Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menghindari Demonstrasi

Demo di Bundaran HI - Blog Mas Hendra

Cara Mudah Menghindari Demonstrasi - Daerah rawan demonstrasi di Jakarta, seperti Gedung DPR, Istana Negara maupun Bundaran HI, Thamrin, sepertinya masih menjadi lokasi favorit bagi para pendemo dalam menyalurkan aspirasinya. Tentu saja, dengan adanya aktivitas demonstrasi semacam ini, memberikan dampak yang luas bagi masyarakat yang memiliki kepentingan di sekitar daerah rawan demonstrasi tersebut. Dampak yang paling signifikan dirasakan adalah rugi waktu dan juga materi.  


Seperti yang saya alami. Semenjak pekerjaan saya pindah ke daerah Bundaran HI, saya lebih memilih melewati jalur protokol, seperti jalan Jendral Sudirman-Thamrin. Akses melalui jalur ini dinilai paling cepat, karena jarang ditemui kemacetan yang berarti.

Namun keadaan berubah 180 derajat ketika terjadi aktivitas demonstrasi, salah satunya di daerah Bundaran HI. Mau tidak mau, para petugas terkait melakukan pengalihan arus lalu lintas guna menghindari kemacetan yang parah.


Imbasnya tentu saja, saya dan pengguna jalan lainnya harus memutar mencari jalan lain, salah satu jalur alternatif menuju daerah Thamrin dan sekitarnya adalah melalui jalan Pejompongan – Tanah Abang. Sudah dapat ditebak, di jalur alternatif tersebut akan terjadi penumpukan kendaraan.

Bagi Anda yang tidak memiliki kepentingan di luar rumah, sebaiknya duduk manis di rumah masing-masing sambil melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti ngeblog. 

Namun jika keadaan yang mengharuskan Anda untuk tetap melakukan aktivitas di luar rumah, berikut adalah cara mudah menghindari demonstrasi agar Anda tidak terjebak kemacetan akibat demo tersebut, yang mana justru akan merugikan Anda sendiri :


Cari Informasi 

Anda dapat mencari berita-berita terkini, baik melalui sosial media, grup chatting, teman maupun televisi. Pantau terus perkembangan berita terbaru, terutama mengenai aktivitas demonstrasi. Dengan cara seperti ini, minimal Anda dapat mengetahui apakah akan ada demonstrasi atau tidak.


Berangkat Lebih Awal

Jika memang Anda sudah mengetahui akan adanya aktivitas demonstrasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya berangkat lebih awal, agar Anda tidak terlambat sampai tujuan dan juga terhindar dari kerumunan massa. Baca juga artikel : Tips Supaya Nggak Terlambat Bekerja atau Sekolah  


Cari Jalur Alternatif

Selain jalan utama yang biasa Anda lalui, sebaiknya Anda juga (minimal) mengetahui jalan alternatif lainnya jika terjadi sesuatu selama di dalam perjalanan, salah satunya adalah adanya aktivitas demonstrasi. Dengan mengetahui jalur alternatif, diharapkan Anda akan terhindar dari kerumunan massa demonstran serta tidak terlambat sampai di tujuan.


Menginap di Rumah Teman atau Saudara

Tips yang satu ini, mau dicoba atau tidak juga tidak apa-apa, namanya juga saran dari Admin. Hubungi teman atau saudara yang dekat dengan lokasi di mana akan terjadi aktivitas demonstrasi, untuk sekedar menumpang menginap. 

Jadi Anda tidak perlu bersusah payah berangkat dari rumah ke tempat tujuan, agar tidak terjebak kemacetan maupun aktivitas demonstrasi tersebut. Anda cukup berangkat dari rumah teman atau saudara, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan Anda. Cara ini juga dinilai dapat menghemat tenaga, biaya dan juga waktu. Tapi ingat, kalau mau mampir, jangan lupa bawakan oleh-oleh.

Semoga tips cara mudah menghindari demonstrasi di atas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

2 komentar untuk "Cara Mudah Menghindari Demonstrasi "

  1. Stay safe mass. . Demonya semoga segera selesai dan no ricuh",serem soalnyaa TT liat temen" pada susah pulang juga kasiaan :"

    BalasHapus
  2. @Lucky Caesar : Makasih Mba Lucky. Iya yang orang lagi pada kerja yang kesulitan buat pulang, apalagi di daerah rawan demonstrasi

    BalasHapus