Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Supaya Nggak Terlambat Bekerja atau Sekolah

Tips Agar Tidak Terlambat Kerja
Image : pixabay.com/free-photos

Tingkat kepadatan lalu lintas di Kota Jakarta terbilang cukup parah. Hampir di setiap ruas jalan pada jam-jam tertentu selalu saja mengalami kemacetan, entah karena traffic yang selalu padat, proses pembangunan fasilitas umum yang memakan sebagian ruas jalan, angkot yang berhenti sembarangan hingga aksi damai para jomblo yang menuntut dihapusnya haru Sabtu dari kalender.

Efek buruk dari padatnya lalu lintas tersebut akan berpengaruh pada kinerja masyarakatnya, karena tentu saja masyarakat membutuhkan ekstra waktu yang lebih untuk mencapati tempat yang ditujunya.

Maka dari itu, masyarakat dituntut untuk pandai mengatur waktu. Sebut saja seorang karyawan yang akan berangkat ke tempat kerjanya, para anak sekolahan yang akan berangkat sekolah hingga para mahasiswa yang akan ngampus harus memiliki perhitungan waktu yang tepat, agar tidak terlambat.

Selama tinggal dan besar di Kota Jakarta, saya terbiasa untuk menerapkan beberapa tips agar tidak terlambat sampai ke tempat kerja. Minimal bisa sampai ke tempat kerja tepat waktu. Bukan tidak mungkin, tips sederhana ini bisa juga kamu terapkan di kota tempat tinggalmu.

1. Niat untuk disiplin

Semuanya harus diawali dengan niat. Kuatkan niat untuk selalu disiplin dalam bekerja atau menimba ilmu, karena saya yakin, kalau niat dan tekad untuk disiplin sudah kuat, mudah-mudahan tidak akan ada lagi kata terlambat.

2. Pasang alarm

Atur jam alarmmu sesuai dengan kebutuhan. Jangan sekali-kali untuk menekan "snooze" ketika alarm berbunyi, karena akan membuat kamu malas untuk bangun lagi. Usahakan untuk memilih nada atau suara alarm yang cukup mengagetkan, misalnya pakai instrumen musik yang cukup keras atau bisa juga pakai rekaman suara mantan, biar kamu terkedjoet-kedjoet!

3. Persiapan matang

Siapkan semua keperluan yang akan kamu bawa sebelum berangkat kerja atau sekolah. Periksa dengan teliti barang bawaan yang akan dibawa. Ketika persiapan sudah matang, kamu akan lebih tenang dan tidak terlalu tergesa-gesa sewaktu akan berangkat.

4. Berangkat lebih awal

Guna menghindari risiko terlambat, sebaiknya kamu berangkat lebih awal. Estimasi waktu yang tepat sangatlah diperlukan ketika akan berangkat kerja atau sekolah agar bisa sampai di tujuan lebih awal atau paling tidak tepat waktu.

5. Update info lalu lintas

Biasakan juga untuk mengikuti info sekitar lalu lintas terkini di tempat tinggalmu. Bisa lewat media sosial, berita di TV atau info dari teman. Hal ini cukup penting dilakukan agar kamu bisa mencari jalan alternatif kalau saja di jalan terjadi demo dan lain sebagainya.

6. Kenali jalan alternatif

Di kota Jakarta biasanya sering terjadi demo. Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di titik demonstrasi, biasanya pengguna jalan akan dialihkan ke jalan alternatif lainnya. Bagi kamu yang sudah hapal jalan atau menguasai jalan alternatif, mungkin tidak terlalu jadi masalah.

Namun bagi kamu yang belum tau jalanan alternatif, tentu akan kebingungan bukan? Belum lagi kamu harus mengejar waktu untuk bekerja atau sekolah. Nah alangkah baiknya kalau kamu sedikit-sedikit mencari tau jalan alternatif, hingga kamu menguasainya. 

Tujuannya biar kamu tau jalan dan tidak membuang-buang waktu mencari jalan baru lagi saat terjadi pengalihan arus lalu lintas.

7. Ingat dampak buruk kalau kamu terlambat

Setiap perusahaan tentu punya peraturan yang tegas mengenai karyawan yang sering datang terlambat dan akan dianggap sebagai karyawan yang tidak disiplin. Mungkin kalau hanya SP saja tidak terlalu masalah, bagaimana kalau sampai dikeluarkan hanya gara-gara sering terlambat bekerja?

Jadi ingat baik-baik dampak buruk ketika kamu datang terlambat ke kantor atau ke sekolah. Ingat konsekuensi yang akan kamu dapatkan.

Kamu mungkin akan malu ketika terlambat ke sekolah, apalagi kalau kena hukuman harus berlari mengitari lapangan. Atau sering kena teguran dari atasan di tempat kerja, yang akan menyebabkan menurunnya reputasi kamu di mata atasan atau bos.

Nah itu tadi 7 tips anti terlambat yang bisa kamu coba terapkan. Mungkin kamu punya ide lainnya yang bisa kamu bagikan di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Tips Supaya Nggak Terlambat Bekerja atau Sekolah "

  1. Betul sekali mas, yang paling terpenting itu niat untuk disiplin. Percuma kalau pasang alarm dn sebagainya kalau tidak ada niat untuk disiplin. Oleh karena itu sangatlah benar jika dari sekolah kita selalu diajarkan sikap disiplin, agar saat kerja tidak kaget dan selalu tepat waktu, baik saat berangkat kerja maupun menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mas Defi, pangkalnya ada di niat untuk disiplin. Kalau niatnya sudah kuat dan sikap disiplin sudah ada, maka ke depannya bakal lancar.

      Hapus