Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Mencegah Dekadensi Moral Pada Anak. Orang Tua Punya Peran Penting!

Kiat Mencegah Dekadensi Moral Pada Anak - Blog Mas Hendra

Belakangan ini kita dikejutkan dengan maraknya fenomena kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak maupun remaja, bahkan lebih parahnya lagi, sampai terjadi kasus pembunuhan. Tentu saja fenomena ini membuat saya dan juga banyak orang tua lainnya merasa prihatin. Padahal sejatinya anak adalah calon generasi penerus bangsa yang mana seharusnya mampu memberikan kontribusi positif dan membangun, baik bagi keluarga, masyarakat maupun bangsa. Bukan malah sebaliknya.


Melihat dekadensi moral yang terjadi di kalangan anak maupun remaja di Indonesia saat ini, menjadi bahan instrospeksi bagi kita bersama untuk mencari tahu di mana letak kesalahannya agar segera dapat kita perbaiki secara bersama, sehingga kejadian serupa tidak akan pernah terjadi lagi di masa mendatang.

Contoh Dekadensi Moral di Indonesia Saat Ini
Dekadensi moral merupakan keadaan di mana suatu kondisi moral atau akhlak yang mengalami kemunduran. Fenomena dekadensi moral saat ini tidak dapat dipungkiri akibat dari banyaknya pengaruh budaya luar yang justru tidak sesuai dengan kondisi yang ada di Indonesia. Bisa dikatakan budaya dari luar tersebut masuk tanpa melalui proses penyaringan terlebih dulu, sehingga generasi penerus saat ini hanya menerima budaya tersebut secara keseluruhan, tanpa mengerti ataupun peduli terhadap pengaruh di balik budaya tersebut.

Sehingga hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat pada umumnya maupun anak ataupun remaja khususnya, sehingga cenderung dekadensi moral ini mengarah kepada hal-hal yang tidak baik. Penyumbang dekadensi moral terbesar pada saat ini adalah acara televisi yang tidak mendidik, kebablasan dalam mengakses internet maupun pengaruh buruk dari budaya luar tersebut.

Beberapa contoh dekadensi moral yang marak terjadi saat ini adalah :
- Pergaulan bebas
- Pemerkosaan dan pencabulan
- Tawuran
- Miras dan narkoba
- Tindakan kekerasan dan perbuatan asusila, serta
- Korupsi

Pencegahan Dekadensi Moral Dimulai Dari Keluarga
Dekadensi Moral Pada Anak - Blog Mas Hendra
Jika ingin membangun sebuah bangsa yang berakhlak baik dan mulia, maka didiklah anak-anak kita dengan akhlak yang baik sejak usia dini. Dalam hal ini, orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak-anak di lingkungan keluarga, karena setiap anak yang lahir ke dunia ini, akan dibentuk dan diukir oleh kedua orang tuanya. Akankah diukir dengan ukiran bernilai seni tinggi atau malah sebaliknya. Artinya untuk mencegah terjadinya dekadensi moral di masyarakat, dimulai dari dalam keluarga.

Membentuk karakter dan akhlak yang baik kepada anak-anak, bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kesabaran serta strategi yang tepat. Salah satu cara yang bisa para orang tua lakukan adalah dengan memberikan contoh perbuatan baik di lingkungan keluarga dengan memulainya dari hal-hal yang sederhana, seperti bagaimana kita bersikap baik terhadap orang yang lebih tua, bersikap baik terhadap teman atau bahkan terhadap hewan sekalipun.

Pelibatan Keluarga Pada Pendidikan di Era Kekinian
Salah satu hal paling fundamental dalam membentuk akhlak dan karakter pada anak adalah melibatkan seluruh anggota keluarga, terutama orang tua. Tidak dapat dipungkiri, gempuran dan pengaruh budaya dari luar dapat dengan mudah masuk melalui canggihnya teknologi saat ini, seperti internet.

Di era digital saat ini, bukan tidak mungkin anak memiliki akun sosial media untuk berinteraksi dengan dunia maya. Selain itu juga anak dapat dengan mudahnya mengakses berbagai video melalui situs berbagi video seperti YouTube.

Canggihnya perkembangan teknologi informasi ternyata mampu membawa dampak negatif dalam kehidupan masyarakat. Kebebasan untuk mengakses internet di dunia maya dapat merugikan penggunanya jika pengguna tidak bisa menyeleksi konten dari dunia maya (internet). Maka dari itu, di era digital saat ini, anak-anak sebaiknya dikenalkan dengan pengetahuan agama sejak usia dini dan juga pembentukan karakter yang berakhlak dan mulia.

Selain itu juga, orang tua juga perlu belajar mengenai dunia informasi teknologi di era digital saat ini. Tujuannya jelas untuk mengawasi dan mengontrol aktivitas anak saat berselancar di dunia maya. Karena seperti kita ketahui, perkembangan informasi teknologi ibarat pisau bermata dua, di satu sisi teknologi mampu membantu mempermudah menyelesaikan pekerjaan. Sementara di sisi lain, teknologi juga mampu menjerumuskan penggunanya jika tidak diimbangi dengan pengetahuan agama.

Baca juga artikel : Pengenalan Agama Sejak Usia Dini

Kesimpulan
Maka dari itu, untuk mencegah dekadensi moral pada anak, ada beberapa point penting yang harus diperhatikan oleh para orang tua dalam mendidik anak di era digital saat ini, sebagai berikut :
- Membekali anak dengan pengetahuan agama yang lebih, agar mampu membentuk karakter yang berakhlak tinggi.
- Orang tua dan juga seluruh unsur keluarga memiliki andil besar dalam memberikan pendidikan terhadap anak.
- Jalin komunikasi yang baik dengan anak setiap saat.
- Ajari anak dengan penuh kasih dan sayang.
- Hindari untuk menonton tayangan televisi yang tidak mendidik dan juga temani anak ketika menonton.
- Orang tua perlu belajar mengenai informasi teknologi agar lebih mudah mengendalikan aktivitas anak ketika berselancar di dunia maya, baik melalui gawai atau laptop.

Para orang tua bisa memberikan pendidikan kepada anak dengan cara menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan di dunia dan juga ilmu agama. Karena selain pintar di sekolah, anak juga pintar dengan ilmu-ilmu agama, bahkan anak bisa berprestasi di sekolah juga rajin melaksanakan ibadah.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kiat Mencegah Dekadensi Moral Pada Anak. Orang Tua Punya Peran Penting!"