Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Dasar Panggul yang Bisa Dilakukan untuk Kencangkan Pelvis

Latihan Dasar Panggul untuk Kencangkan Pelvis - Blog Mas Hendra

Semakin bertambahnya usia, kemampuan beberapa otot juga mengalami penurunan, salah satu diantaranya adalah otot panggul atau yang lebih dikenal sebagai pelvis. Meskipun tidak terlihat secara langsung, namun otot yang satu ini memiliki fungsi yang begitu penting bagi manusia, salah satu diantaranya adalah berperan di dalam merangsang beberapa bagian tubuh untuk melakukan kontraksi, sebut saja diantaranya adalah rahim, kemudian kandung kemih, hingga dubur dan juga usus kecil, sangat berhubungan dengan kegiatan ekskresi.

Saat kemampuannya mengalami penurunan, tentu fungsi ekskresi di beberapa bagian tubuh tersebut akan terganggu. Itulah mengapa pada beberapa orang sering kali melakukan latihan dasar panggul.

Bentuk latihan yang satu ini sepertinya bisa dilakukan dengan mudah di mana saja dan juga kapan saja, manfaatnya tentu banyak sekali, selain membantu agar nantinya kemampuan organ tubuh tersebut dalam bereaksi menjadi lebih cepat, dalam beberapa usia lansia (lanjut usia) juga bagus untuk menghindari efek seperti tidak dapat menahan buang air kecil. Hingga dapat menjaga hubungan suami istri semakin baik.

Untuk melatih otot bagian panggul tersebut, sepertinya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba, yaitu : 

1. Pastikan kandung kemih dalam kondisi yang kosong sebelum melakukan senam yang satu ini, sehingga sebaiknya buang air kecil terlebih dulu. Hal ini berguna agar selama proses latihan nantinya tidak akan merasakan berkemih atau selalu ingin buang air kecil.

2. Latihan bisa dilakukan dengan duduk maupun terlentang atau berbaring. Langkahnya sangatlah mudah, yaitu hanya butuh menahan urin yang mungkin akan keluar, hal ini dilakukan selama beberapa detik tanpa menahan napas, kemudian lakukan gerakan pelepasan.

3. Konsentrasilah hanya untuk mengencangkan otot di bagian pinggul tersebut, bukan bagian yang lainnya, sehingga kondisikan tubuh tetap berada dalam posisi yang rileks agar hasilnya lebih efektif.

4. Latihan ini akan jauh lebih efektif jika dilakukan antara 3 hingga 4 kali sehari, sebaiknya senam kegel ini tidak dilakukan sesekali saja. Agar hasilnya jauh lebih efektif, maka bisa dilakukan hingga 4 kali dalam sehari. Biasanya sudah akan terlihat hasilnya setelah 2 minggu melakukannya secara rutin.

5. Bisa dilakukan sambil bekerja juga, jangan salah, karena olahraga tersebut tidak hanya dapat dilakukan ketika waktu luang, bahkan saat bekerja sekalipun tetap bisa melakukannya sambil posisi duduk di kantor misalnya.

6. Sebaiknya ketika melakukan senam tersebut, juga harus memperhatikan beberapa hal ini, diantaranya adalah tidak menahan napas ketika tengah melakukan senam kegel. Jadi sebaiknya kondisikan tubuh tetap dalam posisi yang benar-benar rileks, sehingga tidak harus menahan napas sama sekali.

7. Imbangi juga dengan konsumsi makanan yang sehat, nyatanya hanya dengan melakukan senam saja belum tentu efektif di dalam memberikan manfaat untuk kekencangan otot panggul tersebut, melainkan juga harus diimbangi dengan kebiasaan yang lainnya, diantaranya adalah memperhatikan pola makan, sebaiknya konsumsi menu makanan yang benar-benar sehat. Ini juga bagus untuk menjaga kesehatan dari organ ekskresi tubuh.

💙💙💙💙💙

Sangat mudah untuk dilakukan bukan?. Latihan dasar panggul ini pada umumnya merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya oleh wanita, melainkan juga pria bisa melakukannya, apalagi seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan otot tersebut di dalam bekerja juga menjadi semakin berkurang. 

Jika ingin hubungan suami istri menjadi kian intim dan juga buang air kecil menjadi lebih lancar atau normal, maka Anda bisa mencoba menerapkan latihan dasar panggul tersebut.

Semoga bermanfaat.

3 komentar untuk "Latihan Dasar Panggul yang Bisa Dilakukan untuk Kencangkan Pelvis"

  1. Jangan lupa pipis dulu sebelum latihan ya kang, biar gak "kram".. Kan berabe urusannya kalo sampe hal itu terjadi

    BalasHapus
  2. @Maman : Yup tepat sekali kang, jangan sampe nahan kencing sebelum senam, bisa berabe

    BalasHapus
  3. @Donasaurus : Sama-sama, semoga bermanfaat

    BalasHapus