Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Wisata Alam di Garut yang Bikin Kalian Betah

Curug Cibadak, Garut - Blog Mas Hendra

Sekitar tahun 2000 silam, saya pernah mengunjungi kota Garut. Meski hanya menginap satu malam di rumah teman, tapi cukup meninggalkan kesan yang kuat. Saat itu saya tidak lupa membeli camilan khas kota Garut yang paling ngetop, yakni dodol Garut. Kebetulan dodol produksi Garut ini merupakan salah satu dodol yang paling saya suka.

Lain dulu lain sekarang. Waktu itu, tempat wisata di Garut masih belum dikenal luas olah masyarakat. Asumsi saya mungkin saja kurang promosi yang digaungkan oleh masyarakat ataupun pemerintah setempat, karena saat itu belum booming yang namanya sosial media. Tapi saat ini sejumlah wisata Garut mulai dikenal oleh masyarakat luas, termasuk destinasi wisata yang bertema alam. Apalagi panorama yang ditawarkan sangat memikat.

Jadi rugi besar kalau kalian hanya berburu dodol saat liburan ke Garut. Pasalnya di Garut banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa kalian kunjungi, bahkan bisa bikin kalian betah berlama-lama liburan di sana.

Mulai dari kawasan danau, air terjun hingga pantai pun ada di salah satu Kabupaten di Jawa Barat ini. Bahkan keindahan dan kecantikannya tidak kalah menarik dari wisata di Bali.

Penasaran di mana saja lokasinya? Yuk simak ulasannya seperti dikutip dari website yang mengulas informasi lengkap tentang makanan, kecantikan, hiburan dan petualangan, QUPAS berikut ini :

Talaga Bodas, Garut - Blog Mas Hendra
Talaga Bodas adalah salah satu objek wisata yang saat ini tengah naik daun. Jadi jangan sampai melewatkannya ketika kalian liburan ke Garut.

Di sini, kalian akan disuguhkan pemandangan keindahan danau yang terbentuk di bekas kawah Gunung Talaga Bodas. Selain itu, deretan beragam tumbuhan hijau juga ikut mempercantik panorama di sekitar objek wisata.

Secara administratif, Talaga Bodas berlokasi di Desa Sukamenak, Wanaraja. Letaknya pun sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Garut.

Akses menuju ke kawasan yang dikelola oleh BKSDA Jawa Barat ini terbilang mudah. Dari arah pertigaan setelah alun-alun Wanaraja, lalu belok ke kanan.
Talaga Bodas, Garut - Blog Mas Hendra
Saat mendekati lokasi kawah, kalian akan bertemu dengan pertigaan dengan beberapa warung di sekitarnya. Dari sini, ambil jalan ke kanan hingga sampai di Talaga Bodas. Sesampainya di gerbang masuk, perjuangan masih berlanjut. Kalian pun bisa memilih untuk jalan kaki atau menggunakan jasa ojek untuk bisa sampai di lokasi danau.

Rasa lelah setelah sampai di objek wisata Jawa Barat ini pun akan terbayar dengan panorama alam yang disuguhkan. Terlebih lagi kalian juga bisa berkunjung ke area menarik lain di sini, yakni kolam rendam air panas dan pancuran 7.

Tertarik untuk berkunjung? Mumpung harga tiketnya terjangkau, yakni :

Rp. 5.000 (hari biasa)
Rp. 7.500 (akhir pekan)

Pantai Rancabuaya, Garut - Blog Mas Hendra
Pantai Rancabuaya juga sayang untuk dilewatkan ketika kalian liburan ke Garut. Apalagi pemandangan cantik dengan hamparan pasir putih dan birunya air laut bisa kalian lihat di sini. Sayangnya pantai ini kurang cocok digunakan untuk berenang. Pasalnya di sini banyak dijumpai batu karang serta ombak yang besar.

Meski begitu, pantai ini punya daya tarik tersendiri. Terutama saat surut, kalian pun bisa melihat banyak ikan kecil berwarna-warni yang terjebak di batu karang. Tidak hanya itu saja, pantai ini juga merupakan lokasi tepat untuk melihat matahari tenggelam atau sunset. Jangan lupa persiapkan outfit dan kamera untuk mengabadikan momen indah ini.
Pantai Rancabuaya, Garut - Blog Mas Hendra
Untuk bisa sampai ke sini, kalian hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Desa Purbayani, Kecamatan Caringin. Wilayah ini pun berjarak sekitar 135 kilometer dari pusat Kota Garut.

Akses untuk menuju ke pantai pun tidak terlalu sulit. Bahkan ada dua jalur yang bisa kalian gunakan, yakni :

Rute Garut - Pameungpeuk - Rancabuaya
Rute Garut - Bungbulang - Rancabuaya

Sangat muda bukan? Apalagi kalian hanya perlu menyediakan bujet senilai lima ribu rupiah untuk menikmati keindahan pantai selama 24 jam.

Leuwi Tonjong, Garut - Blog Mas Hendra
Sesuai dengan namanya, "leuwi" berarti sungai. Tapi di wisata Garut ini, kalian tidak hanya akan melihat kesederhanaan air yang mengali saja. Ada air terjun dengan debit kecil serta tebing yang mengapit sungai. Bahkan kawasan inilah yang menjadi spot foto menarik para penggemar dunia fotografi.

Leuwi Tonjong sendiri terletak di kawasan Kampung Rentog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip. Dari pusat Kota Garut, jaraknya pun sekitar 58,2 kilometer.

Akses untuk menuju ke sini memang terbilang masih sulit. Pasalnya kalian akan melewati jalan yang menyempit, berbatu dan curam.
Leuwi Tonjong, Garut - Blog Mas Hendra
Bahkan sebaiknya kalian menggunakan motor saja saat berkunjung ke Leuwi Tonjong. Pastikan juga kondisi kendaraan roda dua tetap prima.

Meski akses masih sulit, tapi kalian tidak akan menyesal saat datang ke sini. Apalagi selain hunting foto, kalian juga bisa mendirikan tenda kalau masih belum puas menikmati suasana alam Leuwi Tonjong.

Menariknya lagi, kalian hanya perlu menyediakan bujet senilai Rp. 15.000 saja untuk bisa masuk ke lokasi wisata. Jadi yakin nih akan melewatkan Leuwi Tonjong saat ke Garut?

Leuwi Jurig, Garut - Blog Mas Hendra
Ada satu lagi sungai di Garut yang letaknya tersembunyi dan tentu panoramanya akan membuat kalian takjub. Namanya adalah Leuwi Jurig.

Sungai ini berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang. Dari pusat Kota Garut, jaraknya sekitar 66 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Saat berada di sini, kalian pun bisa menyaksikan indahnya pemandangan sungai yang dihimpit oleh tebing. Bahkan air di kawasan ini super jernih berwarna kebiruan.
Leuwi Jurig, Garut - Blog Mas Hendra
Menariknya lagi, kalian tidak hanya bisa memandang kecantikan sungai ini. Aktivitas berenang pun perlu kalian coba.

Terlebih lagi air sungainya dangkal. Tapi kalian tetap hati-hati saat berenang di sini karena batu-batu di area ini kondisinya licin.

Keunggulan lainnya, kalian hanya perlu menyediakan bujet untuk tiket masuk. Kemungkinan kalian hanya perlu membayar parkir kendaraan. Leuwi Jurig buka setiap hari dari pukul 07.00 - 18.00 WIB.

Curug Cibadak, Garut - Blog Mas Hendra
Selain danau, pantai dan sungai, ada pula wisata alam di Garut berupa air terjun. Bahkan pesonanya juga tidak kalah memikat dari destinasi liburan lainnya. Curug Cibadak berlokasi di Garut Selatan, tepatnya di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip.

Dari pusat Kota Garut, jaraknya sekitar 28,7 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Meski cukup jauh, tapi akses untuk menuju ke area wisata tidak terlalu sulit.

Kalian juga bisa mengikuti rute dari Pameungpuk - Cihideung - Cihurip yang ditandai dengan adanya gapura. Dari sini, jarak menuju ke Curug Cibadak pun sekitar 10 kilometer.
Curug Cibadak, Garut - Blog Mas Hendra
Tidak perlu khawatir tersesat untuk bisa sampai ke area wisata. Apalagi sudah ada petunjuk jalan yang cukup jelas untuk memudahkan kalian menemukan area wisata. 

Untuk bisa menikmati ke lokasi wisata, bujet yang kalian sediakan pun hanya senilai Rp. 10.000 / orang. Sangat terjangkau bukan? Dijamin tidak menyesal saat liburan ke sini. Apalagi kalian bisa bebas berkunjung setiap hari mulai dari pukul 08.00 - 18.00 WIB.

💛💛💛💛💛

Itulah beberapa wisata alam di Garut yang bisa jadi pilihan kalian sebagai destinasi liburan. Selain menawarkan panorama alam yang memikat, kalian juga bisa menemukan spot foto menarik di sana.

Menariknya lagi, ada pula wisata alam gratis yang bisa kalian temukan di Garut. Jadi yakin nih tidak ingin liburan ke Kota Dodol??

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Wisata Alam di Garut yang Bikin Kalian Betah"