Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gokil!! Ikutan Bloggercrony Community (BCC) Bisa Upgrade Skill

Event BloggerDay 2024

Awalnya saya pikir menjadi blogger itu harus pandai menulis artikel saja. Ternyata tidak sesimpel itu Ferguso! Seiring berjalannya waktu, seorang blogger juga harus menguasai beberapa skill lainnya untuk menunjang aktivitas ngeblognya, misalnya saja membuat video, membuat infografis untuk mempercantik artikel hingga memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). 

Menurut saya pribadi, semua hal di atas cukup penting untuk diterapkan. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, seorang blogger mesti mampu beradaptasi dengan teknologi digital yang terus berkembang, sehingga bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan kemampuan blogging yang dimilikinya.

Mengapa demikian? Karena semakin banyak skill yang kamu kuasai, maka semakin tinggi value yang bisa kamu dapatkan. Dengan value tersebut, tentu bisa menjadi bekal bagi kamu untuk terus mengembangkan bakat menulis dan membuat konten di blog maupun platform media sosial lainnya.

Sudah Dapat Apa Aja Selama Ngeblog?

Awal mula membuat blog, tidak pernah kepikiran oleh saya akan mendapat benefit yang begitu banyak. Bahkan untuk mencari uang dari internet lewat blog pun tidak pernah terbersit sebelumnya. Yang ada di pikiran saya waktu itu, ya hanya menulis saja dan membagikan artikel kepada pembaca.

Saya memulai ngeblog sekitar tahun 2013 dan memulainya dengan blog gratisan. Setahun kemudian, saya mulai menekuni hobi tersebut dengan membeli domain berbayar. Wah ternyata asyik juga menulis di blog pribadi. Yaah layaknya buku harian digital, tapi kontennya juga bisa dibaca oleh pembaca dari mana pun.

Manfaat Ikutan Komunitas Blogger
Ikutan event talk show sesama blogger 

Melalui blog yang saya kelola ini, saya bisa bebas menuangkan berbagai pendapat, ide ataupun pengalaman ke dalam sebuah tulisan. Mungkin pengalaman yang saya bagikan ini nilainya tidak seberapa, tetapi mungkin saja bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan informasi tersebut.

Ah cuma ngeblog doang, emang bisa dapat apa aja dari blog?

Seiring berjalannya waktu, ternyata hobi tersebut menghasilkan cuan alias uang. Selain itu, saya juga mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Pokoknya benefitnya sangat beragam.

Juara 1 Lomba Blog Cheria Holiday
Alhamdulillah, pernah dapat hadiah jalan-jalan gratis ke Aceh dan Pulau Sabang di tahun 2017. Inilah enaknya jadi blogger! 

Selain mendapatkan uang, saya juga mendapatkan voucher belanja gratis, bisa jalan-jalan gratis, dapat produk gratis, dapat akses untuk kursus gratis, bisa merasakan menginap gratis dan yang terpenting adalah merasakan pengalaman berharga.

Berbagai pengalaman berharga, saya simpan di halaman : Rewards yang telah saya peroleh 

Dapat Voucher Sodexo Gratis
Asyiknya jadi blogger dapat voucher Sodexo gratis 

Dapat Hape Asus dari Lomba Blog
Hadiah lomba blog Asus 

Untuk bisa mencapai posisi ini, pastinya ada proses yang panjang dan proses tersebut tidaklah mudah. Saya membutuhkan effort yang cukup besar dan tentunya konsistensi yang tinggi dalam mengelola blog maupun mempelajari skill selain menulis artikel.

Jangan Mau Jadi Blogger Sekadarnya. Upgrade Skill di Komunitas Bloggercrony Indonesia!

Setiap blogger memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sukses. Tidak hanya lewat blog saja, tetapi juga channel YouTube, akun Instagram maupun Tiktok yang dikelolanya secara profesional. Nah, untuk bisa mencapai itu semua, tentu saja kamu harus upgrade skill dan terus gali potensi diri.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill, kamu bisa bergabung ke dalam sebuah wadah atau komunitas. Dengan begitu, kamu bisa bertemu banyak orang yang juga punya passion yang sama. 

Ulang Tahun Bloggercrony 2024

Biasanya, yang namanya komunitas pasti sering mengadakan kegiatan rutin, seperti kopdar alias pertemuan untuk membahas berbagai macam hal ataupun sekadar hangout bersama. Dengan rutin mengikuti kegiatan tersebut, kamu bisa saling mengenal satu sama lain, sekaligus bisa saling berbagi informasi, bertukar ide, pikiran maupun gagasan. 

Bloggercrony Community atau BCC adalah salah satu Komunitas Blogger Indonesia yang telah hadir sejak Februari 2015 yang diketuai oleh Mas Satto, Mba Wardah dan Mba Anesa Nisa. BCC menjadi wadah bagi para blogger untuk saling berkomunikasi dan membahas berbagai hal seputar dunia blogging.

Nah, melalui komunitas BCC ini, sudah saatnya kamu belajar banyak hal baru dari orang-orang yang tergabung di dalamnya. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan banyak sekali wawasan sekaligus pengalaman baru. 

Untuk Kepentingan Bersama, Ini Daftar Program Komunitas BloggerCrony Indonesia 

Pengurus Komunitas BloggerCrony Indonesia

Bloggercrony saat ini memiliki empat program yang bisa kamu ikuti, yang mana keempat program ini berkontribusi terhadap perkembangan skill ngeblog. Berikut adalah program-program yang dimaksud : 

1. BloggerHangout

Melalui Program #BloggerHangout, para blogger bisa saling bertemu/kopdar di suatu tempat untuk membahas mengenai berbagai permasalahan seputar blogging. Tujuannya tentu untuk meningkatkan, mengembangkan (upgrade) kemampuan blogging, mulai dari menulis hingga sharing seputar dunia blogger.

Melalui program ini juga, setiap blogger bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan agar bisa menaikkan level, sekaligus Bloggercrony memiliki ciri khas atau karakteristik yang membedakan dalam tulisan-tulisan karyanya.

2. BloggerView

Program BCC selanjutnya adalah #BloggerView. Melalui program ini, para blogger terpilih berdasarkan kriteria yang dibutuhkan, akan diminta untuk mengulas acara yang diikuti, dan mempublikasikannya di blog atau media sosial pribadi.

3. BloggerCare

Saya salut dengan BCC dengan adanya program #BloggerCare. Melalui program ini, BCC akan menggalang donasi dari para member, lalu mengumpulkannya dan menyalurkan langsung kepada yang berhak menerimanya.

Kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas dari teman-teman yang tergabung di BCC untuk sama-sama ikut membantu teman-teman yang sedang terkena musibah. Dengan program ini, setidaknya sedikit membantu meringankan beban mereka.

4. BloggerPreneur 

Kegiatan yang mendukung para blogger yang memiliki usaha mandiri agar bisa lebih berkembang dan memiliki kemampuan daya saing yang lebih baik. Dengan demikian, usahanya bisa dikenal lebih luas lagi.

Menarik dan Bermanfaat, Serunya BloggerDay 2024

Hari Minggu, 25 Februari 2024, saya mengikuti kegiatan BloggerDay 2024. Event ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi Komunitas Bloggercrony Indonesia yang ke-9. Kebetulan saya berkesempatan untuk bisa hadir di acara seru ini.

BloggerDay 2024 di Carro Square, Pondok Indah, Jakarta Selatan

Peserta Beruntung Dapat Hadiah di BloggerDay 2024

Peserta dari luar Jabodetabek, dijemput pakai armada Bluebird 

Acara tidak hanya dihadiri oleh blogger Jabodetabek saja, tetapi juga blogger dari berbagai daerah lainnya, seperti Bandung, Semarang hingga Surabaya. Maka dari itu, dari yang hanya kenal secara daring saja, sekarang saya bisa langsung bertatap muka dengan blogger-blogger hebat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kerennya, seluruh peserta di luar Jabodetabek akan dijemput di beberapa titik penjemputan dengan menggunakan armada dari Bluebird. Bigbird (layanan bus Bluebird) memberikan pelayanan mobilitas yang menyenangkan dan bisa diandalkan.

Peluncuran buku perdana BCC 

Pada kesempatan ini, BCC juga meluncurkan buku perdananya yang berjudul "Skena Blogger". SKENA sendiri merupakan akronim dari Sua, cengKErama, kelaNA. Yang menarik dari buku ini adalah buku dibuat oleh 17 blogger yang tergabung dalam anggota Bloggercrony Community.

Blogger juga punya skill sketcher

Nah inilah yang dinamakan blogger upgrade skill. Adalah Mba Arya, seorang blogger yang juga tergabung dengan komunitas Indonesia Sketcher, memamerkan hasil karyanya yang cantik di event BloggerDay 2024 ini. Ia membuat sebuah sketsa gambar yang menceritakan seluruh kegiatan BloggerDay 2024 ini.

Keren banget sih ini. Bloggercrony Community juga berkolaborasi dengan komunitas lainnya, yakni Komunitas Indonesia Sketcher. Mba Arya ini emang beberapa kali diundang dan mengikuti kegiatan BCC.

Pemutaran film Jagaditta

Agenda selanjutnya pemutaran film singkat yang mengangkat tema seputar hutan dan lingkungan sekitar. Film keren ini hasil besutan Mba Dewi Puspa yang tergabung dengan komunitas pecinta film di Kompasiana (Komik). Adapun pemeran utamanya adalah Mas Uwan Urwan. Keduanya merupakan blogger yang juga rutin membuat konten film.

Film Jagaditta ini dibuat pada tahun 2022 lalu dan memenangkan salah satu kategori pada Festival Film Jember 2023. Keren banget! Banyak blogger yang ternyata memiliki skill mumpuni selain menulis.

Mengenal Ilmu Grafologi 

Pada sesi penutup, kami semua dikenalkan dengan ilmu Grafologi atau ilmu yang membaca tulisan tangan. Materi disampaikan dengan santai oleh Mba Diana, seorang grafolog sekaligus pengusaha di bidang kuliner. 

Hanya dengan melalui sebuah tanda tangan dan nama yang ditulis menggunakan pulpen, seorang grafolog mampu membaca kondisi psikologis hingga kepribadian orang tersebut. Menariknya lagi, ilmu grafologi ini kerap digunakan untuk mengungkap suatu kasus kriminal loh. Keren kan!

Bertabur hadiah dari berbagai sponsor 

Jujur aja ya, meski baru pertama kali ikutan BloggerDay, tapi acaranya seru banget dan bertabur hadiah. Untuk memeriahkan acara ini, BCC juga merangkul beberapa pemilik UMKM, mulai dari Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies dan Kayis Craft.

BloggerDay 2024 juga didukung oleh Carro Indonesia dan co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo, Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF serta Bluebird Group. Jadi, tidak heran kalau acara ini meriah dan bertabur hadiah.

Carro Square Jakarta, Venue BloggerDay 2024 Berada!

BloggerDay kali ini bertempat di Carro Square, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Lokasinya strategis, karena tidak jauh dari Gandaria City (Gancit) dan bisa dilalui bus Transjakarta juga loh. Jadi akan lebih mudah ditemukan dengan mudah.

Sedikit informasi, Carro didirikan pertama kali pada tahun 2015 dan berkantor di Singapura. Carro merupakan pasar mobil bekas terbesar di Asia Tenggara dan menawarkan pengalaman jual beli mobil yang terpercaya dan lebih transparan.

Sementara, Carro mendirikan kantornya di Indonesia berselang dua tahun kemudian, yakni pada tahun 2017. Semua mobil yang dijual Carro merupakan mobil bekas berkualitas yang memiliki garansi mesin dan transmisi serta dijamin bebas kecelakaan.

Tempat Jual Beli Mobil Bekas Berkualitas

Mobil Bekas Berkualitas Carro Jakarta
Mobil bekas di Carro, masih mulus, masih orisinil dan proses pembeliannya tidak ribet.

Startup teknologi unicorn ini memiliki fokus pada ekosistem otomotif, dengan operasi bisnis di bidang ritel, asuransi, purna jual dan pembiayaan. Carro juga sedikit banyak telah mengubah pengalaman jual beli mobil jadi lebih canggih, dengan mengandalkan algoritma penetapan harga yang didukung kemampuannya AI, dan solusi teknologi yang inovatif.

Jual Beli Mobil Bekas Carro Indonesia

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang mencari mobil bekas, bisa banget deh kamu kunjungi Carro. Jual mobil kamu ke Carro. Anti ribet anti lama. Serba instan, serba yang terbaik. Hubungi Carro sekarang untuk pengalaman jual beli mobil terbaik hanya di carro.id/jual-mobil.

Jangan Berhenti! Gali Terus Potensi Diri

Gimana, gimana, keren banget kan?! Selain menulis, blogger juga ternyata bisa membuat karya-karya lainnya yang tidak kalah kerennya. Hal ini bakalan terwujud berkat rasa ingin belajar yang tinggi serta kolaborasi antar anggota suatu komunitas.

Last but not least, teruslah menulis dan berkarya, hingga kamu tidak sanggup lagi menulis. Jangan sampai blog semakin tertinggal jauh dengan platform lainnya. Tunjukkan pada dunia, bahwa blogger juga mampu membuat berbagai konten lainnya selain menulis, sehingga eksistensi kamu akan terus diakui secara luas.

Semoga apa yang telah saya bagikan ini, bukan dianggap sebagai ajang pamer, tetapi bisa dijadikan sebagai motivasi atau penyemangat bagi kamu yang juga berprofesi sebagai blogger. Apalagi yang baru akan terjun ke dunia blogging, mungkin saja bisa memberikan semangat baru.

Sekali lagi, jangan mau jadi blogger ala kadarnya, tanpa punya skill apa-apa selain menulis artikel. Jika kamu tidak upgrade skill, besar kemungkinan kamu bakalan tertinggal jauh dengan blogger lainnya. 

Tingkatkan terus skill yang kamu miliki dan gali potensi diri untuk terus berkembang dan memiliki value yang lebih baik. Dengan memanfaatkan value yang kamu miliki, sebenarnya akan lebih mudah bagi kamu untuk menciptakan peluang yang besar untuk terus tumbuh dan sukses di kemudian hari.

Semoga bermanfaat.

29 komentar untuk "Gokil!! Ikutan Bloggercrony Community (BCC) Bisa Upgrade Skill"

  1. Sungguh terharu membaca pengalaman sahabat saya Kang Hendra di blognya yang semakin keren ini.

    Sebagai sesama penyuka hobi menulis di platform blogger ini, saya sangat mengapresiasi antusiasme serta keterlibatan Kang Hendra di acara Blogger Day 2024 dan Kopdar bersama Komunitas Blogger Crony Comunity atau BCC ini.

    Sayang sekali saya tidak bisa hadir mengikuti kegiatan yang sangat positif tersebut dikarenakan kesibukan di dunia offline yang tidak bisa saya tinggalkan.

    Daya berharap semoga kedepannya nanti, akan semakin bertambah Blogger-blogger baru yang memiliki kemampuan menulis yang baik seperti Kang Hendra dan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan dunia blogging di Indonesia.

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komen dan apresiasinya Mang. Setiap dari kita adalah pejuang. Ayo Mang, sesekali bolehlah kopdar bareng-bareng komunitas, biar Mang semakin eksis.

      Aduuuduuh masih banyak blogger lain yang punya skill di atas saya Mang. Contohnya Kang Maman ini nih skill menulisnya mantap 👍. Semoga aja blogger bisa tetap eksis ya Mang, nggak kalah dengan konten kreator dari platform lainnya

      Hapus
  2. nah betul mas, sekarang menjadi blogger dituntut untuk sekreatif mungkin mengikuti perkembangan internet saat ini, jadi nggak sekadar menulis artikel saja, tapi juga pinter2 bikin konten menarik lainnya.

    Btw keren nih Mas Hendra udah pernah menang lomba blog di tahun 2017 yg dimana banyak blogger sepuh masih aktif-aktifnya sebelum banyak beralih jadi YouTuber.

    Dan seru juga acara gathering bersama Komunitas Bloggercrony, bisa silaturahmi bareng blogger lainnya,, jadi pengen ikutan juga aku,, kapan yak acaranya diadakan di sekitar Jawa Timur.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mas bro, itu maksud saya, blogger zaman now nggak cukup hanya bisa nulis aja, mesti punya skill lainnya biar jago bikin konten-konten menarik lainnya, misalnya aja bikin video, bikin film dan lain sebagainya.

      Iya dulu rajin banget ikutan lomba blog, tapi sekarang udah agak jarang sih. Untuk ikut lomba blog aja mesti bikin konten artikel yang menarik juga bukan?! Misalnya aja bikin infografis atau edit foto menarik.

      Ayo dong ikutan masuk group FB Bloggercrony Community Mas. Nanti bakalan ada event-event menarik lainnya loh... Kemarin aja blogger dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bandung dijemput pakai armada Bluebird Mas

      Hapus
    2. Hahaha ok nanti aku coba gabung di Bloggercrony Community buat nambah temen blogger dan siapa tau bisa diajak meet up bareng

      Hapus
  3. Asyik juga bisa kumpul kumpul sama blogger se Indonesia... saya juga pengin. Cuma sayang.. sejak ngeblog kurang menghasilkan uang sudah jarang nulis. Padahal hobi nulis cuma karena waktu terbatas jadi memilih kegiatan yang lebih prioritas contohnya bikin video. Semoga saja ngeblog bisa secerah dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo tetap semangat ngeblog Mas. Urusan cuan nanti akan menyusul kalau kita rajin update blog. Deni ikutan komunitas gini, bisa banyak kenal teman baru sekaligus pengalaman baru

      Hapus
  4. Wah, Mas Hendra keren nih, sudah dapat banyak hadiah dari ngeblog, termasuk jalan-jalan ke Aceh. Jadi semangat terus ngeblog ya, Mas. Apalagi kemarin kita ikut Blogger Day 2024 Bloggercrony. Nambah pengetahuan, nambah teman, dan juga membuka peluang rezeki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mase. Sudah dapat banyak benefit dari ngeblog. Nah pastinya bakalan nambah ilmu baru dan teman-teman kalo sering ikut komunitas, salah satunya di event BloggerDay tahun 2024 ini

      Hapus
  5. Asyiknya jadi blogger, bisa dapat banyak hadiah yaa Kak. Mantap. Ehh acara BCC itu ada beberapa temenku (blogger Malang) yg datang juga.


    BTW mobilnya cakep2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada beberapa juga yang dari Malang. Pokoknya blogger famous semua dah yang ada di BCC.

      Tertarik untuk bawa pulang mobilnya??

      Hapus
  6. Galfok saya pas melihat foto di atas, ada barengan sama bloggerhits Akmal, sama belakangnya dia Mas Irwin ya?
    Memang jadi blogger jangan pernah berhenti upgrade skill
    gali keterampilan itu udah kudu mesti deh, biar terus eksis yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu bareng Akmal, blogger hits se-Tangsel, hehehehehe... ada suhu-suhu saya semua, seperti Mas Irwin, Mas Iman dan Mas Joko

      Hapus
  7. Perjalanan yang sangat panjang ya mas Hendra. Aku salut sampeyan bisa sekonsisten ini. Banyak yang perlu dicontoh nih dari kiat kiatg mas Hendra,. Sukses selalu mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, doa yang sama untuk Mas Aldhi. Semoga kita tetap bisa konsisten terus berkarya lewat blog maupun platform lainnya ya. Semangat 👍👍

      Hapus
  8. Syarat gabung BCC ini apa saja, Kak? Apa ada iuran bulanan atau tahunannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari FB group Bloggercrony Community Kak. Ikuti aja aturan di komunitas tersebut. Banyak banget loh benefitnya. Nggak ada yang namanya iuran atau bayaran apapun.

      Hapus
  9. Keren nih Mas Hendra, sudah memenangkan beberapa lomba. Ngeblog itu seru ya
    Acara BCC juga seru, pengen gabung deh ke komunitasnya, tadi langsung cuzz isi formnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita semua pastinya punya kesempatan yang sama untuk bisa meningkatkan value, hanya caranya aja yang berbeda. Sukses selalu untuk kita semua 🤲🤲

      Hapus
  10. iya lho. kerasa banget sekarang tuh kalau ngeblog nggak hanya modal nulis doang. bahkan untuk mengoperasikan blognya sendiri kayak menyajikan tampilan yang memanjakan mata itu perlu skill juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia. Skill yang lainnya memang perlu diasah juga, biar jadi blogger multitalenta gitu deh

      Hapus
  11. Keren banget, mas Hendra.
    Blog yang selalu produktif memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca dan dari blog juga bisa mendulang banyak pengalaman seru, teman baru hingga bisa bergabung di komunitas yang selalu bertumbuh dan berkembang bersama, Komunitas BloggerCrony Indonesia.

    Sukses selalu, mas Hendra.
    Dan Happy Anniversary untuk Komunitas BloggerCrony Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Tanpa komunitas, mungkin akan sulit bagi seorang blogger untuk terus bertumbuh dan berkembang. Namun bisa aja sih, tapi pastinya akan terasa monoton perjalanan ngeblognya. Sukses juga untuk Mba Lendy ya. Pokoknya tetap semangat berbagi inspirasi dan informasi kepada pembaca lewat blog

      Hapus
  12. Wah Mas Hendra prestasinya wes gak usah diragukan lagi sebagai blogger. Semoga bisa nular ke saya ya. Oh ya, jadi pengen gabung ke Bloggercrony jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, berkat konsisten dalam ngeblog, jadi bisa sejauh ini. Semoga ya Mba Luluk. Tetap semangat dan konsisten menulis

      Hapus
  13. Sayang banget BloggerDay tahun ini diadain offline. Ga kyk thn sblmnya yg msh hybrid. Jd yg jauh dr Jkt bs ikutan dapat ilmunya.

    Kmrn blm bs ikut krn ada hajatan di rumah meski udh disiapin kendaraan dr Sby. Smg thn dpn bs ikutan deh. Sukses trs buat BCC.

    BalasHapus
  14. Wah, acara blogger gathering BCC seru banget nih kelihatannya. Jd blogger seharusnya nya memang upgrade skill. Biar ga ketinggalan sm yg lain.

    BalasHapus
  15. habis baca tulisan ms hendra disini jadi bikin semgat terus untuk menjadi blogger meskipun masih belum pernah memenangkan event atau kontes apapun, hi.

    BalasHapus