Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Simpel Ini Bisa Mengurangi Rasa Galau Saat Listrik Mati di Rumah

Lampu Darurat (emergency lamp) - Blog Mas Hendra

Mengingat di tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok sering mati listrik, terutama saat musim hujan tiba disertai petir menggelegar. Maka dari itu, saya selalu menyiapkan beberapa peralatan yang bisa mengurangi rasa galau ketika listrik mati. Apalagi di rumah saya masih ada anak usia balita (dede Naufal), yang ketika listrik mati malam hari, galaunya kebangetan. Melebihi rasa galau ketika jomblowan dan jomblowati saat melewati malam Minggu yang panjang.


Ya maklum saja, ketika listrik mati di malam hari, otomatis suasana menjadi begitu mencekam, gelap, bikin gerah dan sepi sunyi senyap. Balita mana sih di belahan bumi ini yang gak merasa galau menghadapi situasi seperti ini.

Nah maka dari itu, saya berinisiatif menyediakan beberapa peralatan pengganti yang memiliki manfaat yang sangat membantu saat listrik mati di rumah. Apa sajakah itu?

1. Kipas portable
Kipas Portable - Blog Mas Hendra
Sesuai dengan namanya portable, kipas berukuran mini ini bisa dibawa kemana-mana, sangat praktis dan efisien. Sehingga sangat bermanfaat saat mati listrik. Pengisian dayanya pun sangat mudah, karena menggunakan baterai yang bisa dicharge. Harga per unitnya sekitar Rp. 40.000. Harga bisa lebih murah atau lebih mahal, tergantung dari tipe, ukuran dan tokonya.

2. Lampu darurat (emergency lamp)
Lampu Darurat (emergency lamp) - Blog Mas Hendra
Ada begitu banyak jenis lampu yang digunakan ketika listrik mati. Mulai dari yang berukuran kecil sampai yang besar. Harganya pun bervariasi, tergantung ukurannya. Waktu itu saya beli lampu darurat melalui salah satu toko online. Ukurannya kecil, tapi terangnya lumayan bisa memenuhi ruangan di rumah. Daya tahan baterainya antara 3-4 jam. Pengisiannya tinggal colok saja ke listrik.


3. Lampu senter
Lampu senter sangat bermanfaat saat listrik mati. Sekarang, lampu senter pun beragam, ada yang memiliki fungsi lebih. Seperti yang saya beli. Selain berfungsi sebagai lampu senter, bisa juga digunakan untuk lampu darurat. Lampu senter model ini sudah banyak dijual di toko online. 

4. Powerbank
Kalau yang ini perlu banget agar smartphone tidak kehabisan baterai, sehingga smartphone bisa digunakan sebagai hiburan saat listrik mati di rumah. Mulai dari menonton video, tv online atau bermain game. Jadi pastikan kapasitas powerbank tetap penuh sebelum listrik mati.

5. TV portable
Bagi pencinta acara televisi atau pecandu sinetron, kayaknya perlu banget untuk menyediakan tv portable yang bisa digunakan saat listrik mati di rumah. TV portable tentu dinilai lebih praktis dan lebih hemat, karena tidak membutuhkan jaringan internet untuk mengoperasikannya, tidak seperti TV online melalui smartphone.

Itu tadi daftar peralatan cukup simpel yang bisa kalian siapkan menghadapi situasi saat listrik mati di rumah. Terutama bagi kalian yang memiliki anak usia balita di rumah, kasian kan kalau sampe kepanasan atau gelap-gelapan. Ya minimal ada terang-terang dikit gitu atau hiburan di rumah.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Peralatan Simpel Ini Bisa Mengurangi Rasa Galau Saat Listrik Mati di Rumah"