi pengen tahu sendiri aku coba search di google play aja ya, Mas..hehe

Cobain aja mas, siapa tau ketagihan

enak ya mas sekarang apa2 ada aplikasinya. semoga ini tidak meruntuhkan daya juang dalam mengejar llmu.. ;-)

Aaamiiin, semoga saja dapat menumbuhkan semangat untuk belajar lebih giat lagi ya mba Ira

keren aplikasinya mas hendra..
pastinya belajar tambah seru jika bisa dilakukan dimana-mana tanpa harus gondol buku kesana kemari.

solusi yang mantap..

Iya mas Eka, dengan aplikasi ini,belajar jadi lebih praktis...

Bagus ikh cara penyampainya lengkap dan detail 😃

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini...

Bisa buat bljr bhs inggris jg? Asik bgt yaa aaa jd pgn kuliah lg :)

Bisa dong, kan di Kooliah banyak pilihan materi pelajaran...

bener banget, dulu banyak banget teman - teman merasa salah masuk jurusan. Keren nih aplikasinya karena ada scolarship, waktu kuliah seneng banget cari beasiswa :D

Iya dong mba Sari, sekarang mah belajar online jadi lebih mudah karena ada aplikasi Kooliah...


EmoticonEmoticon