Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Usaha Cuci Motor Laris Manis

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Usaha Cuci Motor Laris Manis - Blog Mas Hendra

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Usaha Cuci Motor Laris Manis - Semakin meningkatnya jumlah kendaraan motor setiap tahunnya, juga berdampak pada semakin menjamurnya usaha cuci motor, baik di kota maupun di pelosok desa. Mulai dari usaha cuci motor yang dilengkapi dengan fasilitas seadanya, hingga yang paling mewah, sudah semakin banyak ditemui.


Oleh karena banyaknya persaingan pada bisnis cuci motor yang semakin ketat, membuat para pengelolanya harus memutar otak bagaimana caranya agar usahanya tetap laris manis dan diminati banyak pelanggan. Karena pelanggan pun saat ini kerap memilih tempat untuk mencuci motornya dengan hasil yang baik dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap.


Maka dari itu sudah saatnya bagi pengelola yang sudah menjalani bisnis ini, namun ingin usahanya bertambah ramai, atau bagi Anda yang ingin terjun membuka usaha cuci motor, ada baiknya memperhatikan ke-8 hal berikut, agar bisnis cuci motor laris manis.

1. Lokasi yang Strategis
Lokasi yang strategis menjadi hal paling utama yang perlu diperhatikan ketika ingin menjalani sebuah usaha. Pastikan usaha cuci motor yang Anda kelola berada di tempat dimana banyak orang lalu lalang atau lokasi Anda mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar.

Jangan lupa juga untuk memasang tanda agar usaha cuci motor Anda mudah dikenali dan dilihat dari jarak tertentu, seperti memasang spanduk atau plang.

2. Perhatikan Skill Mencuci Motor
Agar pelanggan puas dengan service yang Anda berikan dan ingin kembali lagi, perhatikan skill dalam mencuci motor. Pastikan Anda mengetahui teknik mencuci yang tepat, sehingga proses mencuci hanya membutuhkan waktu yang cepat dengan hasil yang bersih maksimal. Karena biasanya pelanggan tidak mau menunggu terlalu lama ketika mencuci motornya. Maka dari itu, kuncinya adalah proses kerja yang gesit, namun teliti.

3. Perhatikan Kualitas Air yang Dipakai Untuk Mencuci
Air merupakan bahan utama yang digunakan untuk mencuci motor. Maka dari itu gunakan air yang bersih untuk mencuci motor agar hasilnya lebih maksimal. Jangan pernah gunakan air yang kotor, karena akan merusak cat motor maupun komponen motor lainnya. Selain itu juga hasilnya tidak maksimal.

Perhatikan juga kapasitas air yang Anda gunakan ketika mencuci motor. Jangan sampai kehabisan air ketika pelanggan sedang antri untuk mencuci, karena hal ini menyebabkan Anda akan kehilangan bisnis yang sudah di depan mata. Maka dari itu siapkan air bersih dalam wadah penampung yang cukup, sehingga Anda tidak akan kehabisan air sewaktu mencuci.

4. Peralatan Mencuci yang Lengkap
Agar menghasilkan kualitas cuci motor yang bersih maksimal, menggunakan air yang bersih saja tidak cukup, melainkan juga harus didukung dengan peralatan mencuci yang lengkap. Jika modal yang Anda miliki cukup besar, Anda bisa memutuskan untuk melengkapi usaha cuci motor Anda dengan peralatan cuci yang modern dan lengkap, sehingga akan meyakinkan pelanggan ketika ingin mencuci motor.

Namun jika modal yang Anda miliki pas-pasan, Anda bisa membeli peralatan mencuci motor secara standard, seperti kain lap, selang, ember, sabun cuci motor, kanebo dan sikat. 

5. Jangan Sepelekan Promosi
Menjalani sebuah usaha tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Bahkan ada yang sudah menjalani usaha bertahun-tahun, namun hasilnya kurang berkembang dan tidak sesuai dengan ekspektasi. Salah satu strategi dalam memasarkan usaha agar berkembang adalah mengenalkan produk atau usaha kepada masyarakat melalui berbagai cara, mulai mempromosikan usaha Anda melalui internet, sosial media ataupun dari mulut ke mulut.

Jangan lupa juga untuk memberikan potongan harga atau diskon, seperti mencuci 10 kali gratis mencuci 1 kali. Dengan demikian mampu membuat pelanggan lebih tertarik dan kemungkinan untuk menjadi pelanggan tetap menjadi terbuka lebar.

6. Manjakan Pelanggan 
Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan agar usaha cuci motor Anda laris manis adalah manjakan pelanggan ketika menunggu motornya dicuci. Sediakan ruang tunggu yang nyaman dengan menyediakan kursi yang nyaman, sebuah tv agar tidak bosan menunggu, memberikan bonus sebuah air mineral gelas, sediakan kopi atau teh manis. Atau barangkalai Anda bisa mempertimbangkan untuk menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis khusus untuk pelanggan. Pelanggan mana sih yang tidak mau balik lagi jika fasilitas cuci motor selengkap ini?

Jika memang Anda ingin mempertimbangkan untuk melengkapi usaha cuci moto dengan fasilitas-fasilitas diatas, sesuaikan harga cuci yang tepat untuk satu motor. Jangan sampai usaha Anda bangkrut gara-gara penghasilan yang Anda peroleh tidak mampu menutup biaya operasional usaha cuci motor Anda.

7. Perhatikan Jam Operasional
Karena berbagai keperluan, terkadang ada pelanggan yang ingin mencuci motornya pada pagi hari sekali, atau bahkan pada malam hari setelah selesai beraktivitas. Maka dari itu perhatikan jam operasional usaha cuci motor Anda. Jika Anda memiliki banyak karyawan, ada baiknya untuk membuka usaha Anda mulai pagi hari sekali hingga tutup pada malam hari, sehingga mampu memenuhi keingingan pelanggan.

Namun jika tidak memiliki karyawan, Anda dapat menyesuaikan jam operasional sesuai dengan keadaan di sekitar lokasi usaha cuci motor milik Anda.

8. Perhatikan Kualitas Pelayanan
Jika Anda sanggup memenuhi ke-7 hal tersebut diatas, namun Anda mengabaikan satu hal paling penting dalam menjalani usaha, yakni kualitas pelayanan yang buruk, maka siap-siap Anda akan kehilangan banyak pelanggan, hingga keadaan terburuk menyebabkan usaha cuci motor Anda bangkrut, karena tidak ada pelanggan yang ingin balik lagi akibat pelayanan yang buruk.

Jika Anda ingin usaha yang Anda jalani selalu ramai dan disukai pelanggan, maka berikan pelayanan terbaik. Perlakukan pelanggan seperti raja, maka bukan tidak mungkin pelanggan akan merasa dihargai dan dihormati, sehingga akan balik lagi mengunjungi Anda karena pelayanan (service) yang baik.

💚💚💚

Semoga dengan menjalani ke-8 hal tersebut diatas, mampu membuat usaha cuci motor Anda dapat berkembang lebih baik lagi, sehingga usaha Anda selalu memenuhi target keuntungan yang telah ditetapkan. 

Perlu Anda ketahui, ke-8 hal diatas saling memiliki koneksi satu sama lain, artinya, jika ingin benar-benar usaha cuci motor yang Anda rintis berkembang dan dibanjiri oleh pelanggan, maka jangan pernah meninggalkan walau hanya satu point sekalipun.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "8 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Usaha Cuci Motor Laris Manis"