Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Dengan Selebaran Perekrutan Usaha Sampingan yang Beredar!

Ada yang sering melihat selebaran yang biasanya menempel di tembok-tembok?? Isi selebaran ini biasanya menawarkan usaha sampingan yang bisa dilakukan dari rumah, bayarannya pun cukup menggiurkan. Sejujurnya sih saya pribadi belum pernah menghubungi langsung nomor yang tertera di selebaran tersebut. Pun begitu juga saya belum pernah mencoba melamar langsung. 
Hanya saja, belum lama ini, ada sebuah postingan dari salah seorang warga Depok yang memposting masalah selebaran semacam ini di Facebook. Karena saya rasa bermanfaat dan untuk menghindari korban penipuan, makanya saya share di blog. 



Beliau menghimbau untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran seperti ini. Berdasar pengalamannya, setiap orang akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar IDR 15.000 dan biaya keanggotaan sebesar IDR 250.000. Lalu kita pun mengajak teman atau kerabat untuk ikut bergabung. Setelah satu minggu berlalu, ternyata kantornya langsung kosong.


Beragam reaksi pun berdatangan dari netizen

Berdasar dari pengalaman yang ditulisnya, tujuannya tidak lain agar kita lebih waspada lagi terhadap hal-hal seperti ini. Saya tidak menyebutkan bahwa ini penipuan atau semacamnya, hanya saja kita harus lebih waspada lagi. Mengingat teknologi sudah semakin canggih, maka sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan di bawah ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan : 

1. Telepon dan Gali Informasi

Sebelum memutuskan melamar, usahakan dulu telepon dan cari informasi sebanyak-banyaknya secara jelas dan detail, agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Biasanya nomor telepon sudah tertera pada selebaran. 

2. Cari Informasi Melalui Internet

Gunakan teknologi internet untuk mencari informasi seputar data valid perekrutan usaha sampingan yang diedarkan melalui selebaran ini. Jika banyak komen negatif atau pengalaman buruk, sebaiknya langsung tinggalkan saja. Informasi bisa didapat dari mesin pencari Google, sosial media maupun forum/group.

Salah satu berita tentang selebaran usaha sampingan yang terbukti sebagai penipuan :


3. Cari Informasi Tambahan

Jika melalui internet kurang memadai dan kurang puas, Anda bisa mencari informasi tambahan dari teman, kerabat atau bisa juga dari tetangga. Biasanya informasi ini dinilai lebih akurat lho. 

4. Cari Tahu Biodata Perusahaan (PT)

Cari informasi dari perusahaan terkait penyedia lowongan ini. Jika alamatnya tidak jelas atau bahkan fiktif, maka segera tinggalkan. Tapi jika alamatnya jelas dan ada, maka lakukan langkah nomor 1 sampai nomor 3 diatas. Sisanya terserah Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Pagi-Pagi Dapat Hadiah Mobil Avanza!
Hati-Hati Memasang Stiker Ayah, Ibu dan Anak di Mobil

Sekali lagi saya tekankan bahwa (mungkin saja) tidak semua informasi tentang perekrutan untuk usaha sampingan yang disebarkan melalui selebaran adalah penipuan atau akal-akalan. Tapi untuk meminimalisir agar kita tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan, maka satu-satunya cara adalah tetap waspada, berpikir rasional dan jangan sampai tergiur dengan tawaran bayaran yang tidak wajar.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Waspada Dengan Selebaran Perekrutan Usaha Sampingan yang Beredar!"