Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sistem Keamanan Gedung yang Harus Ada

Saat ini sistem keamanan gedung menjadi hal yang wajib diaplikasikan. Seiring perkembangan zaman, orientasi masyarakat dalam menjalani kehidupan memang mengalami perubahan, keamanan saat ini telah menjadi hal yang sangat penting. Bahkan menjadi salah satu perhatian yang cukup serius.

Tidak sedikit orang akan memastikan apakah keberadaannya di sebuah tempat selalu terlindungi dengan aman. Berkat sistem keamanan yang canggih, rasa aman setiap orang yang berada di dalam bangunan akan terjamin dengan baik.

Sistem Keamanan Gedung
Image : https://www.pexels.com/id-id/foto/kamera-keamanan-perak-207574/

Bahkan, saat ini sudah banyak gedung perkantoran di kota-kota besar yang mengaplikasikan sistem akses kontrol, sehingga nantinya tidak akan ada sembarang orang yang bisa masuk ke dalam gedung tersebut.

Komponen Sistem Keamanan Gedung yang Harus Diperhatikan

Pada dasarnya, ada beberapa komponen utama untuk mendukung keamanan gedung yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut :

1. Pos keamanan 24 jam

Sistem keamanan yang pertama adalah pos keamanan 24 jam. Sebuah gedung harus memiliki petugas keamanan yang berjaga dengan sistem shift, sehingga akses pertolongan jika suatu saat terjadi kondisi gawat darurat akan beroperasi selama 24 jam penuh.

2 Alarm kebakaran

Sistem keamanan gedung yang berikutnya adalah alarm kebakaran. Alarm kebakaran pada dasarnya digunakan untuk memberitahu orang-orang di sekitar area gedung untuk menyelamatkan diri dan menjauh dari area tersebut, karena berada dalam ancaman kebakaran.

Bukan hanya itu saja, alarm kebakaran atau fire alarm berfungsi untuk mencegah api menjalar semakin luas. Mengingat begitu pentingnya sistem keamanan ini, teknisi harus melakukan pengecekan alarm ini secara intensif, sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat berfungsi secara efektif.

3. Peralatan ketika terjadi emergency

Selain beberapa hal di atas, peralatan saat terjadi kondisi emergency juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Peralatan ini meliputi alat pemadam kebakaran, P3K, hingga alat pengeras suara (toa).

Meski dianggap sebagai peralatan yang standard, akan tetapi berbagai macam alat ini faktanya sangat penting ketika terjadi hal yang sifatnya urgent. Selain itu, pengelola gedung juga harus memastikan siapa yang dapat mengoperasikan berbagai peralatan tersebut. 

Tidak ada salahnya juga melakukan pelatihan penggunaan alat emergency secara berkala pada seluruh staf atau karyawan.

4. Adanya kamera CCTV

Sistem keamanan gedung yang lainnya adalah kamera pengawas atau CCTV. Keberadaan CCTV digunakan untuk meningkatkan keamanan serta mencegah aksi kriminal kejahatan. Dengan memasang kamera CCTV, Anda akan mendapatkan rekam jejak sebuah kejadian penting. Maka dari itu, ketersediaan kamera pengawas menjadi hal yang sangat penting.

5. Pemeriksaan sebelum memasuki gedung

Sistem keamanan gedung yang berikutnya adalah pemeriksaan terhadap setiap tamu atau pengunjung sebelum memasuki gedung. Saat mengunjungi sebuah gedung perkantoran, pasti Anda akan melalui pemeriksaan dengan ketat oleh petugas keamanan bukan?

Berbagai macam hal ini tidak luput dari pemeriksaan, mulai dari barang bawaan hingga kartu identitas. Meskipun terkesan menghambat waktu, tetapi proses pemeriksaan ini merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Hal ini dilakukan, karena kita tidak mengetahui apa saja keperluan setiap pengunjung yang akan masuk ke dalam gedung, sehingga pemeriksaan awal menjadi hal yang sangat penting diperhatikan dan dilakukan.

Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Gedung

Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Gedung
Image : https://www.pexels.com/id-id/foto/cahaya-seni-abstrak-teknologi-7046773/

Agar mendapatkan sistem keamanan yang benar-benar maksimal, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkannya :

1. Desain ulang sistem keamanan

Semenjak gedung dibangun, bukan tidak mungkin gedung yang Anda gunakan mengalami beberapa perbaikan dan renovasi bukan? Bisa saja desain dan denah bangunan juga telah mengalami perubahan. Namun, apakah sistem keamanan yang berada di dalam gedung tersebut sudah disesuaikan dengan perubahan atau belum.

Misalnya saja, jika dahulu belum menggunakan sistem akses kontrol, maka sistem ini dapat diaplikasikan. Selain itu, Anda juga harus memastikan jika seluruh perangkat keamanan telah terpasang dengan baik.

2. Optimalisasi SDM

Dengan meningkatnya sistem keamanan gedung yang digunakan, sumber daya manusia atau karyawan yang bertugas untuk mengoperasikan seluruh alat juga harus mumpuni. Para karyawan harus dapat merespon tanda-tanda jika terjadi situasi emergency pada gedung.

3. Disiplin dalam menegakkan aturan pengamanan

Kecelakaan dan tindakan pencurian sering terjadi di dalam gedung, karena tidak disiplinnya pihak yang bertugas untuk menegakkan standar operasional gedung di bidang pengamanan.

Sistem keamanan dapat berfungsi dengan baik, jika seluruh staff, pengunjung dan petugas keamanan mematuhi semua aturan keamanan gedung agar bisa menjamin keselamatan semua orang.

Rekomendasi Sistem Keamanan Gedung Terbaik

Begitu pentingnya sistem keamanan untuk gedung, sebagai pengguna, tentu Anda ingin memilih yang terbaik bukan? Salah satu rekomendasi sistem keamanan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah HikCentral Enterprise dari Hikvision.

Sistem Keamanan Gedung dari Hikvision
Image : https://www.instagram.com/hikvisionindonesia/

Berikut berbagai kelebihan yang dimiliki HikCentral Enterprise dari Hikvision :

1. Tidak hanya menjadi sistem keamanan saja

HikCentral Enterprise tidak hanya bertindak sebagai sistem keamanan gedung saja, tetapi juga menjadi sebuah platform yang bisa Anda gunakan agar dapat meningkatkan efisiensi berbagai macam sistem gedung.

2. Memberi solusi komprehensif

Untuk fitur keamanan commercial, HikCentral Enterprise menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI), sehingga bukan hanya dapat digunakan untuk memperkuat pengamanan saja, tetapi juga memberikan solusi end to end, seperti masuk gedung system entry & exit dengan tambahan kamera ANPR.

Tidak hanya sampai di sini saja, HikCentral Enterprise juga dapat meningkatkan efisiensi waktu serta kemudahan dalam melakukan manajemen kendaraan. Tidak ketinggalan, HikCentral Enterprise memberikan solusi Human Access Management, mulai dari pengunjung, akses tenant hingag akses kehadiran karyawan pekerja.

3. Meningkatkan efisiensi industry retail

Untuk keamanan retail, dengan adanya fitur Artificial Intelligent, seperti yang pernah disinggung sebelumnya, HikCentral Enterprise tidak hanya dapat digunakan sebagai sistem keamanan gedung saja, melainkan dapat meningkatkan efisiensi industri retail.

HikCentral Enterprise dapat digunakan untuk meningkatkan daya jual produk menggunakan strategi proactive marketing. Dengan menggunakan CCTV, serta fitur customer analysis dan mengintegrasikannya dengan customer data VIP, deteksi otomatis dapat dilakukan saat pelanggan datang ke sebuah toko.

Petugas bisa mendapatkan notifikasi jika ada pelanggan VIP yang datang, karyawan bisa dengan cepat menyambut dan memberikan informasi hot item tertentu.

Bayangkan saja, hanya dengan menggunakan sebuah perangkat keamanan, HikCentral Enterprise, sistem akses kontrol hingga sistem manajemen dapat berjalan dengan sangat sempurna. Jadi, masih ingin mencoba yang lain?

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Sistem Keamanan Gedung yang Harus Ada"