Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh

Susu Kambing Merk Skygoat - Blog Mas Hendra

Ada yang sudah pernah mencoba susu kambing? Bagi yang belum pernah, boleh dong saya sedikit sharing pengalaman minum susu kambing. Seperti kita ketahui, di pasaran ada banyak sekali merk susu kambing yang beredar. Ada merk Gomars, Sheep Brand, E-goat, Jinnan, Etawa, Skygoat dan lain sebagainya. Dan salah satunya yang sudah pernah saya coba adalah susu kambing etawa Skygoat. Saya tidak akan membahas merk Skygoat-nya, yang akan saya review secara keseluruhan adalah manfaat susu kambing etawa bagi tubuh.


Kambing etawa merupakan jenis kambing penghasil susu dan daging terbaik. Maka tidak heran, susu kambing yang beredar di pasaran kebanyakan berasal dari jenis kambing etawa.


Kambing Peranakan Etawa (PE) - Blog Mas Hendra
Jenis kambing etawa berbeda dengan kambing lokal.

Kambing etawa ini didatangkan dari India, atau disebut juga kambing Jamnapari. Biasanya kambing jantan tingginya mencapai 90-127 sentimeter dengan bobot berkisar 91 kilogram. Sedangkan kambing betina hanya mencapai 92 sentimeter saja dengan bobot berkisar 63 kilogram.

Jenis kambing etawa ini sangat mudah dikenali, selain karena bentuk badannya yang terbilang besar, telinganya pun menjuntai panjang ke bawah, dahi dan hidungnya cembung. Ukuran tanduk pada kambing etawa jantan maupun betina sama-sama berukuran pendek.


Rasanya Susu Kambing Seperti Apa?

Mungkin teman-teman yang belum pernah merasakan susu kambing penasaran, bagaimana rasanya susu kambing? Apakah bau amis? Apakah rasanya juga bau kambing?


Susu Kambing Etawa Skygoat - Blog Mas Hendra
Susu kambing etawa Skygoat.

Sebelum mencoba susu kambing, saya juga mengira jika rasanya akan bau amis atau paling tidak baunya menyengat mirip daging kambing itu sendiri. Tapi setelah mencobanya, rasanya enak, gurih dan sama sekali tidak bau amis.

Rasanya sangat gurih mirip sekali dengan susu yang banyak mengandung creamer, kayak ada manis-manisnya gitu. Baca juga artikel : Susu Kaleng Sisa Ramadhan


Cara Menyajikan Susu Kambing

Yang namanya mimi cucu atau minum susu, biasanya paling enak disajikan dalam keadaan hangat ya, apalagi suasana lagi hujan+dingin, sambil ditemani cemilan roti, tambah mantap. 

Tapi kalau cuacanya lagi panas, ya boleh dong ditambahin dengan es batu, biar segar.

Susu kambing etawa yang saya beli berbentuk bubuk dalam kemasan sachetan. Tentu saja sebaiknya Anda memperhatikan cara penyajian susu bubuk yang baik.

Untuk menyajikan susu bubuk (jenis dan merk apapun), hindari menggunakan air panas (100 derajat), sebaiknya susu bubuk diseduh dengan menggunakan air hangat (sekitar 70 derajat), agar kandungan vitamin dan gizi yang ada di dalam susu bubuk tersebut tidak menguap atau hilang. Sayang kan, sudah capek-capek bikin susu, eh malah tidak ada gizinya.

Bagi yang tidak menyukai manis, tidak perlu menambahkan gula ke dalamnya, karena rasanya sudah manis dari sananya.


Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh

Bagi yang penasaran mau mencoba susu kambing, jangan ragu-ragu loh, karena ada begitu banyak manfaat yang kita dapat dari susu kambing ini, diantaranya :

- Meningkatkan kekuatan otot, tulang dan gigi
- Menghaluskan kulit dan dapat mengatasi jerawat
- Meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dengan sel-sel tubuh yang kuat
- Menyeimbangkan hormone dan sistem homeostatis tubuh. 

Homeostatis adalah suatu kondisi keseimbangan internal yang ideal, di mana seluruh sistem tubuh bekerja dan berinteraksi dalam cara yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dari tubuh.

- Sebagai detox
- Dapat digunakan sebagai program penurunan berat badan dan juga 
  menaikkan berat badan

Tidak itu saja, susu kambing juga dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit menular dan penyakit tidak menular. Dan juga dapat menyembuhkan penyakit kronis, mulai dari maag kronis, kolesterol, jantung, gangguan ginjal, stroke asam urat, diabetes sampai kanker.

Demikian artikel tentang Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh semoga bermanfaat bagi kita semua.

Referensi 

Artikel :
Kamuskesehatandotcom
Wikipedia
Lifestyledotsindonewsdotcom

Posting Komentar untuk "Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh"