Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Sedih! Team Path Say Goodbye Lewat Email

Path Mau Ditutup - Blog Mas Hendra
Ketika saya cek email di kotak spam, saya menemukan sebuah email yang isinya bikin sedih sekaligus bikin kangen dan cukup sulit dilupakan. Yup email tersebut datang dari team salah satu sosial media yang pernah meramaikan dunia persosialmediaan, apalagi kalau bukan PATH. Sosial media yang didominasi warna merah ini memang kabarnya akan segera ditutup, dan ini bukan kabar hoax.


What?? Path mau ditutup??

Kabarnya memang demikian. Sebagian netizen yang merupakan garis keras pemakai sosial media ini tentu saja merasa syok dengan kabar ditutupnya Path. Pasalnya Path ini sosial media yang cukup unik dibanding sosial media yang ada, karena pengguna bisa selalu eksis mengunggah dan membagikan lokasi, musik yang sedang didengar, buku yang dibaca, film yang sedang ditonton dan fitur lainnya.


Path sendiri resmi diluncurkan pada November 2010. Berpusat di San Fransisco, California, USA, perusahaan ini didirikan oleh Shawn Flanning dan Dave Morrin (mantan eksekutif dari Facebook). Path didirikan dengan tujuan membuat sebuah jurnal yang interaktif bagi penggunanya.

Penggunaan Path berbeda dari sosial media lainnya, di mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih ekslusif dari berbagai sosial media yang ada. Path dapat digunakan di iPhone, iPad, iPod, Touch dan Android versi apapun. 

Balik lagi ke email yang dikirimkan oleh team Path. Email ini dikirim oleh team Path untuk seluruh pengguna Path. Sejak diumumkannya pertama kali mengenai kabar penutupan Path pada 17 September 2018, team Path akan menutup dan menghentikan seluruh layanannya. 

Adapun penutupan Path akan dilakukan secara bertahap :
1 Oktober 2018 : pengguna tidak bisa download atau update aplikasi Path, baik di iTunes dan Google Play.
18 Oktober 2018 : pengguna tidak bisa mengakses Path
15 November 2018 : Path secara resmi akan ditutup

Melalui link yang dikirimkan bersamaan dengan email, pengguna diberi kesempatan untuk menyalin data-data yang ada di Path, seperti foto, teks dan video. Pengguna tidak bisa membackup atau menyalin seluruh data yang ada setelah tanggal 18 Oktober 2018.

Ikuti langkah berikut untuk melalukan backup data :

1. Kunjungi https://path.com/settings/backups
2. Login menggunakan akun Path
3. Klik tombol dan masukkan alamat email untuk menerima file back up 

ATAU 

1. Buka aplikasi Path dan pilih menu setting
2. Klik tombol dan masukkan alamat email untuk menerima file back up
*Pastikan aplikasi Path versi yang paling baru ya guys.

Backup Data Path - Blog Mas Hendra

Meskipun saya dibilang cukup jarang berinteraksi dengan Path, tapi setidaknya saya pernah dan punya beberapa memori di Path. Saya pernah merasakan berbagi lokasi dengan teman, berbagi cerita dengan teman, berbagi musik dan film dengan teman hingga mengaktifkan fitur "sleep", walau sebenarnya saya masih melek.

Goodbye Path.

Posting Komentar untuk "Bikin Sedih! Team Path Say Goodbye Lewat Email"