Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Para Ayah, Menggendong Anak Ternyata Punya Banyak Manfaat

Manfaat Menggendong Anak Bagi Para Ayah - Blog Mas Hendra
Setiap pagi hari, saya kebagian "tugas" untuk mengantar kakak Nabil ke sekolah. Momen ini, tentu saja gak mau dilewatkan begitu saja oleh si kecil, yakni dede Naufal untuk ikut naik motor mengantar sang kakak. Berhubung masih usia 2 tahun, dede Naufal saya ajak dengan cara memakai gendongan. Soalnya kalau dibonceng, belum bisa berpegangan teguh ke motor.


Pada umumnya, anak usia balita akan lebih sering digendong oleh mamahnya, itu adalah hal biasa di belahan bumi manapun. Yang agak jarang mungkin seorang ayah yang menggendong janda anaknya ketika bepergian, baik naik motor ataupun jalan kaki ketika jalan-jalan.

Baca juga artikel lainnya guys : Banyak Anak Banyak Rezeki

Tapi tahukah kalian, bahwa ada begitu banyak manfaat yang akan didapatkan ketika seorang ayah sering menggendong anaknya. Apa sajakah itu, berikut ulasannya :

1. Meningkatkan kedekatan antara ayah-bayi
Manfaat Menggendong Anak Bagi Para Ayah - Blog Mas Hendra
Hubungan batin antara ayah-bayi akan semakin dekat, ketika sang ayah lebih intens menggendong bayi. Si bayi akan merasa lebih betah ketika berada di dekat sang ayah. 

2. Membantu meringankan pekerjaan istri
Manfaat Menggendong Anak Bagi Para Ayah - Blog Mas Hendra
Mengurus bayi bukan hanya pekerjaan istri, walau peranan istri lebih dominan dibanding suami ketika mengurus bayi. Ayah pun bisa ikut membantu meringankan pekerjaan sang istri dengan cara menggendong si bayi sambil mencuci piring, mengepel, menyapu halaman rumah, membersihkan kamar mandi dan lain sebagainya.

3. Baik untuk IQ bayi 
Manfaat Menggendong Anak Bagi Para Ayah - Blog Mas Hendra
Berdasarkan sebuah penelitian dari The University of New Jersey, anak yang lebih sering berinteraksi dengan ayahnya, memiliki IQ lebih tinggi dibanding anak yang kurang berinteraksi dengan ayah.

4. Figur ayah akan melekat
Manfaat Menggendong Anak Bagi Para Ayah - Blog Mas Hendra
Seorang anak akan tumbuh dengan perasaan dicintai orangtuanya. Figur seorang ayah yang menyayangi keluarganya akan terbawa hingga kelak ia menjadi dewasa. 

Tuh kan banyak manfaat positif yang akan dirasakan oleh si anak ketika peran ayah turut dilibatkan dalam merawat dan membesarkan anak. Jadi jangan malu lagi untuk menggendong si kecil ketika ayah berada di tempat umum. Hal ini bukan karena takut dengan istri dan nurut apa kata istri, tapi sebagai bentuk rasa cintanya ayah terhadap sang anak. Jangan salah guys, ayah bule juga banyak yang menggendong anak-anaknya di tempat umum.
Manfaat Menggendong Anak Bagi Para Ayah - Blog Mas Hendra

Tapi jangan kayak gini juga ya guys gendongnya :
Menggendong Anak yang Salah yang Dilakukan Seorang Ayah - Blog Mas Hendra
Semoga bermanfaat.

Referensi :

FP Konsultasi Tumbuh Kembang Anak

Posting Komentar untuk "Para Ayah, Menggendong Anak Ternyata Punya Banyak Manfaat"