Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Aktivitas yang Membuat Puasa Jadi Nggak Berasa

Gambar Jam Waiker - Blog Mas Hendra

Masih banyak dari kita yang mungkin saja menganggap puasa adalah best moment ever untuk bermalasan dan memperpanjang durasi tidur dengan dalih : "TIDURNYA ORANG YANG BERPUASA ADALAH IBADAH". Sungguh suatu stigma yang dipercaya menjadi alasan kuat bagi sebagian orang yang masih memanfaatkan waktu berpuasa dengan cara yang terbilang kurang berkah ini, malah terbilang menjadi makruh. Huh...


Tidur sih sah-sah aja bro, tapi jangan lupa waktu juga.

Padahal sejatinya berpuasa adalah momen yang tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi pahala. Bagaimana nggak, setiap kita menjalankan ibadah yang sunnah, pahalanya sama seperti kita menjalankan ibadah yang wajib. Apalagi ibadah yang wajib, pahalanya akan dilipatgandakan. Subhanallah.

Terkadang kita merasakan betapa lamanya waktu berputar saat kita sedang berpuasa. Melihat jam dan menunggu azan Maghrib seolah menjadi kegiatan favorit saat berpuasa. Dan bisa jadi azan Maghrib merupakan satu-satunya 'acara' yang rating-nya mendadak melonjak sangat tinggi saat bulan puasa. Bahkan lebih tinggi melebihi deretan sinetron yang nggak jelas!

SELAIN BERIBADAH, mungkin saja aktivitas-aktivitas di bawah ini bisa membuat puasa kita jadi nggak berasa dan juga membantu teman-teman untuk tetap produktif selama bulan Ramadhan. Apa sajakah itu? Langsung saja check it out guys :

1. Bekerja

Aktivitas yang satu ini bagaimana pun juga tetap harus dijalankan, sekalipun pada bulan Ramadhan. Dengan bekerja, waktu berpuasa pun jadi terasa lebih cepat dikarenakan kesibukkan yang kita kerjakan. Tapi ya kerjanya juga harus ikhlas, biar semuanya terasa jadi lebih ringan. 

2. Menulis

Kegiatan menulis (blog, novel dan lainnya) juga bisa membuat waktu berpuasa jadi nggak berasa. Selain bermanfaat, dengan menulis, kita juga tetap dapat terus meningkatkan kemampuan menulis kita. Dan blog pun tetap update meskipun di bulan puasa.

3. Mencari ilmu (belajar)

Para siswa maupun mahasiswa, tetap dituntut untuk mencari ilmu seperti biasanya, sekalipun di bulan puasa. Nggak ada alasan untuk bermalasan dalam hal belajar. Dan dengan mengisi kegiatan belajar di kampus maupun di sekolah, waktu berpuasa pun jadi nggak berasa.

4. Ikutan Sanlat

Sanlat atau pesantren kilat, biasa dilakukan saat bulan Ramadhan. Kegiatan positif ini biasanya diadakan di sekolah maupun kampus. Selain dapat menambah pengetahuan seputar keagamaan, dengan mengikuti Sanlat, waktu berpuasa jadi nggak akan berasa. Tau-tau sudah buka aja, padahal baru tadi subuh makan sahur.

5. Jalan-jalan

Aktivitas yang satu ini memang dapat menguras energi kita saat berpuasa. Tapi setidaknya dengan jalan-jalan, kita akan merasa lebih fresh dan nggak akan berasa kalau kita itu lagi berpuasa. Dengan catatan, ya harus yang kuat fisiknya dan nggak ileran kalau liat es teler atau es teh botol bersanding manis sama mie ayam saat kita lagi jalan-jalan. Teh botol saja ada pasangannya, masa kamu nggak. *eh...

6. Bermain game

Aktivitas ini memang membuat waktu nggak berasa cepat berlalu. Bagi para gamer, momen puasa terkadang dimanfaatkan untuk menyelesaikan misi bermain game. Entah itu ngancurin clans-clans musuh atau menghadang sekawanan Zombie (Plants vs Zombies) supaya nggak masuk nyolong ikan asin+semur jengkol dari dalam rumah kita.

7. Membaca buku

Bagi para kutu buku, momen puasa dimanfaatkan untuk membaca buku-buku favorit yang nggak kunjung tamat. Dengan membaca buku saat berpuasa, akan menambah pengetahuan baru dan sekaligus bisa mendapatkan inspirasi-inspirasi baru.

8. Menonton film

Aktivitas yang satu ini, selain menjadi hiburan tersendiri, menonton film juga dipercaya membuat berpuasa jadi nggak berasa. Film-film yang ditonton juga film yang bermanfaat. Jangan film yang bisa ngebatalin puasa juga kali. Kayak adegan film yang lagi nuang sirop atau makan di restoran.

9. Beres-beres rumah

Menjelang Lebaran, sebagian disibukkan dengan merapikan rumah agar keliatan lebih elegan dan wah. Nah momen puasa ini bisa juga dimanfaatkan untuk beres-beres rumah lho. Selain rumah jadi lebih rapih dan terlihat segar, beres-beres rumah juga membuat puasa jadi nggak berasa. Nggak percaya?? Coba aja beresin rumah saya, pasti nggak berasa puasanya.

Sederetan aktivitas diatas tentu saja lebih baik daripada hanya bermalasan dan apalagi tidur. Kalau teman-teman sendiri, aktivitas apa saja yang biasanya dilakukan saat lagi berpuasa?? Sharing saja di kolom komentar yuk. Siapa tau bermanfaat buat yang lainnya.

Tetap semangat puasanya yaa...

Posting Komentar untuk "9 Aktivitas yang Membuat Puasa Jadi Nggak Berasa"