Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakai Cara Ini Untuk Mempertahankan Traffic Blog Saat Musim Liburan

http://www.blogmashendra.com/2016/05/pakai-cara-ini-untuk-mempertahankan.html

Menghadapi musim liburan, setiap orang pasti memiliki kesibukkan masing-masing, ada yang berlibur (bagi yang banyak duitnya), ada yang tetap bekerja mencari uang, ada yang tetap menjalankan bisnisnya dan lain sebagainya. Mereka tentu saja akan fokus pada aktivitas liburannya.

Tidak terkecuali bagi seorang blogger yang akan menghabiskan waktu liburannya. Justru hal ini akan menyebabkan kegiatan bloggingnya akan terlantar. Yah tidak jauh seperti yang pernah saya alami ketika berlibur, kegiatan ngeblog jadi sedikit terganggu. Kabar buruknya, ketika musim liburan tiba, trafik pengunjung blog akan menurun drastis.


Kalau saja seandainya keadaan ini benar-benar terjadi dan dibiarkan terus menerus, hal ini akan merugikan Anda dan blog yang sedang Anda kelola. Tentu saja bisa menyebabkan menurunnya jumlah pengunjung serta loyalitas dari mereka.

Sebelum Anda berlibur, ada baiknya mempertimbangkan hal-hal untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut adalah cara untuk menjaga loyalitas pembaca blog ketika musim liburan tiba :


1. Siapkan Postingan yang Terjadwal

Kegiatan menulis, tentu dapat dilakukan kapan saja. Seharusnya hal ini tidak mempengaruhi dan mengganggu waktu liburan Anda. Namun untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda menulis artikel jauh-jauh hari sebelum waktu liburan tiba dengan mem-publish artikel yang Anda buat secara terjadwal. Jadi walaupun lagi berlibur, pembaca tetap dapat mengunjungi blog Anda dan membaca artikel-artikel yang tetap fresh. 


2. Tetap Menulis Artikel Ketika Liburan

Langkah ini memang dinilai dapat sedikit mengganggu kenyamanan hari libur Anda, namun jika Anda tidak dapat membuat postingan secara terjadwal, maka cara ini bisa menjadi solusi agar blog Anda selalu update, sehingga loyalitas pengunjung tetap terjaga walaupun musim liburan tiba. Tetaplah semangat menulis walau di tengah waktu liburan sekalipun, agar blog selalu update.


3. Mencari Guest Blogging Selama Liburan

Bila kedua cara diatas masih belum bisa Anda lakukan, mungkin Anda tertarik mencoba cara berikutnya, yakni mencari guest blogging selama Anda berlibur. Guest blogging adalah memberikan kesempatan kepada blogger lain yang tertarik untuk menulis artikel di blog Anda selama musim liburan. 

Langkah ini sudah pasti memerlukan biaya untuk memberikan sebuah tawaran menarik bagi mereka yang mau menulis di blog Anda, seperti uang, award, hadiah atau backlink berkualitas. Dengan begini mereka akan tertarik dan bersemangat mau menulis artikel yang berkualitas di blog Anda. Dengan menerapkan program ini, diharapkan blog Anda akan tetap terupdate walau Anda tinggal untuk liburan.


4. Menyewa Jasa Penulis Lepas

Cara seperti ini tentu saja membutuhkan dana lebih untuk menyewa jasa penulis lepas. Langkah ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tetap menginginkan blog tetap update dengan artikel-artikel yang berkualitas. Jadi Anda tetap dapat leluasa menghabiskan waktu liburan tanpa memikirkan blog. 

Cara mencari informasi jasa penulis lepas tidak begitu sulit, Anda dapat mencari informasi melalui sebuah forum, komunitas maupun sosial media. Berikan tawaran yang sesuai dengan kemampuan menulis mereka, agar blog Anda tetap terupdate dengan artikel yang berkualitas.

Selamat berlibur dan selamat mencobanya. 

Posting Komentar untuk "Pakai Cara Ini Untuk Mempertahankan Traffic Blog Saat Musim Liburan "