Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Akun Twitter Terkunci dan Cara Mengatasinya

Penyebab Akun Twitter Terkunci dan Cara Mengatasinya - Blog Mas Hendra

Belum lama ini, akun Twitter saya "terkunci" oleh sistem keamanan Twitter. Otomatis, saya tidak bisa masuk sama sekali ke akun milik saya. Bahkan, ketika teman di Twitter melihat akun saya, maka ada keterangan bahwa akun untuk sementara dibatasi. Permasalahan ini sebenarnya sering terjadi dan juga dialami oleh beberapa teman saya di Twitter.


Akun Dibatasi Untuk Sementara - Blog Mas Hendra

Sebuah akun akan dikunci jika Twitter mendeteksi adanya perilaku yang tidak biasa. Penyebab akun Twitter terkunci diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Terlalu sering login ke akun Twitter dengan menggunakan satu komputer atau komputer yang lainnya dan lokasi yang berbeda dalam waktu yang bersamaan
2. Adanya kombinasi email dan kata sandi dari layanan lain yang disebarkan secara online
3. Membuat twit (cuitan) dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan (biasanya dilakukan oleh para buzzer)
4. Menyebut akun tertentu tanpa diminta
5. Twit-twit yang dianggap menyesatkan, memprovokasi dan lainnya

Apa yang saya alami adalah membuat twit dalam jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan. 

Memang belum lama ini, saya dipercaya lagi untuk menjadi seorang buzzer di Twitter. Yang namanya ngebuzzer, saya dituntut untuk melakukan twit sebanyak mungkin dalam waktu yang bersamaan. 

Tujuannya agar hastag atau tagar yang diinginkan klien, akan menjadi trending topic di Twitter. Hal ini memang biasa dilakukan oleh seorang buzzer ketika mendapat proyek.

Tapi apa yang saya lakukan justru beresiko terhadap keamanan akun Twitter milik saya. Melalui artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman cara membuka akun Twitter yang terkunci. 😃

Cara Mengatasi Akun Twitter yang Terkunci 🔒
Lalu bagimana cara mengatasi akun Twitter terkunci? Setelah saya dianggap melanggar salah satu aturan keamanan Twitter, tiba-tiba muncul peringatan kalau akun saya dikunci untuk sementara. Saya tidak bisa melakukan aktivitas apapun di Twitter.

Tapi saya masih diberi kesempatan untuk membuka akun saya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Masukkan kode CAPTCHA yang diminta

Bermain Dengan Kode Captcha - Blog Mas Hendra

Ikuti aturan main yang diberikan oleh sistem keamanan Twitter. Buktikan kalau kalian bukan robot dengan cara mencocokkan beberapa jenis gambar yang sama seperti yang diminta. Pertama saya diminta untuk mencocokkan beberapa gambar jembatan. Lalu kedua, saya diminta untuk mencocokkan beberapa gambar mobil. 

Respon ini hanya bisa dilakukan secara manual oleh manusia. Dengan demikian bisa dipastikan oleh sistem keamanan Twitter bahwa yang mengutak-ngatik kode captcha bukanlah sebuah sistem atau robot, melainkan manusia asli, bukan jadi-jadian. 😉

2. Masukkan kode verifikasi


Masukkan Kode Verifikasi - Blog Mas Hendra

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan kode verifikasi. Satu hal yang sebaiknya diingat adalah, jangan pernah lupa nomor hape yang digunakan untuk mendaftar Twitter. Di sini saya diminta memasukkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor hape saya melalui SMS.

3. Submit
Setelah selesai melakukan kedua langkah di atas, selanjutnya klik SUBMIT untuk melengkapi permintaan membuka akun yang terkunci.

Baca juga artikel lainnya : Asyiknya Main Twitter. Banyak Kuisnya!

Tidak lama setelah selesai submit, akun saya aktif kembali dan bisa beraktivitas seperti biasa. Kini saya harus memperhatikan jumlah twit dalam waktu yang bersamaan, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Mungkin ada sebagian dari kalian yang mengganggap keamanan di Twitter terlalu berlebihan, tapi bagi saya pribadi, langkah yang diterapkan Twitter ini justru untuk keamanan si pemilik akun itu sendiri, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab Akun Twitter Terkunci dan Cara Mengatasinya"