Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Memakai Sony Xperia C5 Ultra Dual

Dus Sony Xperia C5 Ultra Dual - Blog Mas Hendra

Sebelumnya saya sudah pernah sharing mengenai pengalaman saya memakai hape Sony Xperia C dan Sony Xperia Z Ultra di blog ini. Kali ini saya mau berbagi pengalaman lagi tentang hape Sony.  Sebenarnya sih hapenya punya adik saya, tapi tangan saya gatel banget mau garukin kamu ngutak ngatik hape kerennya dan nulis review-nya di blog ini. Tadinya sih mau nulis review-nya di hati kamu....


Sepertinya keluarga saya bisa dibilang Sony-able, mulai dari sebelum Android ada, sampai sekarang generasi Nunduk, tetap tertarik memakai merk hape keluaran dari Sony. Entah alasan apa yang melandasi saya dan keluarga setia memakai produk dari Sony yang merupakan produk elektronik terkemuka asal negeri Jepang.

Perbandingan Ukuran Sony C5, Sony Z Ultra dan Sony C - Blog Mas Hendra
 perbandingan ukuran ketiga Sony Xperia


Perbandingan Ukuran Sony Xperia C5 Ultra Dengan Sony Xperia Z Ultra - Blog Mas Hendra
 Di bawah sinar matahari, Sony Xperia C5 Ultra masih terlihat jelas kalau dibanding Sony Xperia Z Ultra


Perbandingan Ukuran Sony Xperia C5 Ultra dengan Sony Xperia Z Ultra - Blog Mas Hendra
perbandingan ukuran Sony Xperia C5 Ultra dengan Sony Z Ultra. Beda tipis

Hari Kamis, 24 Maret 2016, adik saya beli hape Sony Xperia C5 Ultra Dual warna putih (sudah Android 5.0 Lollipop) seharga Rp. 4.550.000 di ITC Fatmawati, Jakarta Selatan.  Pada paket pembeliannya, sudah termasuk kabel data, kepala charger, buku petunjuk, kartu garansi resmi Sony sama handsfree. Ingat ya bukan handset, karena handsfree sama handset itu beda. Baca -> Benda-Benda yang Sering Keliru Pengucapannya

Langsung saja kita lihat review singkatnya berdasar dari pengalaman adik saya dan dari hasil utak atik yang saya lakukan :


Kamera

Sony Xperia C5 Ultra ini memiliki kelebihan di bagian kameranya. Baik itu kamera depan atau kamera belakang. Untuk kamera belakang/utama, resolusinya 13 megapiksel pakai LED flash. Sedangkan untuk kamera depannya, resolusinya juga 13 megapiksel pakai LED flash juga, bagus banget buat kamu yang hobi foto selfie di tempat terang, ruangan yang minim cahaya maupun di tempat gelap. Tapi kalau foto pakai Sony Xperia C5 Ultra ini, dijamin hasilnya akan terlihat lebih cerah dan lebih bagus deh. Bukan promosi ya...

Hasil foto Sony Xperia C5 Ultra ini terbilang cukup tajam dan nggak blur/pecah. Untuk di dalam ruangan yang minim cahaya, hasil kameranya masih terbilang cukup bagus. Berikut adalah hasil foto dari Sony Xperia C5 Ultra Dual :

Hasil Foto Kamera Depan di Dalam Ruangan - Blog Mas Hendra
 hasil foto dari kamera depan di dalam ruangan dengan kondisi minim cahaya


Hasil Foto Kamera Depan di outdoor - Blog Mas Hendra
 hasil foto dari kamera depan di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan cukup baik


Hasil Kamera Utama di Luar Ruangan - Blog Mas Hendra
 hasil foto dari kamera utama di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan cukup baik


Hasil Foto Kamera Utama di Dalam Ruangan Minim Cahaya - Blog Mas Hendra
hasil foto dari kamera utama di dalam ruangan dengan kondisi minim pencahayaan  



Memory

Memory internalnya sebesar 16 GB. Tapi memory yang bisa dipakai untuk user sebesar 11 GB, cukup banyaklah buat nyimpen foto, video, musik, atau kenangan masa lalu bersama mantan. Selain memory internal, kamu juga bisa nambahin memory eksternal sampai maksimal 200 GB, keren kan?


Body

Bagian back cover terbuat dari bahan plastik yang berkualitas dengan finishing glossy. Ada 3 warna yang bisa kamu pilih, mulai dari warna hitam, putih atau mint (hijau mint). Body-nya agak bongsor, mirip mba Pearl, anaknya Tuan Krab, tapi tetap terasa nyaman dan pas di genggaman tangan. Dimensinya 164,2 x 79,6 x 8,2 mm dengan bobot mencapai 187 g. Ini yang paling saya suka, Sony Xperia C5 ini memiliki pinggir (bezel) yang tipis, jadi layarnya terlihat lebih lebar. Jadi leluasa buat ngoperasiin hape, bermain game atau sekadar nonton video.

Bagian Back Cover (Belakang) Hape - Blog Mas Hendra
bagian belakang hape terdapat kamera 13 megapiksel, lampu flash, logo NFC dan tulisan Sony Xperia


Bagian Bawah Hape - Blog Mas Hendra
 bagian bawah hape hanya ada port untuk kabel data/charge dan mic


Bagian Atas Hape Hanya Ada Audio Jack - Blog Mas Hendra
 bagian atas hape ada audio jack


Bagian Pinggir Hape Sebelah Kiri - Blog Mas Hendra
 di sisi sebelah kiri tempat untuk sim card dan memory card eksternal


Bagian Kanan Hape - Blog Mas Hendra
bagian sisi kanan ada tombol power, tombol volume dan tombol untuk kamera



Layar

Sony Xperia C5 Ultra ini memiliki luas layar 6.0 inchi, dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel, 367 ppi. Dan juga dilengkapi fitur keren yang sama kayak fitur pada layar TV-nya, yakni Sony Mobile BRAVIA Engine 2. Layarnya juga sudah ada fitur auto brigthness. Jadi kalau di bawah sinar matahari masih terlihat lumayan jelas.

Hape di Bawah Sinar Matahari - Blog Mas Hendra
kondisi layar hape di bawah sinar matahari masih terlihat dengan cukup baik



Dual SIM card (nano)

Namanya juga DUAL SIM CARD, sudah pasti dilengkapi sama dua sim card. Tuh sim card saja ada pasangannya, masa kamu nggak! Ukuran sim card-nya jauh lebih kecil lagi. Jadi dari ukuran paling normal (ukuran awal) dipotong ke ukuran micro, terus dipotong lagi ke ukuran yang lebih kecil, namanya nano sim card. Yah nggak beda jauh mirip kayak subsidi dari pusat terus kalau turun ke cabang semakin kecil jumlahnya, soalnya subsidinya pada “DISUNAT” sama oknum yang nggak bertanggung jawab!!!


Jaringan internet

Sony Xperia C5 Ultra ini berjalan di jaringan GSM/HSPA/LTE. Dan sudah bisa beroperasi pada jaringan 4G. Untuk mendapatkah hasil yang maksimal, kalau belum upgrade, kamu perlu meng-upgrade kartu selular dari 3G ke 4G ke gerai-gerai selular terdekat.


Baterai

Kapasitas baterai sebesar 2930 mAh. Berdasar penuturan adik saya, baterai terbilang mumpuni, dengan pemakaian normal, dan hanya perlu di-charge sehari sekali. Baterainya menyatu sama body-nya alias nggak bisa dilepas. Kayak hatiku dan hatimu yang selalu menyatu, jiahh!! Untuk sim card dan memory card ada di pinggir sebelah kiri hape, jadi bukan di bagian body belakang hape, karena bagian belakangnya nggak bisa dibuka, kecuali sama yang ahli.


Suara

Output suara sewaktu menonton video atau dengerin musik juga terbilang cukup keras dan lantang, mirip suara mahasiswa yang lantang sewaktu demo. Berbanding terbalik sama 2 hape Sony Xperia sebelumnya yang suaranya masih kalah dibanding sama Sony Xperia C5 ini. Perpaduan antara bass dan trible juga terdengar jauh lebih baik dan halus.


Jeroan Sony Xperia C5 Ultra Dual

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat untuk menyimpan data sementara. RAM yang dimiliki hape ini lumayan besar, yakni 2 GB, jarang banget ngalamin lag atau lemot sewaktu ngutak ngatik hape ini.

CPU (Central Processing Unit) atau dikenal juga prosesor, adalah komponen sebagai pengendali jalannya sistem dalam sebuah smartphone. CPU dari hape ini terbilang cukup handal, yakni : Octa-Core 1.7GHz Cortex A53.

Chipset yang digunakan sama seperti Sony Xperia C, yakni sama-sama produksi dari MediaTek, tapi seri MT6752.

GPU atau Graphical Processing Unit (unit pengolah grafis ; komponen yang memproses tampilan di layar hape) : Mali-T760MP2, bukan Haji Malih ya.


Semoga ulasan singkat mengenai pengalaman memakai Sony Xperia C Ultra sedikit banyak dapat membantu teman-teman yang masih bingung sewaktu akan membeli hape baru. Sekaligus juga dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat.





Posting Komentar untuk "Pengalaman Memakai Sony Xperia C5 Ultra Dual"