Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Menjelang Lebaran


Bismillah...


Blog Mas Hendra - Wah gak terasa sebentar lagi menjelang Idul Fitri. Yup, kita akan berpisah dengan bulan yang mulia, bulan Ramadhan. Tapi apakah sobat blogger merasakan ada kebiasaan2 yang selalu dilakukan masyarakat bila menjelang Lebaran?. Ok akan saya bahas mengenai hal itu. Lets check it out dude..



1. Berburu Pakaian Baru
Kalo Lebaran kenapa ya mesti identik dengan pakaian baru, entah itu baju, celana, sepatu ataupun sendal. Fenomena ini biasanya terjadi kalo THR sudah cair, hehehe.. Menjelang akhir puasa, pasti yang namanya Mall tambah rame aja sob.



2. Berburu Emas (bukan mas parto lho)
Banyak juga nih sob ibu2 yang beli emas. Biasanya di pake pada saat hari raya atau saat lagi mudik di kampung.



3. Berburu Handphone
Biasanya kebanyakan para mas2 atau mba2 yang kepengen mudik nih pada beli hp. Karena selain untuk komunikasi, dengan harga yang murah, fitur2 hp jaman sekarang sudah lumayan komplit & menghibur. Kayaknya hp android merk China  nih yang banyak dilirik. :)






4. Tuker Uang Receh (terutama yang masih baru)
Biasanya buat ngasih keponakan/sepupu atau sanak family saat lebaran. Banyak jasa tukar uang receh bertebaran di mana2, biasanya di pinggir jalan (ya iyalah di pinggir jalan, kalo di tengah jalan ya.. wassalam). Meskipun dipotong sedikit untuk "biaya administrasi", tapi tetap banyak masyarakat yang menukar uang melalui jasa tersebut. Satu alasannya : Praktis. Kalo saya sih mending tuker di bank. Tapi kudu jauh2 hari sob, karena kalo nukernya mendekati lebaran, uang recehnya sudah habis.



5. Beresin Rumah
Yup, kegiatan ini terdiri dari ngecet rumah, beresin isi rumah dan lain sebagainya. Kalo ngutip istilah orang betawi mah "Dandanin Rumah", wah gimana make bedaknya tuh rumah, hehehehee... Oh iya sob sekarang sudah ada lho jasa pembersih rumah. Cocok tuh bagi yang malas beresin rumah.



6. Berburu Kendaraan
Kalo saya liat sih kebanyakan pada "ngambil" motor, entah itu cash atau credit. Lumayan bisa buat keliling silaturrahmi saat Lebaran atau bisa di pake buat mudik :)




7. Bikin Kue atau Jajanan
Nih biasanya emak2 yang doyan banget ngoprek (basa opo itu ngoprek) di dapur. Lumayan bikin kue sendiri lebih sehat, ngirit & sesuai selera masing2. Cuma butuh tenaga & waktu ekstra.


8. Arisan Sembako
Arisan ini biasanya terjadi di lingkungan perumahan (komplek ataupun kontrakan). Isinya bisa sembako, daging sapi ataupun lainnya. Tapi kita harus pandai2 memilih arisannya, jangan sampai ada yang jadi korban penipuan lagi seperti yang sudah2 sob.



9. Mudik
Nah ini yang paling fenomenal, hehehe.. Sebagian warga Jakarta mudik ke kampung halamannya masing2. Lumayan jalanan Jakarta  jadi agak sepi sob.



Sobat blogger ada yang mau menambahkan?. Silahkan share di blog ini.

Terlepas dari itu semua, jangan lupa zakatnya, infaknya maupun sodaqohnya juga sob. Karena dari harta kita ada sebahagian hak untuk anak2 yatim & orang2 yang tidak mampu, baik dari sanak family maupun di sekeliling kita. 

Dan selalu tingkatkan pula ibadah kita diluar bulan Ramadhan, agar kita menjadi orang2 yang bertaqwa. Aaamiiin...




Selamat mudik bagi yang melakukannya. Hati2 & waspada selalu dan semoga selamat sampai tujuan sob. Demikian artikel tentang fenomena menjelang lebaran yang bisa saya share.

Taqobalallahu Minna wa Minkum...
Maaf bila ada salah kata dari saya.

Wassalam...

Posting Komentar untuk "Fenomena Menjelang Lebaran"