Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Beli Rumah Impian? Ini Tips Mempersiapkan Dananya!

Tips Beli Rumah Impian

Rumah adalah tempat paling nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Maka tidak heran jika setiap orang memiliki rumah impiannya masing-masing. Mewujudkan rumah mewah idaman memang tidak mudah apalagi jika Anda kurang cakap dalam mengelola uang.

Namun, bukan berarti mustahil untuk dicapai, karena jika sudah bersungguh-sungguh pasti akan ada jalan untuk mewujudkannya. Investasi di Reksadana Pendapatan Tetap bisa menjadi salah satu jalan yang tepat untuk mewujudkannya. 

Melalui investasi Reksadana, Anda bisa mengumpulkan down payment secara efektif karena peluang keuntungannya cukup menarik. Berikut beberapa tips mewujudkan rumah impian melalui investasi Reksadana. 

Tips Mempersiapkan Dana untuk Membeli Rumah Impian

Membeli rumah bukan perkara yang mudah, karena harga properti terus naik dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkannya mulai dari sekarang agar impian tersebut cepat terwujud. Berikut cara mempersiapkan dana untuk mewujudkan rumah idaman :

1. Menentukan Kisaran Harga Rumah 

Hal pertama sebelum mempersiapkan dana, yaitu mencari tahu kisaran harga rumah yang ingin dibeli. Tanpa mengetahui range harganya, Anda akan kesulitan mengumpulkannya karena tidak memiliki patokan target yang jelas.

Alhasil, uang yang terkumpul justru terpakai untuk kebutuhan lain di luar tujuan, karena tidak terencana dengan baik. Agar hal tersebut tidak terjadi, di awal Anda harus melakukan riset harga rumah di pasaran dan memperkirakan peningkatan harganya di waktu mendatang.

Setelah itu hitung jumlah uang yang harus dikumpulkan dan perkirakan rentang waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai target tersebut. Contoh, Anda ingin membeli rumah mewah seharga Rp 5 miliar pada 5 tahun mendatang. 

Sedangkan nilai peningkatan harganya sebesar 7 persen per tahun. Itu artinya, nanti harga rumah mewah tersebut berada di angka Rp6,75 miliar. Jika ingin membelinya secara cash maka Anda perlu mengumpulkan uang sekitar Rp112 juta per bulan. 

Dari perhitungan tersebut, Anda bisa memperkirakan jumlah uang yang harus dikumpulkan setiap bulan. Namun, sebagian besar orang lebih memilih sistem kredit karena bisa diangsur. 

2. Mulai Mengumpulkan Down Payment

Jika ingin membeli rumah secara kredit, maka Anda perlu menyiapkan dana untuk pembayaran down payment atau uang muka. Agar uang cepat terkumpul. Coba terapkan metode 50 – 30 – 20. Rinciannya 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk disisihkan, 20 persen untuk kebutuhan lainnya. 

Pada umumnya bank memberlakukan standar minimum down payment sekitar 10 – 20 persen dari harga rumah. Dari contoh di atas dapat dihitung jika diperlukan dana minimal Rp675 juta untuk pembayaran uang muka. 

3. Investasikan Tabungan Anda

Jika tabungan sudah terkumpul dalam jumlah yang lumayan besar, Anda bisa menyimpannya di Reksadana untuk mendapat peningkatan nilai uang. Melalui investasi Reksadana, proses pengumpulan dana pembelian rumah akan lebih mudah. 

Jika rentang waktu proses pengumpulan tidak lebih dari 1 tahun, sebaiknya dialokasikan ke Reksadana Pasar Uang (RDPU) atau Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT). Jika lebih dari 2 tahun Anda dapat memilih Reksadana Campuran atau Reksadana Saham agar keuntungannya lebih maksimal. 

4. Mengurangi Pengeluaran Impulsif

Pengeluaran impulsif sering kali menghambat proses pengumpulan dana, sehingga rencana awal harus ditunda/diundur karena jumlah uang belum mencapai target. Pengeluaran impulsif biasanya terjadi karena sebuah keinginan bukan kebutuhan. 

Jadi, bisa dikatakan jika pengeluaran tersebut sebenarnya tidak terlalu penting karena tidak menyangkut kebutuhan pokok dan hal darurat. Berikut contoh pengeluaran impulsif yang harus dihindari jika ingin membeli rumah :

  • Jajan/kuliner (pergi ke restoran mewah, dinner setiap minggu, selalu makan di luar, dan lainnya).
  • Hiburan dan lifestyle (membeli tiket konser, party/clubbing, liburan mewah, dan lainnya)
  • Transportasi (membeli mobil baru meskipun mobil lama masih bagus dan berfungsi dengan baik dan menggunakan mobil untuk bepergian jarak dekat)

Beli Rumah Menggunakan Reksadana Pendapatan Tetap

5. Hindari Utang

Agar dana pembelian rumah cepat terkumpul, sebaiknya percepat pelunasan utang jika masih punya cicilan. Jika tidak memiliki cicilan apa pun, sebaiknya hindari utang dan membeli barang-barang secara kredit. Apa pun alasannya sebaiknya jangan mengambil pinjaman sampai target dana pembelian rumah terpenuhi. 

6. Mencari Usaha/Pekerjaan Sampingan

Mengumpulkan dana untuk membeli rumah impian membutuhkan proses yang panjang. Anda harus disiplin dan konsisten dalam menjalankan rencana agar target dana yang dibutuhkan cepat tercapai. 

Jika memungkinkan cari pekerjaan atau usaha sampingan untuk memperoleh pendapatan tambahan. Dengan memiliki uang tambahan Anda dapat mengumpulkan dana lebih cepat dari rencana semula. 

Wujudkan Rumah Impian Melalui Investasi Bersama Tim Ahli

Melakukan transaksi investasi tidak boleh dilakukan sembarangan untuk mencegah risiko kerugian yang besar. Oleh sebab itu, diperlukan mitra investasi tepercaya untuk mengelola uang Anda. Perbankan prioritas DBS Treasures dapat menjadi solusi yang tepat atas permasalahan tersebut. 

Anda bisa berinvestasi di Reksadana secara aman dan nyaman tanpa perlu rasa khawatir. Manfaat Reksadana Pendapatan Tetap untuk mengumpulkan dana pembelian rumah terbilang efektif. 

Karena memberikan return yang bersifat tetap, sehingga lebih stabil untuk rencana keuangan jangka pendek hingga jangka panjang. Tidak hanya RDPT, dalam DBS Treasures juga ada pilihan aset investasi lainnya yang beragam dan tentunya dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka.

Jadi, Anda bisa melakukan penyebaran dana investasi ke beberapa aset untuk mengurangi risiko kerugian. Tidak hanya itu saja, tim ahli finansial akan menginformasikan peluang terkini dan analisis pasar untuk mempermudah menentukan langkah investasi. 

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Dapatkan kemudahan dalam berinvestasi dengan menjadi Nasabah perbankan prioritas sekarang. Raih keuntungan semaksimal mungkin dengan investasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures. Dapatkan informasi lengkap terkait investasi Reksadana di sini.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ingin Beli Rumah Impian? Ini Tips Mempersiapkan Dananya!"