Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Biarkan Ban Motor Gundul. Ini yang Akan Terjadi!

Ban Motor Tubeless Sudah Mulai Gundul - Blog Mas Hendra
Pada Selasa, 23 Agustus 2016 lalu, saya mengganti ban motor belakang merk Swallow. Saat itu saya membelinya seharga Rp. 175.000. Merk Swallow saya pilih karena memang ingin mencoba ban tubeless merk lain. Setelah sekian lama saya selalu memakai ban tubeless merk Corsa.


Meski ban motor tubeless merk Swallow ini cukup kuat, tapi yah namanya juga dipakai setiap hari dengan jarak yang cukup jauh, akhirnya tumbang juga, alias kondisi ban lama kelamaan tipis (gundul) juga. Untuk menyiasatinya, saya memasang ban dalam juga.

Penyebab ban motor cepat gundul disebabkan beberapa faktor, seperti sering melewati jalanan yang berlubang atau rusak, sering ngerem mendadak hingga kurangnya perawatan pada ban, akan memperparah kondisi ban tubeless.

Ngomongin masalah perawatan, saya ini mungkin termasuk orang yang kurang mempedulikan kondisi ban motor. Sampai pada akhirnya saking tipisnya ban, sampai kelihatan sedikit ban dalamnya.

Ban tubeless yang sudah mulai tipis ini saya paksakan juga untuk berjalan. Alhasil, pada Selasa 20 Maret 2018, ketika mau pulang kerja malam hari, kondisi ban sudah kempes. Padahal siang harinya masih baik-baik saja. Kondisi ini karena ban tubeless sudah bolong, bukan gundul lagi, hahaha... Untung pakai ban dalam, supaya kondisinya tidak semakin parah.

Setelah jalan pelan-pelan dan nemu bengkel motor yang masih buka, saya langsung ganti ban motor tube type yang baru. Merknya juga masih Swallow dengan harga Rp. 175.000. Meski gak dapat ban jenis tubeless, tapi dalam keadaan darurat, yang penting masih bisa melanjutkan perjalanan sampai ke rumah.

Setelah kejadian itu, saya jauh lebih aware lagi memperhatikan kondisi ban, supaya kejadian yang sama tidak menimpa saya untuk kedua kalinya. Padahal sebelumnya saya sudah tahu resiko memakai ban motor yang tipis, tapi tetap saja maksa jalan. Jangan sampai kalian mengalami hal yang sama ya guys.
Ban Motor Tubeless Sudah Mulai Gundul - Blog Mas Hendra
Mungkin ada dari sebagian dari kalian yang kurang aware dengan kondisi ban motor, sehingga ketika ban motor sudah mulai gundul, kalian baru akan menggantinya. Padahal menggunakan ban motor yang sudah gundul memiliki resiko yang cukup tinggi bagi si pengendara itu sendiri.

- Jika ban digunakan di jalan aspal yang ada sedikit pasirnya, ban akan mudah meleset, karena ban menjadi lebih licin.
- Jika keadaan jalan panas karena efek matahari, ini sangat berpengaruh loh, karena akibat pemanasan kalor ban mudah mengembang dan tidak nyaman dikendarai layaknya ban kempes.
- Ketika belok, ban yang tipis cenderung lebih mudah terpeleset, apalagi jika tikungan terlalu tajam.
- Saat musim hujan tiba, ketika mengerem, ban yang sudah gundul akan lebih sulit mencengkeram permukaan aspal, sehingga dibutuhkan jarak yang agak jauh untuk mengerem, alias jangan mengerem dadakan.
- Ban yang sudah tipis akan lebih mudah bocor. Kena batu kerikil yang agak keras saja bisa langsung bocor.
- Ketika melewati jalan yang tidak rata, alias berlubang atau bekas galian/renovasi, maka akan terasa goyang. Tentu hal ini kurang nyaman dirasakan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jangan Biarkan Ban Motor Gundul. Ini yang Akan Terjadi!"