Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Rumah Dijual di Surabaya Agar Menguntungkan

Rumah Dijual di Surabaya

Beberapa tahun silam, saya pernah mengunjungi salah satu saudara saya yang tinggal di Surabaya. Kebetulan ia menikah dengan
wong Surabaya asli, sehingga memilih untuk tinggal di sana. Seiring berjalannya waktu, di Surabaya banyak ditemui perumahan baru dari berbagai developer, sehingga tidak sulit mencari rumah dijual di Surabaya. Tinggal disesuaikan saja dengan bujet dan kebutuhan.

Asyiknya lagi, di Surabaya juga banyak kuliner yang akan memanjakan lidah. Ragam jenis makanan dan juga minuman yang lengkap dengan spot instagramable bisa kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga tercinta. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari yang murah meriah hingga yang bikin geleng-geleng kepala.

Kayaknya seru juga ya tinggal di Surabaya. Pantas saja saudara sepupu saya betah banget tinggal di sana, ternyata memang suasana yang ditawarkan cukup memanjakan warganya.

Sebagai kota metropolitan, Surabaya terus tumbuh menjadi kota besar yang lengkap dengan beragam fasilitasnya, mulai dari sarana umum yang memadai, fasilitas pendidikan yang bermutu, ragam kuliner hingga bisnis properti yang terus tumbuh.

Tidak heran sih jika banyak yang memutuskan untuk membeli rumah dan tinggal di Surabaya, salah satunya ya saudara sepupu saya tersebut yang enggan untuk tinggal di luar Surabaya.

Ketua AREBI Jawa Timur : "Pertumbuhan Properti di Surabaya Meningkat"

Ada kabar baik bagi kamu yang ingin membeli rumah di Surabaya. Seperti dikutip dari Jawapos.com, Ketua AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) Jawa Timur, Rudy Susanto mengatakan jika pertumbuhan properti di Jawa Timur, khususnya Surabaya meningkat.

Selama dua kuartal terakhir tahun 2021, rumah dijual di Surabaya mencapai dua kali lipat jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2020. Bahkan jika dibandingkan tahun 2019 yang normal pun (sebelum pandemi), penjualannya sudah tumbuh sebesar 20 persen.

AREBI juga memprediksi, prospek pertumbuhan kinerja hunian tahun 2022 bisa mencapai 50 persen jika PPNDTP (Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah) bisa diperpanjang hingga akhir tahun.

Tips Memilih Rumah Dijual di Surabaya Agar Lebih Menguntungkan

Sebelum memutuskan untuk mencari dan memilih rumah dijual di Surabaya, ada baiknya kamu memperhatikan poin-poin di bawah ini, agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari.

1. Hindari lokasi yang rawan kejahatan

Pastinya kamu dan juga keluargamu ingin tinggal dan hidup dengan nyaman bukan? Nah tips memilih rumah di Surabaya yang pertama adalah pastikan kawasannya aman dari preman, aman dari maling dan berbagai kejahatan lainnya. Terutama bagi kamu sering pulang malam hari, tentu akan sangat berbahaya.

Kamu bisa memilih rumah dijual di Surabaya yang lingkungannya sering mengadakan ronda secara rutin, atau perumahan cluster yang telah dilengkapi dengan petugas keamanan maupun kamera CCTV. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi tindakan kejahatan yang sewaktu-waktu mungkin saja bisa mengancam.

2. Hindari wilayah yang rawan banjir

Banjir bisa terjadi di mana saja, terutama wilayah yang memang rawan banjir dan pastinya membawa dampak yang merugikan bagi siapapun. Agar hal ini tidak menimpamu, ada baiknya kamu lebih teliti memilih rumah dijual di Surabaya yang bebas dari banjir.

Kamu perlu mengecek terlebih dulu, wilayah mana saja yang paling sering terkena dampak banjir. Selain wilayah yang bebas banjir, pastikan juga akses jalan yang kamu lalui juga bebas dari banjir ya.

3. Pilih rumah yang dekat dengan sarana umum

Selain bebas dari banjir, pastikan kamu memilih rumah yang lokasinya strategis dan dekat dengan sarana umum, seperti rumah sakit, sekolah, minimarket, klinik hingga pusat berbelanjaan. Harganya mungkin akan sedikit lebih mahal, tetapi dalam jangka panjang akan sangat menguntungkanmu.

Coba bayangkan saja jika kamu atau salah satu anggota keluargamu ada yang sakit dan membutuhkan perawatan medis segera, tetapi jarak ke klinik ataupun rumah sakit terlalu jauh, tentu akan menyulitkanmu bukan?

4. Gunakan situs listing properti untuk menemukan rumah dijual di Surabaya

Tips selanjutnya adalah gunakan situs listing properti agar hasil pencarian rumah menjadi lebih maksimal lagi. Kamu tidak perlu repot-repot mendatangi langsung ke lokasi, karena kamu bisa mengecek terlebih dulu di situs properti tersebut.

Situs Listing Properti Terbaik

Tips Memilih Rumah di Surabaya

Nah, salah satu situs listing properti yang direkomendasikan adalah rumah123.com. Di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali rumah dijual di Surabaya dengan harga yang bervariasi. Kamu juga bisa mengecek detail dari properti yang dijual, mulai dari spesifikasi bangunan, fasilitas yang tersedia hingga deskripsi bangunan.

Galeri yang disajikan juga cukup lengkap. Foto properti diambil dari beberapa sudut, sehingga akan nampak detail bangunan dengan jelas. Selain mencari rumah yang dijual, kamu juga bisa mencari daftar rumah yang disewakan. 

Bagi kamu yang ingin mengajukan pembelian rumah secara KPR, kamu bisa memanfaatkan fitur simulasi KPR untuk memudahkanmu dalam menghitung berapa besar cicilan yang harus dibayar. 

Demikian informasi mengenai tips memilih rumah dijual di Surabaya yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga bermanfaat

1 komentar untuk "Tips Memilih Rumah Dijual di Surabaya Agar Menguntungkan"

  1. Surabaya jadi kota yang banyak diminati belakangan ini, iya juga banyak jadwal ke Surabaya. Jadi berasa Malang-Surabaya itu dekat karena seringnya bolak-balik. Pindah ke Surabaya menarik juga sepertinya, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus