Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan 8 Hal Berikut Sebelum Membeli Smartphone


Memiliki sebuah gadget dengan segudang fitur canggih didalamnya, tentu saja diharapkan mampu menunjang aktivitas kita sehari-hari, apapun profesi yang dijalani. Namun terkadang karena minimnya pengetahuan seputar smartphone, membuat seseorang dilanda kebingungan ketika memutuskan ingin membeli smartphone, mengingat begitu banyaknya smartphone dari berbagai platform (Android, iPhone dan Windows Phone) dan merk yang beredar di masyarakat.


Seperti kita ketahui, salah satu platform yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah smartphone Android. Selain karena harga smartphone Android murah dan terjangkau, model dan merk-nya pun beragam, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan ketika ingin membeli smartphone Android di pasaran.

Namun sayangnya tidak banyak orang memahami apa yang sebaiknya perlu diperhatikan ketika ingin membeli smartphone. Jangan lupa, perhatikan 8 hal berikut sebelum memutuskan membeli smartphone 😉 :

💙 1. CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT) 💙

Layaknya sebuah komputer/laptop, smartphone juga memiliki CPU. CPU atau prosesor merupakan "otak" atau bagian terpenting dari sebuah komputer/smartphone. Semakin tinggi spesifikasi CPU, maka kinerja smartphone juga akan semakin baik. Spesifikasi CPU minimum pada sebuah smartphone adalah DUAL-CORE. Ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan ketika memilih CPU smartphone yang baik :

- Chipset
Chipset merupakan sebuah komponen dimana prosesor ditempatkan. Komponen ini yang nantinya akan mengatur komunikasi antara prosesor dengan komponen lainnya di dalam sebuah smartphone.

- Core
Core atau Inti merupakan komponen yang berfungsi untuk membaca atau menjalankan berbagai perintah dari sebuah program. Saat ini sudah banyak smartphone yang menggunakan Core lebih dari satu, seperti Dual-Core (inti ganda), Quad Core (empat inti) bahkan hingga Octa Core (delapan inti). Semakin tinggi Core, maka semakin baik kinerja smartphone.

- Clock Speed
Clock Speed adalah ukuran frekuensi minimum yang dapat dijalankan oleh sebuah core dalam waktu satu detik. Satuan yang digunakan adalah Giga Hertz (GHz), contohnya 1 GHz, 2 GHz dan seterusnya.


💙 2. RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) 💙

Selanjutnya pertimbangkan ukuran RAM ketika ingin membeli smartphone Android. Biasanya ukuran RAM minimal smartphone saat ini adalah 1 GB. Semakin besar RAM (2GB, 4GB, 8GB, 16GB), maka kinerja smartphone juga semakin baik, sehingga dapat menjalankan kegiatan multitasking tanpa hambatan (lag) di smartphone, seperti bermain game HD (high definiton).


💙 3. GPU (GRAPHICS PROCESSING UNIT) 💙

GPU merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur sektor grafis pada sebuah smartphone. Komponen inilah yang berfungsi untuk mengatur kualitas game atau video ketika dimainkan pada perangkat gadget (smartphone). Semakin tinggi spesifikasi GPU pada smartphone, maka semakin baik kualitas grafis yang dihasilkan smartphone tersebut. Sehingga akan membuat pengguna semakin nyaman ketika sedang mengoperasikan smartphone, terutama ketika memutar video atau bermain game.

💙 4. BATERAI 💙

Salah satu komponen yang sebaiknya Anda perhatikan ketika ingin membeli smartphone adalah baterai. Baterai merupakan komponen penting (nyawa) pada sebuah smartphone, tanpa baterai smartphone tidak akan bekerja. Pilih smartphone sesuai dengan kebutuhan, jika Anda hobi jalan-jalan atau bahasa kerennya seorang backpacker/traveler, maka sebaiknya memilih baterai smartphone yang memiliki daya yang cukup besar, minimal adalah 2000 mAh. Semakin besar daya suatu baterai, maka semakin baik kinerja dan daya tahan smartphone.

💙 5. KAMERA 💙

Kini fitur kamera sepertinya menjadi point penting ketika ingin membeli smartphone. Untuk menghasilkan kualitas foto yang bagus dan terang, maka Anda bisa memilih smartphone yang memiliki fitur LED Flash. Fitur ini akan menghasilkan gambar yang lebih baik meskipun dalam kondisi pencahayaan yang gelap atau redup. Bagi yang hobi fotografer, tentu Anda harus memperhatikan fitur lainnya pada kamrea smartphone, mulai dari LED Flash, Auto Focus, Optical Zoom, Digital Zoom, Optical Image Stabilization, High Dynamic Range (HDR), Touch Focus, Face Detection hingga Geotagging.


💙 6. JARINGAN 💙

Satu lagi hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin membeli smartphone adalah jaringan. Untuk dapat  menikmati koneksi internet yang kencang, sebaiknya memilih smartphone yang sudah mendukung koneksi 4G LTE atau lebih. Dan daerah tempat tinggal Anda juga harus sudah mencakup area 4G, agar koneksi 4G dapat berjalan dengan baik dan lancar. Jangan khawatir soal harga, kini smartphone 4G juga ada yang harganya satu jutaan, salah satunya adalah Motorola C 4G. Kapasitas baterai yang cukup besar (4000 mAh) serta  fitur Dual-Sim, tentu menjadikan smartphone ini layak untuk dipertimbangkan.

💙 7. BRAND (MERK) 💙

Saat ini sudah banyak sekali brand smartphone yang beredar di pasaran. Jangan hanya karena harga murah, lantas membuat Anda kecewa karena kualitas smartphone yang gampang rusak dan tidak sesuai ekspektasi Anda. Sebaiknya pilih smartphone dengan brand yang jelas dan memiliki after sales yang baik dan berpengalaman. Sehingga ketika suatu saat smartphone Anda rusak, Anda dapat membawanya ke galery brand tersebut. Berikut ada beberapa brand yang sudah sangat terkenal dan cukup populer, diantaranya Samsung, Apple, Asus, LG, htc, Microsoft, Motorola, Lenovo, Sony dan lainnya.

💙 8. PILIH REFERENSI HARGA SMARTPHONE YANG TEPAT 💙

Jika masih bingung dan memerlukan referensi seputar harga smartphone lengkap, Anda bisa mengunjungi situs www.sinyaliti.com. Sinyaliti merupakan sebuah situs yang memuat review dan ulasan berbagai smartphone dan gadget terlengkap. Anda juga dapat melihat referensi lengkap seluruh smartphone yang beredar di pasaran, berikut panduan harga smartphone termurah di toko-toko online terkemuka, seperti Lazada, BliBli, MatahariMall, JD, Blanja dan Elevania.

Demikian artikel tentang delapan tips dan trik sebelum membeli smartphone. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.


📘📙📗📕 Referensi : 

🔖 sinyaliti.com
🔖 carisinyal.com

Posting Komentar untuk "Perhatikan 8 Hal Berikut Sebelum Membeli Smartphone"