Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos Atau Fakta? Jantung Berhenti Ketika Kita Bersin. Ini Jawabannya!

Jantung Akan Berhenti Ketika Bersin. Mitos Atau Fakta? - Blog Mas Hendra

Pernah ada yang denger nggak, kalau saat kita bersin, maka jantung kita akan berhenti berdetak sebentar. Mungkin bagi sebagian orang ada yang menganggap pernyataan ini hanya mitos belaka atau bahkan ada juga yang membenarkannya. Nah kalau kalian ragu, melalui artikel ini akan dibahas mengenai kebenaran dari pernyataan tersebut.


Tapi sebelum kita membahas lebih jauh apakah pernyataan ini mitos atau fakta, yuk kita lihat dulu apa itu bersin dan bagaimana prosesnya hingga kita bisa bersin. Seperti dikutip dari merdekadotcom, bersin merupakan salah satu respon alami yang terjadi di tubuh kita. Saat kalian bersin, awalnya ada rasa sensasi menggelitik pada bagian hidung. Selanjutnya ujung saraf akan mengirimkan sinyal ke otak, hal ini menandakan adanya sesuatu yang mengganggu di jalan napas.

Otak kemudian mengirimkan sinyal pada tubuh untuk segera mengeluarkannya. Setelah itu tubuh bereaksi dengan bersiap mengambil napas dalam dan menekan otot dada. Tekanan ini meningkat pada bagian paru-paru, mata pun tertutup dan taraaaaa, kalian pun bersin. HATCCHIII.. (bukan nama anjing ya) 😊

Saat kita bersin, terdapat tekanan besar pada dada yang mampu mengubah aliran darah. Secara otomatis, hal ini akan mengubah detak jantung, membuatnya melambat sedikit. Nah setelah kita bersin, detak jantung biasanya terasa lebih keras. Karena itulah banyak orang yang percaya bahwa saat bersin jantung akan berhenti sejenak.

Jadi intinya adalah jantung kalian nggak akan berhenti berdetak, hanya saja ia sempat melambat sedikit saja, lalu akan kembali normal lagi seperti sedia kala.

Lalu mengapa kita bisa bersin? Penyebabnya sih banyak, seperti debu, iritasi, bubuk atau serbuk, udara yang dingin dan paparan sinar matahari. Bersin itu sehat loh, buktinya ketika kalian bersin, ia akan membantu untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke hidung. Kalau sampai nggak dikeluarkan, justru akan menyebabkan masalah pernapasan di kemudian hari.

Tapi jangan salah guys, bersin-bersin terkadang juga merupakan suatu gejala dari penyakit lain. Jadi kalau kalian terlalu sering bersin dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga artikel menarik lainnya :
Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Bayi
Manfaat Melihat Warna Hijau

Nah kesimpulannya adalah bersin hanya memperlambat detak jantung, bukan membuatnya berhenti. Jadi ini hanya mitos yang kebenarannya nggak bisa dibuktikan secara ilmiah. 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mitos Atau Fakta? Jantung Berhenti Ketika Kita Bersin. Ini Jawabannya!"