Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Lahan Kosong Luas?? Jadiin Untuk Bisnis Jual Beli Ikan Saja

Lahan Kosong Cocok Untuk Bisnis Jual Beli Ikan - Blog Mas Hendra

Tepat di seberang sebelah kiri rumah saya, ada beberapa buah kolam ikan dengan beragam ukuran. Kolam ikan ini memang sengaja dibangun untuk bisnis jual beli ikan. Sekilas sih tidak ada yang menarik dengan kolam ikan tersebut. Namun kalau diperhatikan secara seksama, kolam-kolam ikan tersebut terbuat dari bahan yang sangat sederhana, yakni terpal, pipa dan tentu saja air beserta ikannya.


Sejumlah kolam ikan (empang) yang pernah saya temui, tidak menggunakan terpal sebagai bahan dasar alas kolam. Alas kolam hanya berupa tanah yang bercampur lumpur. Berbeda dengan kolam ikan yang saya temui di daerah Depok, kolam ikannya kebanyakan menggunakan terpal sebagai alas kolam.


BEBERAPA BAHAN YANG DIGUNAKAN :

Terpal

Alas Dasar Kolam Terbuat Dari Bahan Terpal - Blog Mas Hendra


Terpal digunakan sebagai alas dasar kolam. Nantinya terpal ini bermanfaat untuk memudahkan petugas membersihkan kolam serta untuk meminimalisir tumbuhnya lumut di dalam kolam. Bahan terpal harganya relatif lebih murah ketimbang ubin (keramik).


Pipa

Pipa Sebagai Sirkulasi Air Kolam - Blog Mas Hendra
Sirkulasi pembuangan air terbuat dari bahan yang cukup sederhana

Beberapa potong pipa yang ada di kolam ikan ini berfungsi sebagai sirkulasi air kolam. Pipa dibentuk menyerupai huruf L, di mana bagian bawah pipa ditanam sampai masuk ke dalam salah satu sisi kolam. Untuk membuang air atau menguras air, cukup melepaskan pipa (tegak lurus) bagian atas, nanti dengan sendirinya air kolam akan surut.


HASILNYA CUKUP MENJANJIKAN

Menurut bang Bode, petugas yang mengurusi kolam tersebut, kolam-kolam ikan tersebut digunakan untuk mengembakbiakkan ikan gurame, ikan mas koki dan sebagian ikan lele.

Pengembangbiakkan Ikan Mas Koki - Blog Mas Hendra
Pengembangbiakkan ikan mas koki

Khusus untuk ikan gurame, karena masa dewasanya harus menunggu sampai sekitar satu tahun, bang Bode akan menjualnya sebelum ikan berkembang biak menjadi dewasa. 

Dua Buah Kolam Ikan Berukuran Besar - Blog Mas Hendra

Kolam Ikan Yang Berukuran Besar - Blog Mas Hendra

Kolam ikan yang dikelolanya ada sekitar 4 buah dengan berbagai ukuran. Mulai dari ukuran 2x2 meter sampai yang terluas ukuran 4x11 meter. Kedalamannya pun sekitar batas lutut orang dewasa.


PUNYA LAHAN LUAS? KENAPA TIDAK DIKEMBANGKAN MENJADI LAHAN UNTUK BISNIS SAJA?!

Bagi kamu yang memiliki lahan cukup luas, selain lahan tersebut dapat dijadikan bisnis jual beli tanaman hias, tanaman obat maupun buah-buahan, sepertinya bisnis jual beli ikan ini hasilnya cukup menjanjikan loh. Dengan bermodalkan terpal, pipa serta ikan anakan, kamu hanya tinggal merawatnya dengan telaten. Insha Allah hasilnya cukup menjanjikan.

Lahan Kosong yang Siap Dibikin Kolam Ikan - Blog Mas Hendra
Lahan yang siap dibikin kolam ikan

Bagaimana, kamu tertarik untuk menggeluti bisnis jual beli ikan di sekitar tempat tinggal kamu?? Kalau saya sendiri sih belum punya lahan luas untuk bisnis seperti ini, tapi kalau punya lahan luas, kenapa tidak dicobanya.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Punya Lahan Kosong Luas?? Jadiin Untuk Bisnis Jual Beli Ikan Saja"